Sukses

15 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami, Mudah dan Sehat

Ketiak hitam bisa diatasi dengan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan ketiak bisa dilakukan dengan cara alami. Penggelapan pada ketiak sering kali disebabkan oleh kondisi kulit yang disebut acanthosis nigricans (AN). Ini menyebabkan kulit menebal dan menggelap di lipatan di sekitar tubuh. Kondisi ini kerap terjadi di ketiak, lutut, leher serta siku.

Meski merupakan kondisi normal, ketiak yang mengitam bisa merusak kepercayaan diri. Ada banyak cara memutihkan ketiak mulai dari perubahan gaya hidup, bahan alami, obat-obatan, hingga laser. Cara memutihkan ketiak secara alami bisa jadi salah satu pertimbangan.

Cara memutihkan ketiak secara alami mungkin memerlukan cukup ketelatenan. Namun, cara memutihkan ketiak secara alami ini lebih terjangkau dan cukup aman. Beberapa cara memutihkan ketiak juga bisa dengan mudah dipraktikkan.

Berikut 15 cara memutihkan ketiak secara alami, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (12/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara memutihkan ketiak secara alami

Kentang

Kentang adalah penyelamat untuk ketiak gelap karena merupakan pemutih alami dan anti iritasi. Parut kentang, peras jus dari parutan kentang, dan oleskan jus ke ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

Timun

Irisan mentimun sering digunakan untuk menenangkan kantung mata dan juga untuk mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Cara yang sama juga dapat digunakan untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

Iris tipis timun dan gosokkan irisan tersebut pada area gelap ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

Lemon

Jus lemon memiliki konsentrasi asam sitrat tinggi yang merupakan agen pengelupas dan pemutih alami kulit. Potong irisan lemon yang tebal dan gosokkan irisan tersebut pada ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan, dan gunakan pelembap.

3 dari 6 halaman

Cara memutihkan ketiak secara alami

Kulit jeruk

Campurkan satu sendok makan susu dan satu sendok makan air mawar dengan bubuk kulit jeruk secukupnya untuk membuat pasta kental. Gosok ketiak dengan lembut menggunakan pasta dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali seminggu.

Kunyit

Kunyit biasanya digunakan dalam masker wajah untuk mencerahkan warna kulit dan juga menghilangkan bintik. Aplikasi rutin pada ketiak dapat membantu mencerahkan kulit yang gelap.

Dalam mangkuk kecil, campurkan dua sendok makan air lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk membentuk pasta. Oleskan pasta secara merata ke ketiak. Setelah 30 menit, bersihkan pasta dengan air dingin.

Minyak kelapa

Pijatkan beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak. Setelah 15 menit, cuci ketiak dengan air hangat dan sabun lembut. Ulangi langkah-langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

4 dari 6 halaman

Cara memutihkan ketiak secara alami

Tea tree oil

Campurkan 5 tetes tea tree oil dengan 250 ml air dalam botol semprot kecil. Semprotkan ini pada ketiak dan biarkan mengering secara alami. Lakukan setiap hari setelah mandi atau berendam.

Tea tree oil tidak hanya mencerahkan kulit ketiak tetapi juga mencegah bau pada ketiak. Sifat antimikrobanya akan membunuh mikroba yang ada dan menghilangkan bau di area tersebut.

Minyak biji bunga matahari

Minyak biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E tinggi yang membantu menjaga kulit tetap segar dan bercahaya. Pijat ketiak dengan minyak bunga matahari selama satu atau dua menit. Biarkan minyak selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat melembabkan dan menutrisi kulit. Campurkan dua sendok makan minyak zaitun murni dengan 2-3 sendok makan brown sugar atau gula pasir. Basahi kulit ketiak dan oleskan campuran tersebut. Gosok selama satu atau dua menit dan biarkan selama lima menit. Bilas dengan air hangat.

5 dari 6 halaman

Cara memutihkan ketiak secara alami

Baking soda

Campurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air. Sesuaikan jumlah air hingga membentuk konsistensi pasta. Oleskan campuran tersebut ke ketiak dan pijat sebentar. Biarkan selama 25-30 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu.

Baking soda dan susu

Susu memiliki efek mencerahkan pada kulit. Menggunakannya bersama baking soda bisa mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan susu secukupnya hingga membentuk pasta kental. Aplikasikan pada ketiak dan lakukan scrubbing lembut selama beberapa menit. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air suam kuku. Lakukan dua sampai tiga kali seminggu.

Cuka sari apel

Cuka apel mengandung asam ringan yang akan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan juga mencerahkan area ketiak yang gelap. Larutkan satu sendok cuka sari apel dengan segelas air. Celupkan kapas dan tepuk-tepuk ke area ketiak dan biarkan sampai benar-benar kering sebelum dibilas dengan air. Ulangi setiap hari untuk hasil yang cepat dan efektif.

6 dari 6 halaman

Cara memutihkan ketiak secara alami

Lidah buaya

Aloesin yang ditemukan dalam gel lidah buaya dapat menghambat proses penggelapan kulit. Ini dapat membantu mencerahkan ketiak yang berubah warna. Lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri dan menenangkan untuk kulit yang meradang atau iritasi.

Belah daun dan ambil gel lidah buaya segar. Oleskan selapis gel ini pada ketiak dan biarkan selama sekitar 10-15 menit lalu bilas dengan air.

Batu apung

Batu alami ini telah digunakan sebagai exfoliant selama berabad-abad. Menggosok ketiak dengan batu apung akan membantu menghilangkan lapisan kulit yang gelap. Basahi batu apung dan gosok ketiak dengan lembut selama beberapa menit sebelum mandi.

Perubahan gaya hidup

Obesitas adalah salah satu penyebab utama ketiak gelap. Menurunkan berat badan dapat membantu mengatasi masalah ketiak hitam. Merokok juga merupakan salah satu penyebab penggelapan kulit. Berhenti merokok bisa membantu mencegah ketiak hitam. Menggunakan pakaian longgar juga bisa membantu mencegah ketiak hitam.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.