Sukses

Hati-Hati, 6 Barang Kecil yang Digunakan Setiap Hari Ini Banyak Kuman dan Bakteri

Banyak barang yang kita gunakan sehari-hari terlihat bersih, namun sebenarnya penuh dengan berbagai macam kuman, bakteri dan virus.

Liputan6.com, Jakarta Merebaknya virus corona membuat masyarakat semakin memperhatikan kesehatan dan kebersihan tubuh, salah satunya dengan rajin mencuci tangan pakai sabun. Namun, untuk terhindar dari kuman, bakteri dan virus, membersihkan tangan tak cukup, kamu juga perlu rajin membersihkan barang dan peralatan yang sehari-hari digunakan.

Banyak barang yang kita gunakan sehari-hari terlihat bersih, namun sebenarnya penuh dengan berbagai macam kuman, bakteri dan virus. Semakin besar ukuran sebuah barang atau benda, jumlah kuman bisa jadi ikut meningkat. Tapi ingat, jangan hanya fokus pada barang-barang yang berukuran besar saja dan menyepelekan yang kecil-kecil.

Justru barang-barang kecil yang digunakan setiap hari menjadi tempat bersarangnya para kuman dan bakteri. Bukan hanya smartphone, inilah beberapa benda berukuran kecil yang kerap kita gunakan dan ketika menyentuhnya kita kerap melewatkan untuk cuci tangan.

1. Gelas

 

Salah satu perlengkapan makan yang kerap digunakan berkali-kali dalam sehari adalah gelas. Kebanyakan diantara kita menggunakan gelas yang ada di rumah untuk beberapa kali minum sebelum dicuci. Sebagian orang memakai penutup gelas, sebagian juga tidak. Tanpa kamu sadari, ada kuman dan bakteri yang menempel di sekitar gelas, terkhusus pegangannya.

2. Remote

 

Banyak jenis remote yang biasa kita pakai selama di rumah, mulai dari remote televisi, kipas angin, AC dan Speaker. Apa mungkin setiap saat dan setiap hari kamu bersihkan? Kalau tidak sudah tentu sarang kuman dan bakteri, terlebih banyak tangan yang memakai remote.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Alat Makeup

Tak hanya peralatan kamar mandi yang perlu dijaga kebersihan dan kesterilannya, peralatan makeup juga perlu untuk menjaga kesehatan kulit dan terbebas dari masalah jerawat. Pastikan bersih dan steril sebelum maupun sesuah digunakan supaya tidak ada kuman dan bakteri yang bersarang di peralatan serta berpindah ke kulit kamu.

4. Kunci

 

Barang berukuran kecil selanjutnya adalah kunci. Pasti banyak kunci yang sehari-hari kamu sentuh mulai dari kunci rumah, kamar, lemari, kunci motor dan mobil. Berapa sering kamu membersihkan barang-barang tersebut? Seperti halnya remote, bisa-bisa sudah banyak tangan yang menyentuh dan menggunakannya bukan?

 

3 dari 3 halaman

5. Mouse

Karena ukurannya yang lebih kecil ketimbang laptop dan keyboard, orang-orang kerap lupa untuk membersihkan mouse. Padahal benda ini sangat sering kita gunakan sembari menggunakan laptop. Memang hanya kamu sama yang pakai, tapi bisa jadi sarang kuman dan bakteri jika setiap menyentuh benda lain kamu langsung menyentuh mouse.

6. Mainan dan Peralatan Bayi

 

Buat kamu yang memiliki balita di rumah penting sekali untuk memperhatikan barang-barang di sekitarnya. Tidak hanya peralatan makan dan botol susunya melainkan juga mainannya. Terlebih balita kerap memasukkan benda-benda ke mulut sebagai bagian dari proses mengenal benda.

 

Untuk menjaga kebersihan barang-barang di atas, kamu perlu rajin mencuci dengan sabun, lap dan cairan khusus sesuai dengan jenis barang-barangnya. Untuk memperoleh hasil yang maksimal kamu bisa memanfaatkan Sterilizer Box yang tidak hanya ampuh membunuh kuman dan bakteri, melainkan juga virus seperti Polytron Multipurpose Sterilizer Box. 

Polytron Multipurpose Sterilizer Box dilengkapi dengan mode UV-C Lamp Sterilization yang mampu membunuh bakteri dan virus hingga 99.99%, termasuk virus penyebab Corona, SARS, MERS. Peralatan terbaru dari Polytron ini bisa menjadi media untuk sterilizer dan pengering untuk peralatan makanan dan bayi. Lalu, dengan Waterless Sterilizer bermanfaat untuk mensterilkan paket, uang, dompet, kunci, smartphone, earphone dan peralatan lain.

Ada beberapa pilihan mode dan cara penggunaannya:

  1. Mode AUTO : Mode otomatis mulai dari pengeringan dilanjutkan dengan UV Sterilization
  2. Mode DRY : Mode pengeringan hingga suhu 60 derajat celcius.
  3. Mode UV : Mode UV Sterilization
  4. Mode Storage: Mode penyimpanan yang otomatis mengoperasikan proses DRY + UV secara berkala

Yuk lebih lebih maksimal menjaga kebersihan diri dan barang-barang yang ada di sekitar kita. Informasi selengkapnya seputar Polytron Multipurpose Sterilizer Box bisa klik di sini.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.