Sukses

Mencari Alasan Lirik dari Band Exist, Lengkap dengan Chord dan Maknanya

Lagu mencari alasan dari band Exist masih eksis hingga sekarang.

Liputan6.com, Jakarta Mencari Alasan lirik merupakan lagu yang masih cukup banyak dicari hingga saat ini. Mencari alasan merupakan sebuah judul lagu yang populer di tahun 90-an. Mencari Alasan lirik banyak diputar di radio-radio di Tanah Air.

Mencari Alasan lirik merupakan lagu yang dibawakan oleh Exists, band asal Malaysia pada tahun 90-an. Meski sudah lebih dari 20 tahun berlalu, Mencari Alasan lirik masih terus dicari.

Mencari Alasan lirik begitu dikagumi para pencinta musik 90-an. Mencari Alasan lirik kerap dibawakan bersama iringan gitar yang syahdu. Chord Mencari Alasan pastinya cocok untuk kamu yang sedang bersantai bermain gitar sambil bernostalgia ke era 90-an.

Berikut mencari Alasan lirik lengkap dengan chord gitarnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(16/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal band Exist

Exists merupakan grup band asal Malaysia yang populer di tahun 90-an. Di Indonesia, band ini menjadi idola banyak remaja. Exists muncul pertama kali pada tahun 1991 dengan beranggotakan 6 musisi remaja. Anggota grup ini berumur rata-rata 13 hingga 19 tahun.

Pada awal kemunculannya Exists masih menggunakan nama Exist sebelum akhirnya di tahun 1997 mereka memutuskan untuk menambahkan huruf S di nama band.

Para personel awal dari Exists adalah Mamat (Vokal), Musa (Bass), Along (Gitar), Ujang (Dram), Shah (Gitar) dan Ajai (Keyboard). Di tahun 1991 Mamat dan kawan-kawan sukses meraih popularitas dengan album perdana bertajuk Exist.

3 dari 6 halaman

Lagu Mencari Alasan

Kepopuleran Exists di Indonesia tak lepas dari lagu hitsnya yang berjudul Mencari Alasan. Album bertajuk 'Diammu Gunung Berapi' yang melejit di Indonesia membuat band ini makin dikenal.

Dengan lagu andalan berjudul 'Alasanmu (Mencari Alasan)' mereka meramaikan industri musik tanah air yang di masa itu memang diwarnai banyak musisi Malaysia.

Lagu Mencari Alasan lirik mengisahkan tentang gambaran kekecewaan seseorang akibat berpisah dengan kekasihnya. Alih-alih menceritakan ratapan kegalauan, lagu ini justru memberi gambaran bahwa perpisahan terkadang memberi hikmah tersendiri.

Lagu ini bercerita tentang betapa bersyukurnya seseorang yang telah berpisah dengan kekasihnya. Ini berarti bahwa mereka lebih baik tidak bersama dan perpisahan tersebut memberi ketenangan pada orang tersebut.

4 dari 6 halaman

Mencari Alasan lirik dan chordnya

Berikut Mencari Alasan lirik serta chordnya:

Intro: C Em F G

Am Em

Ikhlasnya hati seringkali disalah arti

Am G

Tulusnya cinta tidak pernah engkau hargai

C Em

Berlalu pergi dengan kelukaan ini

F G

Ku mengalah ku bersalah

(*) 

Am Em

Berpaling muka bila saling bertatap mata

Am G

Seolah kita tiada pernah saling mencinta

C Em

Mencari sebab serta mencari asalan

F G C

Supaya tercapai hasratmu

Reff:

G C

Manis di bibir, memutar kata

F

Malah kau tuduh akulah

G

Segala penyebabnya

Em F

Siapa terlena pasti kan terpana

G

Bujuknya rayunya suaranya

C E

Yang menyimpan simpati dan harapan

(#) 

C G

Engkau pastinya tersenyum

F C

Dengan pengunduran diriku

F C G C

Tetapi bagi diriku suatu ketenangan

   C G

Andainya kita terus bersama

F C

Belum tentu kita bahagia

F C G C

Selama tidak kau rubah cara hidupmu

Am Em

Ada baiknya kita tidak lagi bersama

Am G

Terasa jauh diriku ini dengan dosa

C Em

Aku tinggalkan walau tanpa kerelaan

F G C

Yang nyata kau tidak berubah

Interlude: C Em F G C G

Kembali ke: (*), REFF, (#)

Kembali ke: (*), Reff, (#)

D A

Katakan apa yang kau ingin

G D

Selagi kau dapat berkata

G D A D

Memang begini sikapmu semenjak dahulu

A

Andainya kita terus bersama

G D

Belum tentu kita bahagia

G D A D

Selama tidak kau rubah jalan hidupmu

 

5 dari 6 halaman

Makna Mencari Alasan lirik

Ada makna dibalik Mencari Alasan lirik. Dalam lirik mencari alasan dari Exist ingin menyatakan sebuah perpisahan. Perpisahan yang sebenarnya tak diinginkan. Namun sayangnya, satu hati tak sejalan lagi dan menuntun pada kata perpisahan yang membuat luka begitu mendalam dan tak terperikan.

Perpisahan bukan berarti tak mempertemukan dua insan yang sempat saling ungkap perpisahan. Hanya saja pertemuan itu tak lagi bermakna sama. Tak ada lagi tatap mata penuh bahagia, bahkan untuk saling bertatap saja sudah tak bisa.

Perpisahan ini bukan aku yang menjadi penyebabnya. Tapi kau yang menuduhku bahwa akhir hubungan ini karna kau tak tahan dengan diriku. Seharusnya kau mengerti, semua ini bukan salahku. Kau yang memutuskan pergi dan tak lagi ingin membersamaiku.

Seharusnya kau mengerti, bahwa sebenarnya kau hanya ingin mencari alasan untuk pergi. Selama ini kau memang ingin pergi, kau hanya menunggu saat yang tepat untuk lebih mantap dengan perpisahan ini.

Kini aku mengerti, berpisah denganmu memang harus terjadi. Seandainya aku terus bertahan, kau akan selalu ungkap perpisahan. Begitupun hubungan ini tak akan diliputi dan berakhir dengan kebahagiaan yang setiap pasangan inginkan.

 

6 dari 6 halaman

Exists yang populer di Indonesia

Di tahun 1993, Exist memutuskan untuk pindah label dari JOJO's Production ke BMG Music. Hal ini berimbas dari hengkangnya vokalis mereka yaitu Mamat yang tak ingin pindah label. Posisi vokalis akhirnya digantikan oleh Ezad.

Setelah berganti vokalis Exists kemudian merilis album bertajuk 'Diammu Gunung Berapi' pada tahun 1995. Album ini meledak di pasaran hingga masuk ke pasar Indonesia dengan rekor penjualan sebesar 600.000 keping.

Setelah kepopulerannya yang melesat, Exists merilis album ke-4 yang berjudul Jangan Gentar (1997). Setahun kemudian muncul album ke-5 yang berjudul Mutan (1998) dengan lagu andalannya berjudul Dirantai Digelangi Rindu.

Masuk tahun 2000-an Exists mengeluarkan album Best Of Exists dengan satu lagu baru berjudul 'Bunga'. Tahun 2003 merupakan tahun mereka mengeluarkan album studio mereka yang ke-9 berjudul Seperti Dulu dengan lagu hits Seperti Dulu.

Album-album selanjutnya yang mereka keluarkan adalah Paragon (2004), Special Edition (2006), Hit Rakaman Semula (2007), dan Keunggulan (2008).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.