Sukses

8 Kulit Buah-buahan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Dibuang

Manfaat kulit buah bisa kamu ambil untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah.

Liputan6.com, Jakarta Kulit buah-buahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh bisa kamu gunakan secara teratur. Di balik kulit buah-buahan yang tak enak dimakan ini ternyata mengandung banyak manfaat kesehatan dan manfaat lain dalam kehidupan sehari-hari.

Kulit buah-buahan yang biasa menjadi limbah dapur kamu ternyata dapat bermanfaat bagi banyak hal terutama kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah yang juga dimiliki oleh kulit buah. Bahkan, ada beberapa buah yang nutrisi kulitnya melebihi daging buahnya.

Kulit buah-buahan yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan bisa menjadi solusi alami. Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, dengan mengonsumsi kulit buah dan sayuran juga dapat mengurangi limbah yang dapat mencemari lingkungan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/11/2020) tentang kulit buah-buahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kulit Buah-buahan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Kulit Semangka

Buah yang memiliki banyak kandungan air ini memiliki manfaat untuk mencegah peradangan dan mengatasi sembelit. Selain daging buahnya yang bermanfaat untuk kesehatan, kulit buah semangka juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kulit buah-buahan yang satu ini mengandung asam amino citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga kesehatan bisa tetap terjaga. Khasiat lain dari kulit semangka di antaranya adalah menurunkan berat badan berlebih, membersihkan kulit menjadi lebih cerah, dan menambah nutrisi.

Kulit Pisang

Kulit buah-buahan selanjutnya yang menyimpan segudang manfaat untuk tubuh yaitu kulit pisang. Daging buah pisang memiliki kandungan lutein dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan mampu mengatasi infeksi pada mata.

Selain daging buahnya yang menyimpan segudang manfaat, kulit pisang bisa digunakan sebagai masker wajah agar membuat kulit lebih mulus. Selain itu, kulit pisang juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi, menghaluskan tumit yang pecah, dan bermanfaat bagi kesehatan umum lainnya.

3 dari 5 halaman

Kulit Buah-buahan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Kulit Mangga

Buah mangga adalah salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Dengan rasa daging buahnya yang terkadang asam dan manis, kulit buah-buahan yang satu ini juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Kulit mangga memiliki banyak kandungan seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Karena kandungannya itulah, kulit mangga memiliki manfaat untuk meremajakan kulit, melancarkan peredaran darah, diabetes, dan obat cacing.

Kulit Jeruk

Di balik rasa daging buahnya yang asam manis menyegarkan, ternyata kulit buah yang satu ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Tak hanya itu, kulit jeruk juga berkhasiat melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dan mengatasi masalah pernafasan serta kesehatan mulut dan tenggorokan.

4 dari 5 halaman

Kulit Buah-buahan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Kulit Apel

Tidak semua orang tahu bahwa hampir semua khasiat kesehatan pada buah apel terletak pada kulitnya. Karena kulit apel mengandung beberapa zat baik bagi tubuh diantaranya yaitu quercetin, antioksidan, asam folat, kalsium dan flavonoid.

Kulit buah-buahan yang satu ini memiliki khasiat untuk melindungi serangan kanker, kesehatan jantung dan pencernaan, mengatasi anemia, kesehartan tulang dan gigi, kesehatan mata, masalah pernapasan dan khasiat kesehatan lainnya.

Kulit Lemon

Buah yang menyegarkan satu ini tentu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Namun tahukah kamu jika kulit lemon juga menyimpan segudang manfaat untuk kesahatan kamu.

Kandungan vitamin C, senyawa pektin, potassium dan antioksidan yang terkandung dalam kulit buah-buahan yang satu ini memiliki manfaat untuk mencegah kanker, menghilangkan racun, memperkuat tulang dan gigi, menurunkan berat dan badan dan kolesterol.

5 dari 5 halaman

Kulit Buah-buahan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Kulit Nanas

Siapa sangka kulit buah yang dikenal bertekstur keras dan kasar ini ternyata memiliki kandungan vitamin C dan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan perut kembung. Sebagai anti-inflamasi, kulit nanas juga bermanfaat meredakan demam, asam urat, sinus dan peradangan. Kulit buah-buahan yang satu ini bisa dicoba untuk meredakan demam dan melancarkan pencernaan.

Kulit Kiwi

Kulit buah-buahan selanjutnya yang aman dikonsumsi dan menyehatkan adalah kulit kiwi. Kulit buah kiwi ternyata punya kandungan senyawa felonik seperti flavonoid. Senyawa ini merupakan senyawa yang dapat mencegah kanker, peradangan, danberisfat anti-alergan.

Kamu bisa memakan kulit buah kiwi berwarna keemasan dengan bulu yang lebih halus maupun sedikit bulu. Keduanya mengandung manfaat yang sama, atau kamu juga bisa menghaluskan buah kiwi utuh untuk dijadikan jus segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini