Sukses

8 Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan

Ulasan tentang manfaat daun kari yang tidak banyak diketahui orang.

Liputan6.com, Jakarta Ketika mendengar kata kari, tentu biasanya kita akan teringat dengan masakan kari yang lezat dan bersantan. Namun, daun kari bukanlah masakan kari, daun ini bahkan tidak digunakan sebagai bahan untuk membuat bubuk kari. 

Di Indonesia, daun kari juga dikenal sebagai daun salam koja. Daun ini berasal dari pohon Murraya koenigii. Meski tak dipakai untuk memasak kari, namun daun ini pada umumnya memang digunakan sebagai penyedap rasa. 

Selain sebagai penyedap rasa, daun kari ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yakni memiliki potensi untuk menurunkan berat badan, menstabilkan gula darah, hingga meredakan rasa nyeri.

Untuk mengetahui tentang manfaat daun kari lebih lanjut, simak ulasan berikut ini yang akan membahas tentang manfaat daun kari untuk kesehatan. Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (10/11/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kari Untuk Kesehatan

1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Daun kari memiliki aroma yang harum dan biasa dimanfaatkan sebagai penyedap rasa. Namun ternyata daun kari memiliki potensi untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi ekstrak daun kari ternyata dapat mengeluarkan racun dalam tubuh serta membakar lemak jahat yang ada dalam tubuh.

Selain mengonsumsi ekstrak daun kari, daun ini juga dapat dikonsumsi dengan cara dikunyah secara langsung. Daun kari yang telah kering dibersihkan lalu ditaburkan di atas makanan favorit Anda. Namun, konsumsi daun ini tidak akan berpengaruh banyak tanpa didampingi dengan rutinitas olahraga dan gaya hidup yang sehat.

 

2. Memiliki Kandungan Antioksidan

Seperti yang sudah disebutkan secara singkat di atas, daun kari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam daun ini ternyata mengandung glikosida, alkaloid, senyawa fenolik, dan lain sebagainya. Berbagai senyawa tersebut ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berdasarkan penelitian, membuktikan bahwa daun kari memiliki banyak kandungan antioksidan seperti alpha-ternene, mahanimbine, myrcene, linalool, caryophyllene, alpha-terpinene, dan murrayanol. Beberapa komponen di atas dapat efektif guna memerangi radikal bebas sehingga bisa menangkal banyak penyakit.

 

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kari Untuk Kesehatan

3. Dapat Menstabilkan Gula Darah

Salah satu manfaat daun kari yang tidak boleh dilewatkan adalah daun ini ternyata memiliki potensi untuk menjaga kestabilan gula darah. Hal ini dibuktikan melalui sebuah riset yang dilakukan pada hewan uji. Terbukti bahwa daun kari mampu menurunkan kadar gula darah serta mencegah datangnya gejala diabetes seperti kerusakan ginjal dan sakit saraf. 

Meskipun hasil dari penelitian tersebut sangatlah menjanjikan, namun masih diperlukan penelitian lanjutan guna membuktikan manfaat daun kari terhadap kestabilan gula darah pada manusia. 

 

4. Menjaga Kesehatan Jantung 

Dalam daun kari ternyata mengandung senyawa yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Dua penyakit tersebut dapat memicu penyakit jantung dan harus diwaspadai.

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada hewan uji membuktikan bahwa hewan yang obesitas dapat menurun tingkat kolesterol dan trigliseridanya secar signifikan setelah mengonsumsi sebanyak 300 miligram ekstrak daun kari per kilogram tubuhnya. 

Meski demikian untuk khasiatnya terhadap manusia masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

 

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kari Untuk Kesehatan

5. Dapat Mengatasi Rambut Rontok

Daun kari ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi rambut yang rontok. Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, mengoleskan minyak ekstrak daun kari ke kulit kepala bisa menjadi solusi yang baik.

Hal ini lantaran daun kari memiliki kandungan beta karoten dan protein yang dapat merangsang pertumbuhan rambut selain itu, kandungan antioksidan dan asam amino yang ada di daun kari juga dapat melembabkan kulit kepala dan membantu memperkuat folikel rambut.

 

6. Berpotensi Mencegah kanker

Salah satu manfaat daun kari yang jarang diketahui oleh orang adalah ternyata daun ini memiliki potensi untuk mencegah kanker. Dalam sebuah tes tabung yang dilakukan di Malaysia terhadap beberapa helai daun kari membuktikan bahwa daun ini memiliki komponen anti-kanker dan dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara yang biasanya dikenal agresif.

Selain itu, sebuah penelitian serupa juga menunjukkan bahwa ekstrak dari daun kari dapat aktif membunuh sel kanker serviks. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

 

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kari Untuk Kesehatan

7. Mengatasi morning sickness

Morning sickness atau mual pagi hari merupakan salah satu gejala kehamilan yang dirasakan oleh wanita yang sedang hamil. Morning sickness memang tidak selalu terjadi di pagi hari, sehingga hal ini pun seringkali membuat aktivitas menjadi terganggu. Terlebih lagi bagi wanita hamil yang bekerja. 

Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi daun kari ini untuk membantu sekresi enzim pencernaan. Di India, daun kari dipercaya sebagai salah satu bahan herbal yang memiliki banyak khasiat, dan salah satunya adalah dapat mengurangi gejala morning sickness.

Meski demikian, sebelum mengonsumsi daun kari ini, lebih baik ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Hal ini lantaran ibu hamil memiliki sensitivitas yang tinggi dan rentan terhadap efek samping.

 

8. Membantu proses penyembuhan luka

Salah satu manfaat daun kari adalah dapat membantu proses penyembuhan luka. Dalam daun kari memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan. Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Sehingga jika Anda sedang mengalami luka sayatan, bakar, hingga lebam, Anda dapat mengoleskan krim yang memiliki kandungan daun kari. Selain untuk mempercepat penyembuhan, daun kari juga dapat mencegah infeksi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.