Sukses

12 Cara Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami, Cegah Penularan

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini andalkan sifat antijamur, antibakteri, antiperadangan, dan antiinflamasi.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini penting sekali. Masalahnya, kurap termasuk penyakit kulit menular yang menyebabkan peradangan sekaligus bikin gatal sekali. Kurap bisa terjadi di beberapa bagian tubuh seperti wajah, tangan, lengan, leher, kaki, kepala, sampai selangkangan.

Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur, menghancurkan lapisan kulit luar hingga membentuk ruam. Untuk bisa menghilangkan dan mencegah penularan bisa andalkan bahan-bahan alami. Penerapan cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini pun sangat mudah dan aman sekali.

Nah, cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini dapat diandalkan karena sifat antijamur, antibakteri, antiperadangan, dan antiinflamasi yang dimilikinya. Sifat inilah yang mampu menghambat peradangan, gatal, dan penularan akibat penyakit kurap.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan kurap dengan bahan alami dari berbagai sumber, Kamis (12/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami

Aloe Vera

Aloe vera bisa diandalkan untuk menghilangkan kurap. Manfaat ini berasal dari zat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang dimilikinya. Zat inilah yang mampu meredam rasa gatal akibat kurap.

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini mudah. Cukup mengoleskan gel lidah buaya sebanyak 3 kali sehari. Saat digunakan, gel lidah buaya dapat membuat kulit terasa sejuk dan gatal mereda.

Daun Kemangi

Daun kemangi dikenal memiliki kandungan zat anti-gatal yang disebut kapur barus dan thymol. Daun kemangi akan memberikan efek mengurangi keinginan untuk menggaruk bagian tubuh gatal. Cocok dipakai untuk menghilangkan kurap sekaligus meredam gatalnya.

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini cukup ampuh karena sifat antimikroba dan antibakteri yang dimilikinya. Ruam karena kurap bisa dihilangkan lebih mudah karenanya. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami

Kunyit

Kuniyit adalah salah satu rempah yang bisa digunakan untuk menghilangkan kurap. Meredam rasa gatal dan menghilangkan ruam kemerahannya. Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami yang satu ini mudah sekali diterapkan.

Hal ini disebabkan karena kunyit memiliki kandungan zat antibakteri. Antibakteri ini ampuh menghentikan perkembangan jamur pada kulit yang menyebabkan kurap. Tak hanya antibakteri, tetapi zat antiinflamasi juga. Antiinflamasinya mampu meredakan peradangan dan sensasi gatal karena kurap.

Campurkan kunyit dengan minyak kelapa, lalu aduk sampai rata dan oleskan di bagian kulit yang terdapat kurap. Kulit kemungkinkan akan menguning selama beberapa waktu setelah memakainya. Pastikan sebelum menggunakan sudah mengenali jenis kulitnya, hati-hati untuk kulit sensitif!

Daun Tembakau

Daun tembakau dikenal sebagai tanaman herbal yang mampu menghilangkan kurap dan menyembuhkannya secara alami. Hal ini disebabkan karena kemampuannya meredakan peradangan kulit.

India menggunakan tapal dari tembakau untuk membantu menenangkan radang kulit dan mengurangi rasa sakit. Namun hingga kini belum diketahui secara pasti bagaimana tembakau bisa menenangkan peradangan kulit.

Penerapan sementara yang bisa dilakukan sederhana. Cukup gunakan beberapa helai daun tembakau, lalu tumbuk halus dan oleskan pada kulit yang terkan kurap. Lakukan perawatan ini dengan teratur 1-2 kali sehari.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami

Cuka Apel

Bukan sembarang cuka, dr. Devia menyarankan pakai cuka apel sebagai obat alami atasi kurap pada kulit. Ini karena cuka apel memiliki kandungan anti jamur yang efektif mengobati kurap pada kulit.

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini terbilang mudah. Cukup gunakan kapas yang sudah dibasahi cuka apel, lalu oleskan sedikit-sedikit di area kulit yang terdapat kurap.

Belerang

Belerang atau sulfur bisa dipakai untuk menghilangkan kurap. Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini mudah dan ampuh. Manfaatnya berasal dari sifat antibakteri dan antijamurnya.

Kedua sifat dasar belerang inilah yang dipercaya dapat menangkal beberapa masalah kesehatan kulit, termasuk membunuh bakteri dan jamur penyebab kurap.

Bisa gunakan belerang cair yang biasa dijual di toko obat untuk mengompres area kulit yang terkena kurap. Setelah itu diamkan mengering dan bilas. Bisa juga melakukannya 1-2 kali sehari sampai infeksi sembuh.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami

Tea Tree Oil

Tea tree oil disebut juga sebagai minyak daun teh. Minyak ini bisa digunakan untuk menghilangkan kurap secara alami. Hal ini disebabkan sifat antiperadangan dari minyak daun teh. Masalah gatal dan ruam karena kurap bisa dengan mudah diatasi dengan minyak ini.

Namun, tidak disarankan untuk langsung memakai minyak pohon teh pada kulit yang gatal karena kurap. Penggunaan yang benar, campurkan obat tradisional alami ini ke pelembap yang biasa digunakan. Jika sudah, oleskan ke bagian tubuh yang gatal dan ruam beberapa kali dalam sehari. 

Akar Manis

Akar manis sudah lama dikenal sebagai rempah yang banyak manfaatnya. Akar manis mengandung zat antimikroba, antivirus, dan antiradang. Zat-zat inilah yang menjadikannya sebagai cara menghilangkan kurap dengan bahan alami.

Secara tidak langsung, akar manis yang menghambat pertumbuhan jamur kulit penyebab kurap. Adapun cara mendapatkan manfaatnya cukup mudah, oleskan ekstrak akar manis ke area kulit yang terkena kurap.

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami

Minyak Kelapa

Asam lemak yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membunuh sel jamur dengan merusak membran sel mereka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menjadi obat yang efektif untuk infeksi kulit ringan hingga sedang seperti kurap.

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami seperti minyak kelapa ini terbilang cukup efektif karena antioksidannya juga. Antioksidan dalam minyak kelapa akan bekerja menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh.

Mampu pula menetralkan atom reaktif yang menyebabkan peradangan. Gunakan untuk mengobati kurap dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang teroinfeksi 3 kali sehari.

Lengkuas

Meski kerap dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja, sebenarnya lengkuas punya manfaat lain untuk kulit. Lengkuas memiliki sifat antijamur yang menjadikannya cocok dijadikan obat kurap.

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini mudah dan aman. Pengobatan untuk kurap bisa dimulai dengan cara mememarkan lengkuas. Setelah dimemarkan, tempelkan pada area kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air hangat.

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti jamur yang ampuh digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Salah satunya menghilangkan kurap dengan mengatasi peradangan dan gatalnya. Tak hanya kurap tetapi jamur Candida, Torulopsis, Trichophyton, dan Cryptococcus bisa diatasi dengan bawang putih.

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini hanya perlu menumbuknya. Tumbuk halus beberapa suing bawang putih untuk membuat pasta. Kemudian gunakan pasta untuk mengompres area kulit yang terkena kurap tiga kali dalam sehari.

Daun Sirih

Daun sirih mengandung chavicol para allyphenol yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi. Kandungan inilah yang menjadikannya ampuh menghilangkan masalah kurap. Bisa membantu meredakan ruam dan gatal-gatal yang timbul akibat ruam.

Lumatkan beberapa lembar daun sirih dan sedikit kunyit hingga cukup halus. Setelah itu, tempelkan daun sirih pada area kulit yang dikelilingi bilur atau ruam merah selama 20 menit. Ulangi sebanyak 3 kali sehari secara rutin hingga biduran mereda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini