Sukses

7 Cara Mengecilkan Lengan, Mudah dan Dapat Dipraktikkan di Rumah

Gerakan olahraga untuk mengecilkan lengan yang bisa dipraktikkan di rumah

Liputan6.com, Jakarta Memiliki lengan yang tidak kencang dan bergelambir kerap kali dianggap mengganggu penampilan serta mengurangi rasa percaya diri. Agar dapat tampil prima terutama saat mengenakan baju yang memperlihatkan lengan, maka banyak orang yang mencari cara mengecilkan lengan.

Lengan merupakan salah satu bagian yang menjadi tempat berkumpulnya lemak tubuh. Permasalahan lengan bergelambir ini dapat terjadi para pria maupun wanita. Meskipun hal tersebut merupakan hal yang normal, namun tak sedikit pula orang yang berusaha mencoba cara mengecilkan lengan agar bisa tampil lebih percaya diri.

Cara mengecilkan lengan sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah. Namun dibutuhkan konsistensi untuk melakukanya. Selain itu, jika ingin mencoba cara mengecilkan lengan, juga harus diimbangi dengan makanan dan gaya hidup yang sehat supaya bisa efektif.

Berikut ini merupakan cara mengecilkan lengan di rumah dan mudah dipraktekkan yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (12/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara mengecilkan lengan

1. Angkat Barbel

Cara mengecilkan lengan yang selanjutnya adalah dengan olahraga barbel. Bagi pemula, pilihlah berat barbel yang ringan, misalkan saja dengan barbel ukuran 1kg. Lakukan kegiatan ini secara rutin dan tingkatkan beratnya secara bertahap setiap minggunya. Cara mengecilkan lengan tangan dengan barbel cukup banyak variasinya. Berikut beberapa di antaranya.

1. Pegang barbel pada kedua tangan. Bentuk tangan dengan posisi 90 derajat. Angkat barbel bergantian menggunakan tangan kanan lalu tangan kiri.

2. Pegang barbel pada kedua tangan. Bentuk tangan dengan posisi 90 derajat. Angkat barbel bersamaan.

3. Pegang barbel pada kedua tangan. Lalu rentangkan tangan. Angkat barbel bergantian tangan kanan dan tangan kiri.

4. Pegang barbel pada kedua tangan. Lalu rentangkan tangan. Angkat barbel bersamaan. 

 

2. Bench Dips

Cara mengecilkan lengan tangan pertama yang dapat dipraktekkan adalah cara bench dips. Untuk mempraktekkan gerakan ini, Anda membutuhkan ruang gerak yang cukup besar, selain itu Anda juga membutuhkan meja atau tumpuan apapun yang tidak bergerak atau bergeser seperti meja atau kursi.

Yang perlu Anda lakukan untuk bench dip adalah sebagai berikut:

1. Pegang ujung tumpuan dengan kedua tangan yang menghadap ke belakang. Posisikan tubuh Anda pada posisi duduk.

2. Angkat pantat Anda, majukan beberapa sentimeter ke depan lalu selonjorkan kaki.

3. Lalu luruskan tangan dan angkat tubuh pada posisi semula.Kemudian tekuk lengan Anda hingga membentuk 90 derajat.

4. Tahan sampai hitungan ke 8.

5. Angkat kembali.Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Cara mengecilkan lengan

3. Push-up sempurna

Push-up adalah salah satu gerakan olahraga yang umum, dan efektif untuk ditempuh sebagai cara mengecilkan lengan. Push-up ini membutuhkan banyak kerja otot lengan, sehingga merupakan salah satu gerakan olahraga efektif yang dapat mengecilkan lengan.

Push-up ini membutuhkan tenaga yang besar karena tumpuan berada di ujung jari kaki. Anda bisa melakukan push-up ini di atas matras sebagai cara mengecilkan lengan. Berikut panduan melakukan push-up sempurna untuk jadi cara mengecilkan lengan

1. Letakkan kedua telapak tangan di lantai dengan ujung jari kaki sebagai tumpuan.

2. Buka kaki kira-kira selebar bahu saja untuk menjaga keseimbangan. Usahakan kaki, pinggang, dan kepala dalam keadaan lurus.

3. Langkah selanjutnya kemudian tekuk lengan bawah dan lengan atas membentuk sudut 90 derajat kemudian dorong ke atas perlahan.Turunkan lagi badan perlahan sambil membuang nafas.Angkat badan sambil menari napas lalu turunkan badan sambil membuang napas.

4. Begitu seterusnya.Sebagai awal bagi Anda yang jarang berolahraga, lakukan saja sekuat Anda agar tubuh tidak kaget. Lalu tingkatkan intesitasnya. Hari ini Anda 20 kali push ups, besok ditambah menjadi 25 push-up, lusa ditambah lagi menjadi 30 push-up.

5. Lakukan secara rutin, lengan Anda akan segera mengecil

 

4. Push-up lutut

Berbeda dengan push-up sempurna, push-up lutut adalah gerakan push-up yang bertumpu pada lutut. Meski demikian push-up lutut tetap efektif jadi cara mengecilkan lengan.

Untuk melakukan gerakan olahraga ini, posisikan tubuh Anda seperti melakukan push-up sempurna namun dengan lutut sebagai tumpuannya. Lutut memang kurang fleksibel, oleh karena itu Anda bisa mengalasi lutut dengan sesuatu yang empuk seperti bantal.

Jika Anda kelelahan dalam melakukan push-up sempurna, push-up lutut ini bisa menjadi posisi alternatif bagi Anda. 

 

 

4 dari 4 halaman

Cara mengecilkan lengan

5. Push-up dinding

Selain melakukan dua gerakan push-up di atas, Anda juga dapat mempraktikkan push-up dinding. Meski demikian, tenaga yang dikeluarkan jauh lebih kecil daripada varian push up yang lainnya. Hal ini juga mudah dilakukan bagi Anda yang pemula yang belum sanggup menopang berat badan jika mencoba gaya push-up sempurna.

Caranya hampir sama namun Anda tidak perlu untuk bering di lantai, melainkan berdiri saja menghadap dinding. Tempelkan telapak tangan pada dinding. Kemudian perlahan dekatkan wajah pada dinding dengan cara menekuk lengan. Awali dengan 10 kali push-up dinding lalu tingkatkan intensitasnya agar usaha mengecilkan lengan Anda efektif.

 

6. Gerakan menggunting

Cara mengecilkan lengan selanjutnya adalah dengan mempraktikkan gerakan menggunting. Cara melakukannya cukup mudah, yakni Anda cukup merentangkan kedua tangan dan kaki lalu kemudian silangkan tangan dan kaki secara bersamaan.

 

7. Lompat tali

Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat mempraktikkan lompat tali untuk mengecilkan lengan. Tidak hanya lengan, lompat tali juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan paha. Lakukan lompat tali setiap pagi. Terus tingkatkan intensitasnya agar lengan semakin cepat mengecil.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini