Sukses

Fungsi Iris Mata dan Bagian Lainnya dalam Proses Melihat, Kenali Cara Kerjanya

Fungsi iris mata sangat penting sebagai salah satu bagian pada mata.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi iris mata sangat penting sebagai salah satu bagian pada mata. Mata sendiri merupakan indra penglihatan yang memang fungsi utamanya untuk melihat. Mata terdiri dari beberapa bagian, yang dibagi menjadi bagian luar dan bagian dalam.

Setiap bagian mata pada manusia ini memiliki peranan dan fungsinya masing-masing yang saling berkesinambungan. Setiap bagian mata ini memiliki fungsi yang jika salah satu bermasalah, maka akan memengaruhi fungsi bagian lainnya.

Fungsi iris mata dan bagian mata lainnya tentu perlu kamu kenali. Berbagai bagian mata tersebut memiliki fungsinya masing-masing dalam proses melihat. Kamu juga bisa memahami berbagai fungsi bagian mata tersebut dengan mengenali cara kerja indra penglihatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/11/2020) tentang fungsi iris mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fungsi Mata Secara Umum

Sebelum mengenali fungsi iris mata, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui fungsi mata secara umum. Sudah diketahui bahwa fungsi mata adalah untuk melihat. Namun fungsi mata tidak hanya untuk melihat gambar atau pemandangan saja.

Setiap bagian mata memang memiliki fungsinya masing-masing, termasuk fungsi iris mata, namun secara umum fungsi mata adalah sebagai berikut:

1. Sebagai alat indera penglihatan. Mata dapat digunakan untuk melihat objek yang jauh dan dekat. Cara kerja mata juga cukup kompleks, di mana setiap bagian-bagian organ dalam mata memiliki fungsinya masing-masing sehingga sebuah objek dapat dilihat oleh mata. Mata hanya bisa melihat objek yang terkena pantulan cahaya atau yang menghasilkan cahaya.

2. Sebagai alat komunikasi. Terkadang kamu bisa memberikan kode dengan mata untuk mengisyaratkan sebuah tindakan.

3. Sebagai fungsi keindahan. Pada sebagian orang, mata memiliki corak warna yang beragam seperti biru, coklat, hitam pekat, atau abu-abu.

4. Mempelajari berbagai hal. Dengan mata, kamu bisa membaca buku, melihat sebuah kejadian, dan mempelajarinya.

5. Mengawasi segala hal yang mungkin membahayakan. Dengan melihat, kamu bisa menjadi lebih awas dan waspada dengan apa yang ada di sekitar.

6. Sebagai keseimbangan. Mata adalah bagian kecil dari sistem vestibular yaitu sistem keseimbangan tubuh. Dengan melihat menggunakan mata, kamu akan mendapatkan informasi secara visual. Sehingga otakmu akan siap dan juga mengerti tindakan apa yang harus dilakukan.

3 dari 5 halaman

Fungsi Mata Bagian Dalam

Setelah mengenali fungsi mata secara umum, baru kamu dapat mengetahui fungsi iris mata dan bagian lainnya secara lebih spesifik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, secara umum, bagian mata dibagi menjadi dua yaitu bagian luar dan bagian dalam.

Iris mata merupakan salah satu bagian mata yang berada di dalam. Fungsi iris mata adalah untuk memberi warna pada mata dan mengatur besar kecilnya pupil. Berikut beberapa bagian mata yang terdapat di dalam beserta fungsinya:

Iris: fungsi iris mata ini untuk memberi warna pada mata dan mengatur besar-kecilnya pupil.

Otot mata: fungsi bagian mata yang pertama adalah untuk mengatur gerakan bola mata.

Saraf mata: fungsi bagian mata ini untuk meneruskan rangsang cahaya ke otak.

Kornea: fungsi bagian mata ini untuk menerima rangsang cahaya dan meneruskannya ke bagian mata yang lebih dalam.

Pupil: berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata.

Retina: berfungsi utnuk membentuk bayangan benda yang kemudian dikirim oleh saraf mata ke otak. Koroid: fungsi bagian mata ini untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke retina.

Sklera: berfungsi untuk melindungi dan mempertahankan bentuk bola mata.

Lensa: berfungsi untuk memfokuskan cahaya agar bayangan jatuh pada bintik kuning.

Bintik buta: berfungsi untuk menangkap dan meneruskan rangsang cahaya ke otak.

Bintik kuning: berfungsi untuk tempat jatuhnya bayangan.

Vitreous humor: fungsi bagian mata ini untuk menyokong lensa dan menjaga bentuk bola mata.

Aqueous humor: fungsi bagian mata ini untuk membiaskan cahaya dan menjaga bentuk bola mata.

 

4 dari 5 halaman

Fungsi Mata Bagian Luar

Selain fungsi iris mata dan bagian dalam mata yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga perlu mengetahui fungsi mata bagian luar. Mata bagian luar ini bisa kamu lihat, tidak seperti bagian mata yang di dalam. Berikut masing-masing penjelasannya:

Kelopak Mata. Fungsi bagian mata ini untuk melindungi dan menutup mata. Fungsinya untuk menjaga dari masuknya benda asing dari luar mata misalnya debu, pasir, asap atau serpihan lainnya. Kelopak mata juga penting untung menyapu bola mata dengan cairan dan mengatur jumlah cahaya yang masuk menuju mata.

Bulu Mata. Menjadi bagian terluar dari mata yang mudah dikenali, fungsinya adalah untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata dan juga mencegah masuknya objek kecil ke dalam mata seperti debu, pasir, atau kotoran.

Alis Mata. Kalau alis mata, merupakan bagian terluar mata yang cukup menonjol. Fungsinya adalah untuk menanhan keringat dari atas dahi agar tidak masuk ke dalam bagian mata.

Kelenjar Air Mata. Fungsinya adalah untuk menghasilkan air mata. Hal ini menjadi penting guna untuk membasahi mata dan menjaga mata agar tetap lembab. Selain itu, kelenjar air mata juga berguna untuk membersihkan debu dan membunuh berbagai bibit penyakit di dalam mata.

5 dari 5 halaman

Cara Kerja Mata

Setelah mengenali fungsi iris mata dan bagian-bagian mata lainnya, kamu tentunya juga perlu mengetahui cara kerja mata sehingga kamu bisa melihat. Benda dapat dilihat jelas oleh mata jika bayangan benda berada tepat pada bintik kuning. Bayangan benda yang tidak tepat jatuh pada bintik kuning akan terlihat tidak jelas atau kabur.

Bayangan benda yang jatuh di depan bintik kuning menyebabkan seseorang tidak dapat melihat benda dengan jarak jauh secara jelas. Sedangkan bayangan benda yang jatuh di belakang bintik kuning menyebabkan seseorang tidak dapat melihat benda dari jarak dekat secara jelas.

Proses pertama dari cara kerja mata diawali dari pantulan cahaya dari benda masuk ke mata pada bagian kornea. Cahaya yang ditangkap oleh mata tersebut kemudian diolah oleh bagian-bagian mata sesuai dengan perannya. Informasi kemudian dikirimkan ke otak sehingga benda dapat terlihat. Berikut urutan cara kerja mata:

1. Cahaya yang dipantulkan benda ditangkap oleh mata, menembus kornea dan diteruskan ke pupil untuk diatur intensitas cahayanya.

2. Cahaya diteruskan menembus lensa mata.

3. Daya akomodasi lensa mata mengatur agar cahaya jatuh tepat di bintik kuning.

4. Bintik kuning menerima cahaya melalui sel kerucut dan sel batang lalu disampaikan ke otak.

5. Informasi diolah oleh otak dan kita dapat mengetahui apa yang kita lihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.