Sukses

16 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi, Segera Hindari

Makanan penyebab asam urat tinggi mengandung purin dan alkohol.

Liputan6.com, Jakarta Memperhatikan makanan penyebab asam urat tinggi penting bagi penderita dan orang-orang yang berisiko mengalami. Makanan-makanan ini bisa memperparah pembengkakan dan bikin asam urat terus kambuh.

Pada dasarnya tubuh manusia tidak bisa menghilangkan kelebihan asam urat secara alami. Maka dari itu penting untuk lebih membatasi konsumsi makanan penyebab asam urat tinggi ini.

Makanan penyebab asam urat tinggi adalah makanan yang memiliki kandungan purin tinggi dan beralkohol. Secara alami, mengonsumsinya akan membuat tubuh lebih sering memecah zat menjadi produk limbah asam urat.

Berikut Liputan6.com ulas makanan penyebab asam urat tinggi dari berbagai sumber, Senin (9/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Daging Merah

Daging merah adalah makanan penyebab asam urat tinggi yang harus diwaspadai. Mulai dari daging sapi, daging kambing, daging domba, daging kerbau, dan daging kuda. Daging merah ini harus dihindari karena memiliki kandungan purin cukup tinggi.

Purin bisa memicu asam urat tubuh terus naik dan tidak terkendali. Dampaknya tentu saja akan membuat peradangan penderita asam urat semakin parah. Begitu juga membuat masalah asam urat terus kambuh dan membuat penderitanya tidak nyaman.

Daging Ayam

Selain daging merah, penderita asam urat harus menghindari daging ayam. Daging ayam termasuk makanan penyebab asam urat tinggi. Hal ini disebabkan karena daging ayam, dari dada sampai kulitnya mengandung purin tinggi.

Bukan menghindari sepenuhnya, melainkan membatasi. Mengonsumsinya secara berlebihan bisa meningkatnya asam urat di dalam tubuh, karena daging ayam mengandung 175 mg/100 gram zat purin.

Udang

Jangan konsumsi udang berlebihan terutama bagi penderita asam urat. Udang termasuk makanan dengan kandungan purin 9-10 mg setiap 100 gramnya. Udang termasuk makanan penyebab asam urat tinggi yang harus dihindari.

Seporsi kecil udang, sekitar 3.5 ons mengandung sekitar 200 mg kolesterol dalam sekali konsumsi. Jumlah terbilang sudah sangat berlebihan dan membahayakan tubuh. Penderita asam urat bisa sampai mengalami komplikasi jantung dan stroke karenanya.

3 dari 7 halaman

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Jeroan

Bagi para pecinta jeroan, menghindarinya adalah petaka. Mulai dari usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dan ginjal. Jeroan-jeroan ini termasuk makanan penyebab asam urat tinggi.

Jadi memang harus dihindari, karena makanan ini mengandung purin tinggi. Bisa menyebabkan peradangan asam urat semakin parah. Sekaligus membuat asam urat kambuh tiba-tiba.

Seafood

Golongan seafood memang selalu bisa bikin ketagihan makan. Lezat, menggugah selera, dan bergizi pula. Sayangnya seafood termasuk makanan penyebab asam urat tinggi.

Seafood memiliki kandungan purin tinggi yang bisa memperparah asam urat. Memicu peradangan hebat dan kekambuhan tak terkendali. Jika terus dikonsumsi, seafood bisa memicu komplikasi.

Kembang Kol

Mengonsumsi sayur kol memang terkenal menyehatkan. Kondisi ini berbeda bagi penderita asam urat tinggi. Hal ini disebabkan karena kembang kol memiliki kandungan purin tinggi dan termasuk makanan penyebab asam urat tinggi.

Kandungan purin dalam kembang kol sebesar 51 gram purin tiap 100 gramnya. Jumlah ini terbilang cukup tinggi dan membahayakan asam urat penderita. Asam urat bukanlah sesuatu yang mudah dikeluarkan tubuh secara alami.

4 dari 7 halaman

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Asparagus

Asparagus terkenal karena asam folat dan kalium yang dimilikinya. Mampu membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah berbagai jenis penyakit. Meski begitu penderita asam urat harus menghindarinya.

Sayuran asparagus ini termasuk makanan penyebab asam urat tinggi karena kandungan purinnya. Meski kandungan purin dalam asparagus tidak terlalu besar, hanya 23 gram purin dalam 100 gram asparagus. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan kandungan purin di dalam kembang kol.

Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang dikenal kaya gizi dan nutrisi. Mengonsumsinya memang dapat menyehatkan badan dan memenuhi asupan nutrisi harian. Hanya saja konsumsi bayam cukup berbeda bagi penderita asam urat.

Bayam termasuk makanan penyebab asam urat tinggi karena kandungan purinnya. Purin dalam bayam bahkan lebih tinggi dari kol dan asparagus. Kandungan purin di dalam 100 gram bayam, yaitu 57 gram purin.

5 dari 7 halaman

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Jamur

Jamur tak hanya nikmat dijadikan sayur. Jamur kerap kali diolah menjadi camilan sehat seperti jamur krispi. Sayangnya konsumsi jamur harus dihindari oleh penderita asam urat karena kandungan purinnya.

Kandungan purin inilah yang menjadikan jamur termasuk makanan penyebab asam urat tinggi. Di dalam 100 gram jamur terdapat 12-17 gram purin. Sebaiknya mulai batasi dan rutin periksakan diri.

Kangkung

Sayur kangkung di Indonesia memang terkenal sekali karena kelezatan dan kandungan nutrisinya. Meski begitu, penderita asam urat harus menghindarinya. Pasalnya, dalam 100 gram bayam terdapat 9-100 mg purin.

 

Meski begitu, kangkung masih aman jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. Kangkung mengandung cukup banyak vitamin A, B6, dan C. Selain vitamin, kangkung merupakan sumber utama mineral penting seperti zat besi, magnesium, dan kalsium.

6 dari 7 halaman

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Tape Ketan

Tape ketan merupakan hasil fermentasi beras ketan yang sebelumnya mendapat pencampuran ragi, yang kemudian didiamkan dalam beberapa hari untuk mendapatkan hasil fermentasi berupa kandungan alkohol.

Alkohol inilah yang menyebabkan beras ketan menjadi terasa manis menyegarkan. Meski begitu jangan terlena karena tape ketan termasuk makanan penyebab asam urat tinggi. Kandungan purinnya ada sekitar 100-1000 mg dalam setiap 100 gram tape ketannya.

Nanas

Buah nanas dikenal cukup menyegarkan dan bergizi tinggi. Sayangnya buah nanas ini harus dihindari oleh penderita asam urat. Bukan karena kandungan purinnya yang tinggi.

Kali ini karena makanan penyebab asam urat tinggi ini mengandung alkohol. Nanas yang dikonsumsi akan mengalami fermentasi di dalam saluran pencernaan dan menjadi alkohol.

Durian

Durian juga buah yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Meski lezat, nikmat, dan bikin nagih, durian mengandung purin cukup tinggi. Purin inilah yang menjadikan durian termasuk makanan penyebab asam urat tinggi.

Selain purin, durian memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Jika penderita asam urat terus memaksa mengonsumsi, komplikasi bisa terjadi. Komplikasi seperti stroke, penyakit jantung, radang, dan hipertensi.

7 dari 7 halaman

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Nangka

Siapa sangka jika nangka termasuk makanan penyebab asam urat tinggi? Benar sekali, buah nangka termasuk golongan buah yang memiliki kandungan purin tinggi. Maka dari itu penderita asam urat sebaiknya menghindari.

Tak hanya buah manisnya, melainkan olahan sayurnya. Misalnya saja seperti sayur gudeg. Mengonsumsi nangka bisa memperparah peradangan dan asam urat lebih berisiko kambuh berulang.

Kedelai

Berbagai macam olahan kedelai dikenal sangat bergizi dan mengenyangkan ketika dikonsumsi. Tak hanya minumannya, tetapi olahan makanannya. Seperti tempe, tahu, tauco, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun sayangnya kedelai termasuk makanan penyebab asam urat tinggi. Hal ini disebabkan karena kedelai mengandung purin cukup tinggi. Untuk itu penderita asam urat tinggi harus menghindarinya agar peradangan tidak semakin parah dan terus kambuh.

Alkohol

Alkohol harus dihindari oleh penderita asam urat. Bukan hanya versi minumannya, tetapi juga berbagai makanan yang difermentasi. Makanan yang difermentasi akan menghasilkan alkohol.

Makanan yang difermentasi dengan ragi pada umumnya akan menghasilkan alkohol. Hal inilah yang menjadikannya termasuk makanan penyebab asam urat tinggi. Mulai perhatikan dan batasi agar kekambuhan tidak datang menghampiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.