Sukses

6 Resep Smoothies untuk Menaikkan Berat Badan, Enak dan Sehat

Resep smoothies yang lezat dan sehat untuk menaikkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki badan yang ideal menjadi idaman bagi banyak orang. Ada orang yang ingin lebih kurus, ada pula orang yang cenderung ingin badannya lebih berisi. Sehingga, saat ini ada puluhan metode diet guna membantu seseorang mendapatkan bentuk tubuh idamannya.

Meski bagi sebagian orang menurunkan berat badan merupakan sebuah persoalan yang besar. Namun ada banyak pula yang merasa bahwa menaikkan berat badan merupakan hal yang sulit meskipun sudah banyak makan dengan porsi yang besar. Ada orang yang secara genetik memiliki kemampuan untuk tetap kurus meskipun sering makan banyak.

Guna menambah berat badan, maka Anda harus memperhatikan pula asupan nutrisi dan kalori yang Anda konsumsi setiap harinya. Akan sia-sia apabila selama ini Anda hanya makan dengan porsi besar namun tidak sehat, dengan memakan banyak junkfood pun tidak akan membantu banyak, malah dapat mendatangkan berbagai macam penyakit.

Salah satu cara yang paling direkomendasikan untuk menambah berat badan yakni dengan mengonsumsi smoothies weight gain. Berikut ini merupakan rekomendasi resepnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (12/11/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Smoothies Mangga + Pisang + Wortel

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kalori. Dengan mengombinasikan pisang dengan mangga dan wortel bisa memberikan asupan kalori yang cukup bagi Anda yang ingin menambah berat badan secara sehat. 

Bahan dan cara membuat:

- 1 buah pisang, potong kecil-kecil

- 1 buah mangga, kupas dari kulitnya

- 1 buah wortel, potong hingga kecil-kecil

- ½ gelas susu rendah lemak

- Campurkan semua bahan menjadi satu dan blender hingga halus

- Lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan dingin

 

 

3 dari 7 halaman

2. Smoothies Mangga + Pisang + Protein Shake

Guna menambah berat badan, asupan protein untuk tubuh sangatlah penting. Bagi Anda yang tidak terbiasa untuk makan dengan porsi yang besar, maka mengonsumsi protein shake bisa menjadi pilihan. Protein shake ini dapat didapatkan di supermarket terdekat. Supaya rasanya tetap lezat, maka Anda bisa memadukan protein shake ini dengan buah mangga dan pisang, sehingga smoothies akan terasa lebih segar.

- 1 buah pisang, potong-potong hingga kecil

- ½ cangkir mangga yang sudah dikupas

- 2 cangkir susu almond dingin

- 2 sdm selai kacang

- 1 sdm protein shake bubuk

- Campurkan semua bahan menjadi satu dan blender hingga halus. Smoothies akan lebih nikmat disajikan dalam kondisi dingin.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Smoothies Wortel + Kelapa Muda

Mungkin smoothies wortel dan air kelapa masih menjadi menu yang sangat asing untuk Anda. Namun kedua buah ini sangatlah baik untuk program penambahan berat badan. Dalam sebuah penelitian, dalam 100 gram kelapa muda terdapat elektrolit dan 280 mg kalium. Kemudian, dalam wortel juga terdapat berbagai macam vitamin dan kalori yang dapat memenuhi kebutuhan asupan kalori harian. 

Bahan dan Cara Membuatnya

- 1 buah wortel, cuci dan potong kecil.

- 100 gram kelapa.

- gula secukupnya. 

- Campurkan semua bahan dan blender dengan kecepatan tinggi sampai halus.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Smoothies Coklat + Pisang + Alpukat

Dalam berbagai program diet untuk menambah berat badan atau weight gain, buah alpukat dan pisang sangatlah direkomendasikan. Hal ini lantaran buah alpukat memiliki kalori dan lemak baik yang bisa memenuhi kebutuhan asupan kalori harian.

Selain itu, resep smoothies ini juga sangat cocok bagi Anda yang menggemari rasa coklat. Dengan perpaduan antara alpukat, pisang, dan coklat bisa menjadi minuman yang menyehatkan sekaligus memanjakan lidah.

Bahan dan Cara Membuatnya

- Siapkan 1 buah pisang dan cincang hingga halus

- Siapkan ½ buah alpukat

- ½ susu almond atau susu rendah lemak

- 200 gram dark chocholate, cincang halus

- Masukkan semua bahan dan blender dengan kecepatan tinggi hingga halus. Setelah semua tercampur merata, maka smoothies siap disajikan.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Smoothies Madu + Aprikot

Buah aprikot memiliki banyak manfaat, di antaranya yakni ia mengandung banyak vitamin mulai dari Vitamin C, A, potasium, Kalium, dan Kalsium. Dengan mengonsumsi aprikot Anda dapat mencegah berbagai penyakit yang bersangkutan dengan pencernaan, misalkan saja sembelit.

Selain itu, dalam smoothies ini juga dipadukan dengan madu. Seperti yang telah diketahui, madu memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Selain rasanya yang manis, madu juga dinilai memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas.

Bahan dan Cara Membuatnya

- Siapkan 4 buah aprikot yang sudah matang

- 4 sendok madu

- Satu gelas air

- Satu gelas susu almond

- Campurkan semua bahan ke dalam blender dan gunakan kecepatan tinggi hingga semuanya halus. Smoothies Madu dan Aprikot siap dikonsumsi.

 

 

7 dari 7 halaman

6. Smoothies Nanas + Alpukat + Pisang

Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan susu, maka smoothies ini bisa menjadi pilihan. Dalam smoothies ini akan memiliki banyak kalori yang dapat menaikkan kadar lemak baik (HDL) dalam darah dan menurunkan kadar lemak jahat (LDL). 

Bahan dan cara membuatnya:

- ½ cangkir buah pisang yang sudah diiris-iris

- 1 buah mangga yang sudah dikupas

- ½ buah alpukat

- 3 lembar daun mint

- Air kelapa muda secukupnya

- Campurkan semua bahan dan blender hingga halus. Smoothies siap disajikan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.