Sukses

16 Manfaat Lemon untuk Kebutuhan Rumah Tangga, Pengusir Serangga

Lemon juga sangat berguna untuk kebutuhan rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta Lemon dikenal sebagai buah kaya antioksidan kuat. Vitamin C di dalamnya mampu menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dan sehat. Selain segudang manfaatnya untuk kesehatan, lemon juga berguna untuk kebutuhan rumahan.

Sifat asam lemon bisa dimanfaatkan untuk membersihkan perabot di rumah. Baunya yang segar juga bisa menjadi pengharum ruangan alami. Kualitas asam dan aromanya yang segar dapat menciptakan keajaiban di seluruh rumah.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari lemon, letakkan lemon yang belum dipotong di atas meja dan gulung di bawah telapak tangan agar sedikit melunak. Belah menjadi dua lalu ambil airnya.

Berikut manfaat lemon untuk kebutuhan rumah tangga, dirangkum Liputan6.com dari The Spruce, Rabu(11/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat lemon untuk kebutuhan rumah tangga

Bersihkan panci

Untuk mencerahkan panci atau wajan aluminium yang kusam, potong lemon menjadi dua dan gosok sisi yang dipotong di bagian dalam dan luar. Jangan dibilas dan gosok dengan kain lembut.

Untuk mengilap panci baja tahan karat dan tembaga, potong lemon menjadi dua dan celupkan ke dalam garam. Gosok permukaan logam untuk menghilangkan noda dan kotoran. Bilas bersih dan keringkan dengan kain lembut.

Hapus noda dari piring dan wadah penyimpanan

Beberapa makanan dapat meninggalkan noda pada peralatan plastik, piring melamin, dan bahkan piring keramik. Untuk menghilangkan noda, isi wadah besar atau wastafel dengan air mendidih. Peras jus dari dua atau tiga lemon dan masukkan kulitnya. Tambahkan piring dan rendam selama tiga hingga empat jam. Cuci seperti biasa.

3 dari 8 halaman

Manfaat lemon untuk kebutuhan rumah tangga

Hapus noda dari permukaan marmer

Marmer memang indah, tetapi karena batunya keropos, ia mudah ternoda oleh kopi, teh, atau saus. Potong lemon menjadi dua dan celupkan ke dalam garam. Gosok noda dengan cepat lalu bilas hingga bersih. Jangan pernah meninggalkan jus lemon di atas noda terlalu lama karena asam dapat merusak permukaan marmer.

Bunuh bakteri di talenan dan peralatan kayu

Jus lemon memiliki kualitas antibakteri yang akan membantu membunuh bakteri yang mungkin tertinggal di talenan plastik atau kayu, dan peralatan kayu. Setelah dicuci, lapisi permukaan dengan jus lemon dan biarkan selama lima hingga 10 menit. Bilas dengan air panas dan keringkan dengan baik.

4 dari 8 halaman

Manfaat lemon untuk kebutuhan rumah tangga

Bersihkan dan hilangkan bau dari microwave

Microwave bisa kotor karena percikan dan tumpahan makanan. Buat pembersihan lebih mudah dengan menambahkan seperempat cangkir jus lemon ke dalam dua cangkir air dalam wadah kaca yang dapat microwave. Masukkan ke dalam microwave dan panaskan hingga mendidih dan microwave terisi uap. Biarkan uap selama sekitar lima menit lalu keluarkan wadah. Bersihkan dengan tisu atau kain lembut.

Hilangkan bau pada pembuangan sampah

Jangan pernah langsung membuang kulit lemon ke tempat sampah. Lemon bisa digunakan untuk membersihkan tempat sampah yang bau. Setelah membuag sampah, tambahkan air pada tempat sampah. Masukkan lemon dan biarkan terendam. Minyak lemon akan membantu menghilangkan lemak yang menumpuk sehingga dapat dibilas dan meninggalkan aroma yang segar dan bersih.

5 dari 8 halaman

Manfaat lemon untuk kebutuhan rumah tangga

Menghilangkan noda ketiak kuning di baju

Beberapa antiperspiran bereaksi dengan garam tubuh menciptakan noda kuning pada pakaian putih dan perubahan warna pada kemeja berwarna. Untuk menghilangkan noda, campurkan satu bagian baking soda, satu bagian jus lemon, dan satu bagian air.

Gunakan sikat berbulu lembut untuk mengoleskan larutan ke noda dan diamkan campuran tersebut setidaknya selama 30 menit. Cuci seperti biasa.

Pemutih pakaian alami

Jus lemon adalah bahan pemutih alami yang tidak sekeras pemutih klorin. Tambahkan satu cangkir jus lemon ke air cucian saat mencuci pakaian putih untuk membantu membuatnya tetap cerah. Untuk kaus kaki katun putih kotor, tambahkan irisan lemon ke dalam panci besar berisi air mendidih. Tambahkan kaus kaki dan biarkan terendam semalaman sebelum dicuci.

6 dari 8 halaman

Manfaat lemon untuk kebutuhan rumah tangga

Pengharum ruangan alami

Ikan atau brokoli yang dimasak, abu perapian, uap cat, dan kotak pasirhewan peliharaan dapat membuat rumah berbau tidak segar. Buat penyegar udara alami dengan menambahkan beberapa irisan lemon atau kulit lemon ke dalam panci berisi air. Didihkan selama sekitar satu jam dan rumah akan segera berbau segar.

Pengusir serangga

Laba-laba, semut, dan kutu sangat sensitif terhadap bau, dan mereka tidak menyukai lemon yang harum. Teteskan jus lemon atau tinggalkan potongan kulit lemon di ambang jendela, ambang pintu, dan di sekeliling rumah untuk mencegah serangga ini masuk.

7 dari 8 halaman

Manfaat lemon untuk kebutuhan rumah tangga

Bersihkan kaca

Buat pembersih kaca dan jendela sendiri dengan mencampurkan tiga sendok makan jus lemon untuk satu cangkir air. Tempatkan di botol semprot agar mudah dibersihkan. Untuk noda air membandel atau noda pada kaca, gunakan spons yang sudah dicelupkan ke dalam jus lemon.

Hapus noda membandel di toilet

Untuk menghilangkan garis air dan noda karat dari kloset, buat pasta dari boraks cucian dan jus lemon. Oleskan pasta ke noda dan biarkan bekerja setidaknya selama dua jam sebelum digosok.

Hilangkan kerak di ceret dan mesin pembuat kopi

Endapan mineral dari air dapat menyumbat pembuat kopi dan ketel teh. Bersihkan mineral setiap bulan dengan menambahkan setengah cangkir jus lemon ke dalam alat bersama dengan air mendidih. Jalankan siklus pemanasan lengkap dan kemudian bersihkan dengan air biasa.

8 dari 8 halaman

Manfaat lemon untuk kebutuhan rumah tangga

Melembutkan kuas cat yang mengeras

Untuk melembutkan kuas cat yang mengeras, panaskan jus lemon hingga mendidih dalam mangkuk microwave. Angkat dari microwave dan rendam bulu sikat. Biarkan terendam setidaknya selama 15 menit lalu cuci dengan air sabun.

Hilangkan noda karat atau jamur

Noda karat dan jamur tidak sedap dipandang, tetapi sari lemon dan garam akan menghilangkan noda dari kain putih atau ecru. Taburi area bernoda dengan garam dan peras jus lemon segar. Sebarkan kain di bawah sinar matahari hingga kering di mana sinar ultraviolet akan membantu membersihkannya.

Memoles furnitur

Campurkan satu bagian jus lemon dan dua bagian minyak zaitun untuk membuat semir furnitur. Kocok sebelum digunakan dan aplikasikan dengan kain lembut lalu gosok hingga berkilau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini