Sukses

8 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit dan Tetap Hijau

Liputan6.com, Jakarta Cara memasak pare agar tidak pahit tidak begitu sulit diterapkan. Sayuran hijau dengan permukaan penuh tonjolan ini memang memiliki rasa pahit yang mungkin tidak digemari sebagian orang. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan pengolahan yang tepat.

Pasalnya, pare merupakan salah satu sayuran yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Tentunya sangat disayangkan jika kamu tidak senang mengonsumsinya. Vitamin dan mineral yang ada di dalam pare tentunya tidak boleh kamu lewatkan hanya karena rasanya yang pahit.

Cara memasak pare agar tidak pahit dilakukan dengan menambahkan bahan dapur lainnya. Kamu bisa menambahkan garam, gula pasir, daun jambu biji, hingga cuka supaya rasanya tidak pahit lagi. Selain itu, kamu juga bisa mempertahankan warna hijaunya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/11/2020) tentang cara memasak pare agar tidak pahit.

2 dari 5 halaman

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Pilih Pare yang Berkualitas

Memilih pare yang berkualitas merupakan salah satu faktor yang snagat penting dalam memasak pare agar tidak pahit. Pertama, kamu harus memilih pare yang berukuran sedang. Hal ini disebabkan karena semakin besar ukuran pare, semakin pahit pula rasanya. Jadi pilih pare yang berukuran kecil atau sedang saja.

Kedua, pilih pare yang warnanya hijau tua. Pare dengan permukaan kulit berwarna hijau tua biasanya rasanya tidak terlalu pahit. Pare yang warnanya cenderung muda biasanya sudah hampir matang atau tua. Pare yang matang biasanya memiliki rasa yang lebih getir.

Remas-Remas dengan Garam

Cara memasak pare agar tidak pahit yang pertama adalah meremas-remas dengan garam. Caranya mudah saja, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Belah pare menjadi dua bagian, kemudian buang bijinya berikut selaput putih yang menempel pada daging buahnya.

2. Lalu, iris-iris tipis daging buah pare, kemudian taburi garam.

3. Remas-remas irisan pare sampai layu.

4. Setelah itu bilas pare dengan air mengalir, tiriskan, dan masak sesuai selera.

3 dari 5 halaman

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Remas-Remas dengan Gula Pasir

Cara memasak pare agar tidak pahit juga bisa menggunakan gula pasir. Caranya sama dengan metode menggunakan garam, yaitu:

1. Remas-remas pare yang sudah dibuang biji dan selaputnya, iris tipis, kemudian remas dengan gula pasir.

2. Teruskan sampai pare layu, kemudian bilas pare dengan air mengalir sampai sisa gula hilang.

3. Tiriskan, kemudian masak pare sesuai selera.

Rebus dengan Cuka, Garam, dan Gula

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan cara memasak pare agar tidak pahit dengan merebusnya menggunakan cuka, garam, dan gula. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan secangkir cuka putih, kemudian tuangi 2 sendok makan garam dan 2 sendok makan gula pasir.

2. Masukkan irisan pare yang sudah bersih dari biji dan selaput putih. Kemudian rebus selama 2 menit.

3. Tiriskan pare dari air rebusan, kemudian cuci di air mengalir.

4. Dinginkan pare, kemudian olah sesuai selera.

4 dari 5 halaman

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Rebus dengan Daun Jambu Biji

Merebus pare dengan daun jambu biji juga bisa menjadi salah satu cara memasak pare agar tidak pahit. Sepatnya daun jambu akan menetralisir rasa pahit pare. Caranya cukup mudah, kamu tingal mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Rebus pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya dengan beberapa lembar daun jambu biji selama 5 menit.

2. Setelah waktu perebusan selesai, tiriskan pare dari air rebusan, kemudian bilas dengan air mengalir, dan tiriskan lagi.

Rebus dengan Tanah Liat

Cara memasak pare agar tidak pahit selanjutnya adalah dengan merebusnya menggunakan tanah liat. Caranya juga mudah saja, yaitu:

1.  Ambil sedikit saja tanah liat, kemudian rebus bersama pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya.

2. Setelah 3 menit, tiriskan pare dari air rebusan.

3. Cuci dengan air mengalir, kemudian tiriskan kembali.

4. Pare pun siap diolah menjadi masakan yang kamu sukai.

5 dari 5 halaman

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Campur dengan Makanan Asin

Pare yang sudah melalui proses perebusan atau diremas-remas sampai layu akan lebih enak lagi jika dimasak dengan bahan makanan yang rasa asinnya kuat. Misalnya saja kecap asin, ikan, atau kacang kalengan yang direndam dalam air garam.

Olah dengan Telur Orak-arik

Tumis pare yang dipadukan dengan telur orak-arik biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Telur memang bisa membantu menetralkan rasa yang terlalu tajam. Cocok dipadukan dengan pare yang getir.

Itulah beberapa cara memasak pare agar tidak pahit.  Kamu bisa menerapkan salah satu cara yang telah disebutkan sesuai dengan yang paling mudah kamu praktikkan. Dengan begitu, pare yang akan kamu konsumsi tidak akan terasa terlalu pahit lagi.