Sukses

8 Manfaat Teh Jiaogulan Untuk Kesehatan, Dapat Menurunkan Kolesterol

Teh Jiaogulan mendapatkan julukan sebagai immortality herb.

Liputan6.com, Jakarta Teh jiaogulan kerap mendapatkan predikat sebagai minuman keajaiban. Hal ini terjadi lantaran teh herbal asal China ini memiliki banyak manfaat. Teh ini pertama kali digunakan pada Dinasti Ming. Saat itu, teh jiaogulan ini digunakan untuk mengatasi penyakit tukak lambung. 

Teh jiaogulan ini berasal dari tanaman Jiaogulan atau yang memiliki nama latin Gynostemma pentaphyllum. Teh ini sejak dahulu kala memang dikenal memiliki berbagai khasiat. Setelah melalui banyak penelitian, teh ini ternyata dapat meredakan demam, melegakan batuk, hingga berbagai masalah pernafasan seperti bronkitis kronis.

Menariknya, selain terkenal karena khasiatnya, teh jiaogulan juga memiliki julukan sebagai immortality herb. Bagi orang-orang yang rutin meminum teh ini dipercaya bisa memiliki umur yang panjang karena teh ini memang dapat menangkal stres dan juga memiliki khasiat anti-aging.

Berikut ini merupakan manfaat teh jiaogulan yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (10/10/2020)

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Teh Jiaogulan Untuk Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Teh jiaogulan memiliki kandungan saponin yang dapat mengikat asam empedu yang berlebihan, hal ini dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, teh jiaogulan juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. 

2. Menurunkan kadar gula darah

Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata teh herbal asal China ini dapat menurunkan tingkat gula darah dalam darah. Hal ini terbukti melalui tes yang dilakukan kepada penderita diabetes tipe 2. Para partisipan tersebut diminta untuk mengonsumsi teh yang memiliki kandungan Gynostemma pentaphyllum selama kurang lebih 12 pekan. Pada awal, tengah, hingga akhir periode percobaan, membuktikan bahwa kadar gula darah pada para partisipan tersebut turun drastis hingga hingga 3.0+/-1.8 mmol/l.

 

 

 

3 dari 6 halaman

Manfaat Teh Jiaogulan Untuk Kesehatan

3. Obat perlemakan hati

Selain memiliki julukan sebagai immortality herb, teh jiaogulan juga memiliki julukan sebagai fairy herb. Hal ini lantaran teh ini ternyata dapat membantu berbagai penyakit yang berkaitan dengan perlemakan hati atau fatty liver. Namun, kondisi perlemakan hati yang diatasi oleh teh ini penyebabnya bukanlah minuman beralkohol, melainkan akibat stres oksidatif. 

Kemudian, dalam sebuah studi farmakologi modern serta uji klinis, nampak bagaimana aktivitas dari teh jiaogulan bekerja sebagai antioksidan. Meski demikian, masih dibutuhkan banyak penelitian terkait hal ini.

 4. Menurunkan berat badan

Dengan meminum teh jiaogulan secara rutin ternyata dapat membantu untuk mengurangi kalori. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa adaptogen dari ramuan teh jiaogulan dapat membantu untuk mengoptimalkan fungsi metabolisme dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan dan efektif membakar lemak jahat.

Pada tahun 2013 dilakukan penelitian yang akhirnya membuktikan bahwa teh jiaogulan mampu memberikan efek berupa penurunan berat badan secara signifikan terhadap partisipan yang menderita obesitas.

 

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Teh Jiaogulan Untuk Kesehatan

5. Potensi mencegah kanker

Salah satu manfaat dari teh jiaogulan yang sangat untuk dilewatkan adalah kemampuan minuman ini yang memiliki potensi untuk mencegah kanker. Dalam sebuah penelitian yang diliris dalam International Journal of Molecular Sciences, disebutkan bahwa ekstrak Gynostemma pentaphyllum dapat menghentikan pertumbuhan sel tumor kanker. Meski demikian, masih dibutuhkan banyak penelitian lanjutan mengenai hal ini. 

6. Menambah energi

Seperti yang telah disebutkan di atas, teh jiaogulan ini mulai digunakan sejak Dinasti Ming yang artinya teh ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tentunya, teh ini pasti memiliki khasiat yang luar biasa karena hingga kini masih dipertahankan dan banyak dikonsumsi oleh orang-orang.

Para peneliti asal China beberapa waktu yang lalu membuktikan bahwa teh jiaogulan ini dapat menambah energi terutama dari ekstrak Polysaccharides. Fungsi ekstrak dari zat tersebut dapat membantu sel agar dapat menghasilkan lebih banyak energi dan serta membantu untuk mengatasi peradangan.

 

 

5 dari 6 halaman

Manfaat Teh Jiaogulan Untuk Kesehatan

7. Mengatasi Insomnia

Teh jiaogulan kerap dijuluki pula sebagai southern ginseng, namun kegunaan dari teh ini pun ternyata dapat menjadi alternatif ginseng. Teh jiaogulan dapat mengatasi insomnia, stres, dan flu. Ekstrak dari teh jiaogulan dapat meningkatkan konsentrasi serta daya ingat. Meski demikian tentu tetap ada perbedaan manfaat antara teh jiaogulan dengan ginseng.

8. Mengatasi masalah pernapasan

Teh Jiaogulan selain memiliki aroma untuk menenangkan stress, teh ini juga sejak dahulu sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional. Teh jiaogulan dipercaya dapat membantu mengatasi penumpukan lendir yang ada di saluran pernapasan. Teh ini seringkali diberikan kepada para penderita batuk, asma, hingga bronchitis.

  

 

6 dari 6 halaman

Efek samping penggunaan Jiaogulan

Meskipun memiliki segudang manfaat yang telah disebutkan di atas, namun ternyata teh Jiaogulan juga tetap memiliki efek samping. Beberapa sumber menyebutkan bahwa teh ini tidak baik untuk dikonsumsi dalam jangka panjang atau lebih dari 4 bulan. Alasannya adalah dikarenakan zat racun yang terdapat dalam teh ini.

Meski demikian, kasus keracunan teh ini memang masih sangat terjadi. Maka dari itu, jika Anda ingin menggunakan teh ini sebagai sarana pengobatan tradisional, maka diperlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak terkena efek samping dari teh ini.

Beberapa sumber menyebutkan pula bahwa teh jiaogulan dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan terhadap orang yang menggunakan antikoagulan atau antiplatelet. Selain itu dikhawatirkan pula dengan konsumsi teh ini secara berlebihan dapat menyebabkan pembekuan darah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini