Sukses

6 Kelebihan Samsung S7 Edge dan Kekurangannya, Lengkap dengan Spesifikasi dan Harga

Samsung S7 Edge punya banyak keunggulan menarik.

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan Samsung S7 Edge bisa jadi bahan pertimbangan sebelum membeli smartphone ini. Samsung sebagai brand smartphone terkemuka memiliki beragam jenis smartphone yang memanjakan penggunanya. Samsung S7 Edge merupakan salah satu yang cukup banyak diminati.

Pada awal kemunculannya, banyak yang ingin menikmati kelebihan Samsung S7 Edge ini. Meski sudah banyak seri-seri smartphone Samsung terbaru, tak sedikit orang yang masih mempertimbangkan kelebihan Samsung S7 Edge.

Kelebihan Samsung S7 Edge meliputi spesifikasi yang diberikan pada smartphone kelas atas ini. Kelebihan Samsung S7 Edge bisa dilihat dari kinerja prosesor, fitur, hingga kamera. Selain, kelebihan Samsung S7 Edge, penting juga mengetahui kekurangannya.

Berikut kelebihan Samsung S7 Edge, kelemahan, dan spesifikasi lengkapnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(16/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Spesifikasi Samsung S7 Edge

Sebelum mengetahui kelebihan Samsung S7 Edge, ada baiknya mengetahui spesifikasi yang dimiliki smartphone ini. Samsung S7 Edge pertamakali dirilis pada bulan Maret 2016. Samsung S7 Edge menjadi salah satu unggulan seri S kala itu.

Samsung S7 Edge memiliki chipset Exynos 8890 Octa yang setara dengan Snapdragon 820, CPU Octa-Core dan RAM 4GB. Adapun untuk ruang simpan data internal S7 Edge memberikan opsi kapasitas 32 GB atau 64 GB. Sementara itu untuk sistem operasi, Samsung S7 Edge sudah berjalan dengan OS Android Versi 6.0 Marshmallow.

Layar yang digunakan juga masih tetap super AMOLED yang merupakan kebanggaan Samsung, namun berbeda dimensi. Samsung Galaxy S7 Edge memiliki layar 5.5 inci serta melengkung di sisi kiri dan kanan. Lengkungan tersebut, memungkinkan pengguna untuk melihat notifikasi yang masuk. Sisi kanan dan kiri layar, juga diberikan fitur untuk menambahkan shortcut aplikasi.

Samsung S7 Edge ini memiliki daya sebesar 3600 mAh. Kapasitas baterai ini sudah dilengkapi fitur fast dan wireless charging.

Untuk kamera, kamera depan Samsung S7 Edge menawarkan 5 MP dengan bukaan f/1.7. Sedangkan pada kamera belakang Dual Pixel 12 MP dengan bukaan f/1.7 dan Smart Optical Image Stabilizer.

3 dari 7 halaman

Kelebihan Samsung S7 Edge

Memiliki layar dengan berbagai pintasan

Salah satu kelebihan Samsung S7 Edge yang diunggulkan adalah layarnya. Layar cekung Samsung Galaxy S7 Edge bisa dimanfaatkan sebagai akses instan. Dengan fitur ini, pengguna diberi 9 panel yang berfungsi sebagai akses instan ke aplikasi atau fitur yang dibutuhkan.

Fitur Edge

Samsung S7 Edge dilengkapi dengan Edge Panel untuk menaruh berbagai tombol pintas ke beberapa aplikasi hingga 10 tombol. Pengguna bisa mengatur urutan panel pintasan yang ditampilkan dengan membukanya di Settings > Edge Screen > Edge Panel.

Selain fitur Edge, pengguna juga bisa menampilkan berita, kalender, dan prakiraan cuaca. Akses instan, juga mencakup menulis memo, membuka aplikasi pesan favorit.

4 dari 7 halaman

Kelebihan Samsung S7 Edge

Fitur penggaris digital

Kelebihan Samsung S7 Edge yang cukup menarik adalah adanya fitur penggaris digital. Dengan layar canggih yang dimilikinya, pengguna bisa membuka peralatan penting seperti penggaris, senter, hingga kompas.

Fitur Always On Display (AOD)

Samsung Galaxy S7 Edge juga memiliki fitur yang disebut dengan Always On Display (AOD). Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengetahui sejumlah informasi terbaru tanpa perlu menyalakan layar smartphone.

Fitur AOD membuat penggunanya bisa melihat notifikasi pesan atau sekedar jam tanpa perlu membuka ponsel sama sekali.

5 dari 7 halaman

Kelebihan Samsung S7 Edge

Sensor sidik jari

Samsung Galaxy S7 Edge juga sudah dilengkapi sensor sidik jari. Fitur ini menjadi fitur wajib bagi banyak smartphone kelas atas. Dengan sensor sidik jari, keamanan dan privasi pengguna jadi lebih terjaga.

Tahan air dan debu

Salah satu kelebihan Samsung S7 Edge yang istimewa adalah ponselnya yang tahan air dan debu. Samsung galaxy s7 edge sudah mengantongi sertifikat tahan air dan debu rating IP68. Ini membuat smartphone ini dapat bertahan jika terkena air dan dari debu.

6 dari 7 halaman

Kelemahan Samsung S7 Edge

Desain yang ketinggalan zaman

Dibanding dengan smartphone keluaran baru saat ini, desain dari Samsung S7 Edge cukup ketingalan zaman. Saat ini smartphone lebih populer dengan desain tanpa bezel. Sementara Samsung S7, masih memiliki bezel di bagian atasnya. Ini membuat Samsung S7 Edge kalah saing dengan desain smartphone terbaru lainnya.

Kamera depan hanya 5 MP

Kekurangan dari Samsung S7 Edge selanjutnya adalah dari sisi kamera. Kamera depan dari Samsung S7 Edge hanya memiliki resolusi 5 MP. Ini cukup tertinggal dengan smartphone keluaran terbaru lainnya yang memiliki kualitas kamera lebih tinggi.

Kapasitas baterai

Selain desain dan kamera, kelemahan yang dimiliki Samsung S7 Edge adalah kapasitas baterainya. Meski sudah cukup mumpuni dengan kapasitas baterai 3600 mAh, kapasitas baterai ini cenderung tertinggal dari smartphone keluaran terbaru saat ini. Rata-rata, kapasitas baterai smartphone saat ini bisa mencapai 4000 hingga 6000 mAh.

7 dari 7 halaman

Harga Samsung S7 Edge

Pada awal kemunculannya, Samsung S7 Edge kondisi baru, dibanderol pada kisaran Rp 8 jutaan. Kini Samsung sudah tak menjual Samsung S7 Edge lagi. Namun, beberapa toko offline maupun online terpantau masih menjual Smartphone ini.

Harga Samsung S7 Edge bekas saat ini terpantau berada di kisaran Rp 3 juta sampai 2 jutaan tergantung dengan kondisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini