Sukses

8 Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari untuk Kecantikan Kulit, Mengandung Antioksidan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit cukup banyak. Minyak alami memang menyimpan ragam manfaat untuk kecantikan ataupun kesehatan, salah satunya minyak biji bunga matahari. Selama ini, kita lebih mengetahui manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan. Namun rupanya biji bunga matahari ini bisa dijadikan minyak alami yang punya segudang manfaat.

Manfaat minyak biji bunga matahari perlu untuk kamu ketahui. Pasalnya, minyak biji bunga matahari ini bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kulit. Menyimpan kandungan yang bermanfaat untuk kecantikan, bunga matahari merupakan salah satu jenis bunga yang sering digunakan sebagai bahan utama untuk produk kecantikan.

Minyak biji bunga matahari dikenal sebagai sumber vitamin E yang cukup tinggi, sehingga sering digunakan untuk campuran produk skincare. Selain vitamin E, minyak biji bunga matahari juga memiliki berbagai senyawa antioksidan. Oleh sebab itu tak heran jika manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit cukup banyak.

Minyak dari biji bunga matahari umumnya berwarna kuning muda serta tidak memiliki rasa. Alasan itulah yang kerap dijadikan alasan mengapa minyak biji bunga matahari ini dijadikan pilihan untuk memasak. Biji bunga matahari enak untuk dijadikan camilan dan bermanfaat untuk kesehatan, begitu juga dengan manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit, Rabu (11/11/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari untuk Kecantikan Kulit

Bunga matahari merupakan salah satu jenis bunga yang kerap dijadikan sebagai salah satu bahan untuk produk kecantikan. Biji bunga matahari merupakan salah satu bagian dari bunga matahari yang diketahui menyimpan banyak manfaat. Selain enak sebagai camilan dan punya manfaat untuk kesehatan, rupanya manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit juga cukup banyak.

1. Mengurangi Tanda Penuaan Kulit

Manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit yang pertama yakni dapat membantu mengurangi tanda penuaan dini. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan dari efek buruk sinar matahari, seperti penuaan dini dan kerutan. Keluhan ini dapat berupa munculnya keriput dan garis halus pada wajah di usia muda. Menggunakan produk perawatan kulit yang diformulasikan dengan minyak biji bunga matahari adalah cara yang baik untuk mendapatkan manfaat vitamin E untuk kulit.

2. Merawat Kulit

Manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan yang berikutnya yakni dapat merawat kulit tanpa menyumbat pori-pori. Minyak biji bunga matahari adalah minyak non-komedogenik yang sangat mudah menyerap dan tidak akan menyumbat pori-pori. Minyak ini tidak menyebabkan iritasi bagi kebanyakan orang dan dapat digunakan pada semua jenis kulit, termasuk kulit kering, normal, berminyak dan berjerawat.

3. Melembabkan Kulit

Manfaat minyak biji bunga matahari yang selanjutnya yakni adalah melembabkan kulit. Minyak biji bunga matahari memiliki sifat menenangkan dan akan meningkatkan kapasitas retensi kelembapan kulit. Sangat bermanfaat buat pemilik kulit kering atau sensitif.

Minyak biji bunga matahari mengandung banyak asam linoleat, yaitu suatu asam lemak tak jenuh. Asam lemak ini membantu menjaga pertahanan kulit, selain itu juga bermanfaat mengurangi kehilangan air pada epidermis kulit. Minyak biji bunga matahari juga mudah terserap dalam kulit.

Oleh karena itu, jika digunakan langsung pada kulit, minyak ini berfungsi baik untuk melembapkan. Minyak biji bunga matahari dapat menjadi alternatif untuk menangani masalah kulit, seperti dermatitis atopik, selama tidak ada alergi terhadap bunga matahari.

4. Membantu Mengatasi Jerawat

Membantu mengatasi jerawat merupakan manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit selanjutnya yang perlu diketahui. Minyak alami memang punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, salah satunya adalah minyak biji bunga matahari. Selain vitamin E, minyak biji bunga matahari juga kaya vitamin A,C dan D yang membuatnya efektif dalam pengobatan jerawat.

Minyak biji bunga matahari mengandung vitamin dan asam lemak yang bertindak sebagai antioksidan untuk meregenerasi sel-sel kulit baru dan membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari untuk Kecantikan Kulit

5. Membantu Mengurangi Peradangan

Manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit berikutnya yakni memabantu mengurangi peradangan. Biasanya saat berjerawat tentunya kamu merasa kulit wajah kamu kemerahan dan mengalami peradangan, hal tersebut dapat kamu coba atasi dengan minyak biji bunga matahari.

Minyak biji bunga matahari memiliki anti-inflamasi yang membantu menurunkan kemerahan dan kekasaran kulit. Minyak biji bunga matahari kaya akan asam lemak omega-6 (asam linoleat) dan vitamin E. asam omega-6 membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meningkatkan perkembangan sel-sel kulit baru.

6. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit selanjutnya yakni adalah dapat meningkatkan kesehatan rambut. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan vitamin E alami, termasuk pada minyak bunga matahari, dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Selain itu, vitamin E yang ada dalam minyak ini dipercaya dapat mengobati masalah kebotakan dan rambut rontok.

Mengoleskan minyak bunga matahari pada rambut juga dapat membuat rambut lebih mudah diatur. Lebih dari itu, minyak biji bunga matahari juga dapat mencegah kerontokan rambut karena kandungan antioksidan dan berbagai vitamin di dalamnya.

7. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit berikutnya yakni dapat menangkal radikal bebas. Kandungan beta karoten pada minyak biji bunga matahari memiliki efek antioksidan terhadap kulit. Zat tersebut dapat menetralkan berbagai radikal bebas yang masuk ke kulit. Dengan demikian, kulit akan senantiasa sehat dan terhindar dari risiko terjadinya kanker kulit.

8. Menjaga Lapisan Perlindungan Kulit

Minyak biji bunga matahari cenderung lebih efektif untuk membuat kulit lebih lembap. Minyak biji bunga matahari juga membantu menjaga keutuhan lapisan luar kulit. Kandungan asam linoleat pada minyak berwarna kuning ini membantu kulit untuk menjaga penghalang alami kulit.

Penghalang kulit tersebut bertugas untuk mempertahankan kadar kelembapan kulit, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering atau eksim.

4 dari 5 halaman

Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan

Setelah menilik manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit, memgonsumsi biji bunga matahari juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Biji bunga matahari biasanya terbungkus dalam cangkang hitam-putih yang tidak dapat dimakan. Biji bunga matahari memiliki rasa yang ringan, manis, dan gurih. Manfaat biji bunga matahari didapat berkat kaya akan lemak sehat, senyawa tanaman bermanfaat dan beberapa vitamin dan mineral.

1. Cegah Penyakit Jantung

Manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan yang pertama yakni adalah dapat mencegah penyakit jantung. Biji bunga matahari mengandung zat besi, magnesium, mangan, dan kalium yang membantu menjaga cairan dan volume darah, mengatur tekanan darah dan melindungi terhadap stroke dan penyakit jantung. Magnesium dalam biji bunga matahari membantu mencegah kehilangan kalium dan mendukung fungsi jantung.

2. Kaya Antioksidan

Manfaat biji bunga matahari mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Biji labu bunga matahari mengandung antioksidan seperti karoten dan vitamin E. Antioksidan ini berperan mencegah peradangan yang menjadi penyebab penyakit mulai dari radang sendi, diabetes, jantung, hingga kanker.

3. Lancarkan Pencernaan

Manfaat biji bunga matahari selanjutnya adalah baik untuk pencernaan. Biji bunga matahari kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Memenuhi kebutuhan serat harian dapat mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

5 dari 5 halaman

Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan

4. Seimbangkan Hormon

Manfaat biji bunga matahari selanjutnya adalah dapat menyeimbangkan hormon. Ini berkat kandungan fitoestrogen, metabolit nabati yang secara struktural dan fungsional mirip dengan hormon. Senyawa ini bisa membantu menyeimbangkan hormon estrogen dan testosteron yang diketahui sebagai hormon reproduksi.

5. Baik untuk Diabetes

Efek penurunan gula darah dari biji bunga matahari sebagian disebabkan oleh senyawa tanaman asam klorogenat. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan 1 ons (30 gram) biji bunga matahari setiap hari sebagai bagian dari diet sehat dapat mengurangi gula darah puasa sekitar 10% dalam enam bulan.

6. Bantu Turunkan Kolestrol

Biji bunga matahari dapat memengaruhi proses metabolisme yang dapat mengurangi risiko kolesterol tinggi. Asam lemak lemak tak jenuh, terutama asam linoleat dalam biji bunga matahari juga membantu menurunkan kolesterol.