Sukses

15 Obat Sakit Gigi Alami, Ringankan Rasa Nyeri yang Menyiksa

Obat sakit gigi alami ini terdiri dari tanaman herbal, bumbu dapur, dan buah-buahan.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui berbagai macam obat sakit gigi alami akan membuat pengobatan gigi lebih mudah dilakukan. Obat sakit gigi alami ini terdiri dari tanaman herbal, bumbu dapur, dan buah-buahan.

Bahan-bahan ini aman dan ampuh untuk mengobati sakit gigi seperti nyeri, sensitif, dan berlubang. Manfaat ini berasal dari sifat antiseptik, antibakteri, antioksidan, antiinflamasi, dan analgesik yang dimilikinya.

Jika sakit gigi yang dirasa belum juga pulih setelah menggunakan obat sakit gigi alami, lakukan pemeriksaan. Terapkan juga kebiasaan sehat lain sebagai penunjang kesehatan gigi.

Berikut Liputan6.com ulas obat sakit gigi alami dari berbagai sumber, Jumat (13/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Obat Sakit Gigi Alami

Garam

Garam bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Sodium yang tinggi pada garam dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptik alami bau kesehatan mulut.

Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi.

Jeruk

Asam dalam lemon dan jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, lemon dan jeruk nipis juga bersifat antibakteri. Hal inilah yang membuat jeruk bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami.

Sifat ini sangat efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.  Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

Thyme

Thyme dikenal dapat mengurangi rasa sakit pada gigi dan cocok dijadikan sebagai obat sakit gigi alami. Komponen utamanya yang disebut timol memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat. 

Untuk menggunakanya, teteskan minyak esensial thyme ke kapas, lalu oleskan ke daerah yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa meneteskan minyak tersebut ke dalam segelas air untuk berkumur. 

3 dari 7 halaman

Obat Sakit Gigi Alami

Belimbing Wuluh

Rasa asam yang ada dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri. Antibakteri ini terbilang efektif dalam membasmi bakteri dalam mulutmu.

Hal ini yang membuatnya bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Cukup tumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh cocok dijadikan sebagai obat sakit gigi alami. Minyak ini efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Cengkeh mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menggunakannya, teteskan minyak cengkeh pada kapas yang bersih, kemudian tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Minyak ini bisa dibeli di apotek atau toko obat. 

4 dari 7 halaman

Obat Sakit Gigi Alami

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bersifat antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Hal inilah yang membuat daun jambu biji efektif menghilangkan rasa sakit pada gigi berlubang dan redakan nyut-nyutan.

Hal yang perlu dilakukan sebagai penerapan obat sakit gigi alami hanya mengunyah jambu biji. Bisa juga dengan merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur. 

Daun Sirih

Daun sirih merupakan resep tradisional sejak zaman nenek moyang yang terbukti ampuh atasi gigi berlubang. Hal inilah yang membuatnya cocok dijadikan sebagai obat sakit gigi alami.

Daun sirih ini berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan sebagai antiseptik alami. Kamu bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur

Bawang

Bawang merah dan bawang putih mengandung antiseptik alami. Antiseptik ini efektif membunuh kuman di mulut dan gigi. Hal inilah yang menjadikan bawang bisa untuk obat sakit gigi alami.

Cukup tumbuk halus 1 siung bawang merah atau bawang putih. Kemudian tambahkan dengan sdt garam. Jika sudah, tempelkan pada gigi berlubang yang sakit. Pastikan ramuan ini tidak menyumpal pada gigi berlubang nantinya.

5 dari 7 halaman

Obat Sakit Gigi Alami

Cuka Apel

Cuka apel pun bisa dipakai untuk menyembuhkan gigi berlubang. Paling tidak, membantu meredakan rasa nyerinya. Hal ini disebabkan karena ada kandungan antimikroba dan antibakteri di dalamnya.

Penerapan obat sakit gigi alami ini juga mudah. Cukup larutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Lalu gunakan untuk berkumur. Jika tak suka berkumur, bisa gunakan kapas yang ditetesi cuka. Kemudian terapkan pada bagian gigi yang berlubang dan nyeri.

Asam Jawa

Asam Jawa juga merupakan salah satu bahan alami yang cocok untuk obat sakit gigi alami. Hal ini disebabkan karena sifat antiseptik alaminya. Mengatasi sakit gigi dengan asam Jawa adalah dengan menyangrai biji asam jawa. Jika sudah tempelkan pada gigi yang sakit. 

 

6 dari 7 halaman

Obat Sakit Gigi Alami

Merica

Merica pun bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Hal ini disebabkan karena merica bersifat antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Caranya adalah dengan mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang berlubang.

Serai

Tak hanya cocok digunakan sebagai bumbu dapur. Serai pun cocok digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Bahkan serai dapat digunakan untuk mencegah pembengkakan gusi.

Caranya dengan merebus dua tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang. Kemudian gunakan untuk berkumur.

Jahe

Jahe memang rempah yang kaya manfaat. Tak hanya cocok untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Jahe pun cocok digunakan untuk obat sakit gigi alami.

Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut dan gigi. Caranya parut 1 buah jahe dan peras airnya. Lalu gunakan air perasan jahe untuk berkumur. 

 

7 dari 7 halaman

Obat Sakit Gigi Alami

Es Batu

Tak ada yang menyangka ternyata es batu bisa bantu atasi gigi berlubang. Cara menerapkannya juga sangat mudah. Hanya perlu mengompres bagian nyeri dengan es batu.

Suhu dingin yang dihasilkan es batu mampu mengebaskan saraf gigi. Hingga pada akhirnya bisa menghilangkan rasa nyerinya. Kompres paling tidak 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang.

Lidah Buaya

Gel lidah buaya digunakan beberapa orang untuk meredakan rasa sakit pada gusi. Oleskan sedikit pada daerah yang sakit, kemudian pijat dengan lembut. Hal ini yang menjadikan lidah buaya bisa digunakan untuk obat sakit gigi alami.

Penelitian juga menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami dan dapat menghancurkan kuman yang menyebabkan kerusakan gigi. Oleh karena itu, cara mengatasi sakit gigi dengan lidah buaya dapat dilakukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini