Sukses

Arti Barakallah Fii Umrik dan Contoh Ucapan Ulang Tahun yang Islami

Penjelasan arti barakallah fii umrik beserta contoh penggunaannya.

Liputan6.com, Jakarta Ucapan “Barakallah Fii Umrik” tentu saja sudah tidak asing lagi bagi Anda. Bagi umat muslim, ucapan ini kerap kali dilontarkan di momen pertambahan usia seseorang atau ulang tahun.

Namun, sebenarnya apakah arti barakallah fii umrik itu? Ucapan ini sebenarnya berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti semoga keberkahan selalu Allah limpahkan pada usiamu. 

Arti Barakallah fii umrik memiliki makna yang mendalam sekaligus menjadi doa yang baik bagi orang yang berulangtahun. Jika mendapatkan ucapan ini, maka Anda bisa membalasnya dengan ucapan “wa fiika barakallah” untuk laki-laki, dan ‘wa fiiki barakallah’ untuk perempuan, yang artinya yakni semoga Allah juga memberkahimu.

Berikut ini merupakan penjelasan lebih lengkap tentang arti barakallah fii umrik beserta contoh penggunaannya dalam mengucapkan selamat ulang tahun secara islami. Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (13/11/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penjelasan arti barakallah fii umrik

Sebagai seorang umat Islam, seseorang sudah sepantasnya untuk senantiasa memanfaatkan usia dan waktu yang diberikan oleh Allah SWT dengan tujuan yang baik. Selain agar dapat berkah dari Allah SWT, juga dapat memberikan manfaat untuk diri sendiri dan sesama makhluk hidup di dunia ini.

Maka dari itu, untuk memberikan ucapan ulang tahun secara islami kepada kawan atau keluarga sesama umat muslim, Anda bisa menggunakan ucapan “barakallah fii umrik”, namun sebelum menggunakannya, ada baiknya untuk memahami arti barakallah fii umrik terlebih dahulu.

Seperti yang telah disebutkan secara singkat di atas, arti barakallah fii umrik adalah tidak hanya untuk pengganti ucapan selamat ulang tahun, melainkan juga dapat menjadi doa yang baik. Arti barakallah fii umrik yakni  secara tidak langsung juga telah mendoakan agar mereka selalu diberi limpahan rahmat dan berkah oleh Allah SWT, terutama di dunia yang hanya sementara ini.

 

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Ulang Tahun dengan Makna Islami

1. Barakallahu fii umrik, semoga di umurmu sekarang ini kamu diberkahi oleh Allah SWT. Milad Mubarak.

2. Selamat Ulang Tahun wahai soohibuni, semoga selalu diberi umur yang berkah, sehat selalu dan bahagia di dunia dan akhirat.

3. Barakallahu fii umrik ukhti (saudara perempuan). Semoga selalu diberi kesehatan, selalu diberi umur yang berkah, dan sukses selalu, aminn.

4. Happy Milad Sahabatku, Semoga kamu bisa menjaid pribadi yang lebih bertaqwa lagi, dan semoga engkau selalu diberikan rezeki yang berlimpah serta keselamatan di dunia dan akhirat nanti.

5. Tidak ada nikmat yang paling indah selain umur yang panjang dan berkah yang telah tuhan berikan untukmu. Semoga di usia mu yang sekarang umur mu semakin berkah dan segala yang anda cita-citakan bisa terwujud.

 

 

4 dari 5 halaman

Kata-kata ucapan ulang tahun untuk anak laki-laki

6. "Selamat ulang tahun Nak! Semoga engkau menjadi lebih baik, lebih sholeh,dan bisa menjadi kebanggaan bagi kami berdua. Doa tulus ayah bunda menyertai langkahmu."

7. "Selamat ulang tahun jagoan kecilku. Jadilah anak yang soleh, pintar, dan membanggakan. Ayah dan ibu sangat menyayangimu. Selamat ulang tahun, nak. Semoga dengan bertambahnya usiamu ini, bertambah pula ketakwaanmu kepada Allah SWT, semoga Allah juga selalu menyayangimu."

8. "Barakalloh anakku. Semoga keberkahan menyertai perjalanan usiamu. Jadikan mimpi dan harapanmu sebagai pemacu untuk semakin giat belajar. Doaku menyertai setiap langkahmu!"

9. "Barakallah fii umrik, Nak. Semoga Allah memberkahi sisa umurmu sehingga engkau dapat menjadi pribadi yang lebih baik, lebih soleh, dan lebih beruntung di tahun-tahun yang akan datang. Jangan lupa ibadah dan doakan ayah bundamu di setiap waktu.”

10. "Selamat ulang tahun jagoan Bunda, semoga kamu menjadi anak yang hebat, di sekolah mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan mendapatkan prestasi yang baik. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan karunia-Nya agar kamu senantiasa menjadi menjadi anak soleh."

 

 

5 dari 5 halaman

Kata-kata ucapan ulang tahun untuk anak perempuan

11. "Untuk Puteri yang amat aku sayangi. Selamat ulang tahun. Semoga engkau semakin cantik dan berprestasi. Jangan lupa untuk senantiasa mensyukuri apa yang diberikan oleh-Nya. Tambah rajin belajar yang sayangku."

12. "Putri ayah yang paling cantik, semoga bertambahnya usiamu saat ini akan menjadikan engkau semakin dewasa, cantik dan taat kepadaNya."

13. "Untuk putriku, terima kasih sudah membuat ayah dan ibu bahagia. Selamat ulang tahun sayang. Semoga engkau lebih berbakti kepada ayah dan ibu. Menjadi sosok terbaik yang rajin menolong sesama. Dan jangan lupa untuk menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain. Ayah dan ibu akan selalu memberikan cinta untukmu."

14. "Untuk buah hati ibu tersayang, kebahagiaan dan senyuman yang engkau miliki membuat kami lebih kuat. Semua yang terbaik untuk kehidupan dan masa depanmu akan ibu berikan. Kami berharap engkau menjadi anak lebih baik dan sholihah dengan bertambahnya usiamu saat ini. Selamat ulang tahun ya sayang."

15. "Anakku sayang, selamat ulang tahun untukmu. Dalam usia remajamu, akan banyak aral dan godaan yang menanti di depan.t Teruslah maju, gapailah cita-citamu. Ayah dan ibu pasti berdoa dan mendukung langkahmu mengejar impianmu."

16. "Untuk anak ibu yang tercantik, selamat ulang tahun ya. Semoga engkau semakin baik dan menjadi putri yang dewasa serta mandiri. Semoga apa yang menjadi cita-cita dan harapanmu diberkahi ya sayang."

17. "Teruntuk buah hati yang amat kami cintai, semoga seiring dengan bertambahnya usiamu engkau juga diberikan tambahan rezeki dan kebaikan. Semoga engkau selalu menjadi putri cantikku yang bahagia."

18. "Untuk putriku tersayang yang saat ini ulang tahun. Ibu sengaja memberi hadiah terbaik untukmu. Semoga engkau suka. Harapan ibu, semoga engkau semakin cantik, baik dan pintar dalam kehidupan ini."

19. "Selamat ulang tahun sayang. Semoga bertambahnya usiamu menjadikan engkau semakin dewasa, pintar dan menjadi kebanggaan keluarga. Semoga sehat selalu ya sayang."

20. "Putri ayah tercinta, selamat ulang tahun ya. Semoga engkau semakin sholihah dan disayang oleh Allah. Sehat selalu ya putri dambaanku."

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini