Sukses

11 Fungsi Hormon Estrogen dan Progesteron pada Wanita, Penting untuk Reproduksi

Estrogen dan Progesteron merupakan hormon utama pada wanita.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi hormon estrogen dan progesteron sangat penting bagi wanita. Hormon estrogen dan progesteron bertanggung jawab atas berbagai karakteristik wanita. Kedua hormon ini juga memainkan peran penting bagi sistem reproduksi wanita.

Fungsi hormon estrogen dan progesteron dapat dimiliki semua wanita. Fungsi hormon estrogen dan progesteron memengaruhi siklus menstruasi, kehamilan, hingga pubertas. Kekurangan atau kelebihan keduanya bisa mengganggu fungsi hormon estrogen dan progesteron. 

Fungsi hormon estrogen dan progesteron saling bekerjasama untuk mengatur siklus menstruasi. Sangat penting bagi wanita memahami fungsi hormon estrogen dan progesteron.

Berikut fungsi hormon estrogen dan progesteron bagi wanita, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(10/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Fungsi hormon estrogen pada wanita

Estrogen adalah hormon yang memainkan berbagai peran di dalam tubuh. Pada wanita, ini membantu mengembangkan dan memelihara sistem reproduksi dan karakteristik wanita, seperti payudara dan rambut kemaluan.

Ovarium, kelenjar adrenal, dan jaringan lemak menghasilkan estrogen. Tubuh wanita dan pria memiliki hormon ini, tetapi wanita menciptakan lebih banyak hormon ini.

Berikut fungsi hormon estrogen:

Mendukung masa pubertas

Estrogen membantu membawa perubahan fisik pada masa pubertas perempuan. Perubahan tersebut meliputi awal siklus menstruasi, pertumbuhan payudara, serta pertumbuhan rambut kemaluan dan ketiak.

Mendukung siklus menstruasi teratur

Hormon estrogen sangat penting dalam siklus menstruasi. Pada awal siklus, estrogen akan mengendalikan pertumbuhan lapisan rahim. Hormon estrogen menyebabkan terjadinya menstruasi pertama. Hormon ini juga yang mengatur siklus menstruasi selanjutnya.

3 dari 6 halaman

Fungsi hormon estrogen pada wanita

Menjaga kesehatan vagina

Estrogen dapat membantu menjaga kesehatan vagina. Di dalam vagina, estrogen menjaga ketebalan dinding vagina dan meningkatkan lubrikasi. Ketika kadar estrogen menurun, wanita mungkin mengalami perubahan pada jaringan, lapisan, dan keseimbangan pH vagina.

Kekurangan estrogen pada wanita bisa menyebabkan kekeringan vagina, atrofi vulva, dan radang jaringan vagina.

Meningkatkan fungsi reproduksi

Ovarium bertanggung jawab untuk memproduksi estrogen. Estrogen membantu merangsang pertumbuhan folikel telur. Kadar estrogen yang sehat sangat penting untuk kesuburan.

4 dari 6 halaman

Fungsi hormon estrogen pada wanita

Untuk kehamilan

Estrogen dan progesteron adalah hormon utama kehamilan. Seorang wanita akan menghasilkan lebih banyak estrogen selama satu kehamilan. Estrogen meningkatkan dan memelihara selaput lendir yang melapisi rahim. Ini juga mengatur aliran dan ketebalan sekresi lendir rahim.

Peningkatan estrogen selama kehamilan memungkinkan uterus dan plasenta untuk pembentukan pembuluh darah, menyalurkan nutrisi ke janin, dan mendukung pertumbuhan janin.

Kadar estrogen meningkat terus selama kehamilan dan mencapai puncaknya pada trimester ketiga. Kadar estrogen yang meningkat secara cepat selama trimester pertama dapat menyebabkan mual yang berhubungan dengan kehamilan. Selama trimester kedua, ini memainkan peran utama dalam perkembangan saluran susu yang memperbesar payudara.

Penyapihan

Tubuh menggunakan estrogen dalam pembentukan jaringan payudara. Hormon ini juga membantu menghentikan aliran ASI setelah disapih. Tubuh menurunkan estrogen lebih jauh saat menyusui karena estrogen dapat mengganggu produksi ASI.

5 dari 6 halaman

Fungsi hormon progesteron pada wanita

Progesteron adalah hormon yang terkait dengan siklus menstruasi, kehamilan, dan perkembangan embrio. Ovarium, plasenta, dan kelenjar adrenal memproduksi progesteron untuk mengatur kondisi endometrium, yang merupakan lapisan dalam rahim.

Berikut fungsi hormon progesteron pada wanita:

Mempersiapkan kehamilan

Progesteron mempersiapkan endometrium untuk kemungkinan kehamilan setelah ovulasi. Progesteron mempersiapkan lapisan jaringan rahim agar sel telur yang telah dibuahi dapat ditanamkan. Progesteron juga membantu menjaga endometrium selama kehamilan.

Progesteron adalah hormon yang meningkat selama kehamilan. Saat tubuh memproduksi progesteron tingkat tinggi, tubuh tidak akan berovulasi. Ini yang membuat wanita berhenti menstruasi selama kehamilan.

Progesteron juga penting untuk mengubah rahim dari ukuran buah pir kecil - dalam keadaan tidak hamil - menjadi rahim yang dapat menampung bayi selama sembilan bulan.

Menyusui

Progesteron merupakan hormon yang dapat melancarkan produksi ASI. Progesteron membantu merangsang kelenjar susu untuk memproduksi ASI yang akan digunakan untuk menyusui bayi.

Pada bulan kelima atau keenam kehamilan, payudara mampu memproduksi ASI sepenuhnya. Seperti pada masa pubertas, estrogen mengontrol pertumbuhan saluran, dan progesteron mengontrol pertumbuhan tunas kelenjar. Banyak hormon lain juga memainkan peran penting dalam produksi susu.

6 dari 6 halaman

Fungsi hormon progesteron pada wanita

Seksualitas

Hormon progesteron biasanya akan meningkat sebelum masa ovulasi. Ini dapat meningkatkan gairah seksual yang berkaitan dengan pembuahan.

Melancarkan menstruasi

Wanita yang memiliki kadar progesteron rendah akan mengalami siklus menstruasi yang tidak normal. Progesteron yang rendah juga dikaitkan dengan ketidaksuburan. Ini karena tidak adanya progesteron tidak akan lingkungan yang tidak tepat untuk telur yang dikandung untuk tumbuh. Wanita yang memiliki kadar progesteron rendah dan berhasil hamil berisiko lebih tinggi mengalami keguguran atau persalinan prematur.

Atasi menopause

Progesteron berguna untuk mengobati gejala menopause yang umum. Hormon ini bisa membantu mengatasi gejala menopause seperti hot flashes dan vagina kering. Progesteron telah digunakan dalam terapi penggantian hormon untuk mengobati gejala menopause.

Progesteron untuk mengatasi menopause sering digunakan sebagai terapi pengganti hormon. Hormon pengganti progesteron disebut dengan progestin. Progestin diciptakan untuk mengikat reseptor progesteron di dalam tubuh dan menciptakan efek yang serupa dengan progesteron.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini