Sukses

6 Momen Prosesi Pemakaman Dalang Ki Seno Nugroho, Diiringi Gamelan dan Tangis Pelayat

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia kesenian Indonesia. Dalang wayang kulit kondang Ki Seno Nugroho meninggal dunia pada Selasa (3/11/2020) malam di RSU PKU Muhammadiyah Gamping, kabupaten Sleman. Kabar meninggalnya Ki Seno Nugroho diunggah oleh akun Twitter terverifikasi Kiai Kanjeng.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun... Donya mung ngeterke tekan pecate nyawa. Ananging derma nggandeng manungsa tekan lawange suwargonipun Gusti Allah. Selamat jalan Dalang Ki Seno Nugroho 3 November 2020, 20.00 WIB, Yogyakarta," tulis akun Twitter Kiai Kanjeng.

Melalui akun YouTube Ki Seno Nugroho, suasana rumah duka hingga prosesi pemakaman digelar secara live pada Rabu (4/11/2020). Mendiang disemayamkan di rumah duka di Gayam, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Tampak para rekan dan pelayat datang ke lokasi. 

Sesuai keinginan Ki Seno yang disampaikan ke keluarga, mendiang minta saat prosesi pemakamannya ingin diiringi oleh Gending Jawa. Dalam video berdurasi panjang itu tampak pula para pemain gamelan tak sanggup menahan air mata.

Berikut ini Liputan6.com rangkum, 6 potret rumah duka hingga prosesi pemakaman Ki Seno Nugroho yang diiringi gamelan dan tangisan pelayat yang dilansir dari channel YouTube Dalan Seno, Kamis (5/11/2020).

2 dari 7 halaman

1. Dalang wayang kulit Ki Seno Nugroho tutup usia di usia 48 tahun dan meninggalkan seorang istri serta tiga anak.

3 dari 7 halaman

2. Inilah suasana di rumah duka, tempat Ki Seno disemayamkan. Tampak lokasi ini dikunjungi banyak pelayat.

4 dari 7 halaman

3. Sesuai keinginan sang mendiang, ia meminta keluarga mengiringi pemakamannya dengan Gending Jawa.

5 dari 7 halaman

4. Tampak para pemain gamelan tak bisa menyembunyikan perasaan sedih dan air mata mereka.

6 dari 7 halaman

5. Mendiang dimakamkan di TPU Semaki Gede, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta pada Rabu (4/11/2020).

7 dari 7 halaman

6. Saat dimakamkan, dua wayang kulit pun turut dimasukkan ke dalam liang kubur Ki Seno Nugroho.