Sukses

7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur Agar Asupan Gizi Tetap Terjaga

Cara mengatasi anak susah makan sayur mungkin menjadi salah satu kesulitan yang dirasakan orang tua.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi anak susah makan sayur mungkin menjadi salah satu kesulitan yang dirasakan orang tua. Pasalnya, rasa sayuran tidak seenak daging, ayam, ataupun buah. Padahal, anak memerlukan konsumsi sayuran agar mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. 

Sayur merupakan salah satu asupan gizi penting yang harus dikonsumsi buah hati setiap harinya. Misalnya saja, kandungan serat yang terkandung dalam makanan, bermanfaat untuk melancarkan saluran cerna sehingga dapat mencegah dan mengatasi konstipasi pada anak. Konstipasi merupakan salah masalah yang cukup sering terjadi pada anak.

Cara mengatasi anak susah makan sayur perlu diterapkan orang tua dengan pantang menyerah. Apalagi, sayur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/11/2020) tentang cara mengatasi anak susah makan sayur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Menjelaskan Manfaat Sayur

Cara mengatasi anak susah makanan sayur pertama adalah dengan menjelaskan manfaatnya. Hal ini penting dilakukan agar anak mengerti apa saja manfaat makan sayur.

Contohnya, kamu bisa jelaskan kalau makan sayur bisa mencegah ia dari sembelit dan bermanfaat baik untuk kesehatan tubuhnya. Jelaskan juga makan sayur bisa membuat badannya lebih kuat serta makin pintar saat bermain dan belajar.

Membujuk dengan Sayuran Kesukaan

Selain itu, orang tua juga bisa membujuk anak makan sayur dimulai dari jenis yang paling disukainya. Pada awalnya, berikan anak jenis sayur yang ia senangi misalnya bayam atau wortel, serta masak sayur sesuai yang ia senangi, misalnya dengan direbus atau ditumis.

Hindari sayuran yang jika dimakan memiliki rasa pahit atau teksturnya keras dan alot, karena biasanya anak tidak suka. Selanjutnya jika anak sudah mulai suka makan sayur, barulah kamu dapat memberikan jenis atau olahan sayur lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Mengajaknya saat Memilih dan Memasak Sayur

Cara mengatasi anak susah makan sayur selanjutnya adalah dengan mengajaknya memilih dan mengolah sayur. Kamu bisa mengajak anak untuk membeli sayuran ke pasar, dan biarkan dia memilih sayuran yang menarik perhatiannya.

Kemudian, mintalah anak untuk membantu mencuci dan memotong sayur, kemudian libatkan dia saat memasak. Dengan begitu, ia akan dengan bangga memakan sayur yang dipilih dan diolahnya sendiri.Memasak bersama juga dapat menggugah selera makannya.  

Padukan Sayur dengan Makanan Kesukaannya

Memadukan sayur dengan makanan kesukaannya juga dapat dijadikan cara mengatasi anak susah makan sayur. Anak mungkin tidak suka makan sayur yang direbus atau dikukus karena rasanya pahit atau hambar. Namun, bila dipadukan dengan makanan favoritnya, sayur akan terasa lebih enak dan anak-anak mungkin akan menyukainya.

Misalnya, blender sayuran, lalu campurkan ke dalam daging ayam dan tepung untuk dibuat nugget atau bakso. Secara tidak langsung ia akan makan sayur dalam wujud yang berbeda.

Sementara untuk anak yang masih balita, kamu dapat memberikan bubur dengan campuran sayur dan bahan-bahan lain, seperti daging ayam atau keju agar rasanya enak.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Membuat Kreasi Makanan dari Sayur

Kreasikan sayur menjadi bentuk-bentuk benda unik yang menarik sehingga anak tertarik untuk memakannya. Misalnya, kamu bisa gunakan brokoli, asparagus, wortel, dan juga paprika.

Satukan semua sayuran menggunakan tusuk sate. Panggang sate sayuran, dan tambahkan saus kesukaan anak. Bentuk atau sajian yang unik dapat membuat anak jadi mau makan sayur.

Kamu juga bisa memotong kentang dan wortel menggunakan cetakan khusus dengan bentuk yang lucu.

Memberikan Contoh

Makan sayur bersama anak juga merupakan cara ampuh agar ia mau makan sayur. Saat anak makan, dampingi ia dan berikan contoh bahwa kamu juga makan sayuran yang sama.

Kamu juga bisa membuat anak tergiur, misalnya dengan mengatakan bahwa sayurannya punya rasa lezat. Tentunya anak tidak akan berminat mengonsumsi sayur jika ia melihat ayah dan ibunya juga tidak suka makan sayur. Anak juga bisa termotivasi untuk makan sayur saat ia melihat teman-temannya juga makan sayur.

Puji saat Anak Sudah Makan Sayur

Memberikan pujian juga merupakan salah satu cara mengatasi anak susah makan sayur yang ampuh. Sebagai bentuk penghargaan dan untuk menyemangatinya, jangan lupa berikan pujian setiap kali anak sudah mengonsumsi sayur.

Namun ingat, jangan memberikan anak makanan yang tidak sehat sebagai hadiah karena sudah mau makan sayur. Jika kamu mengatakan bahwa setelah mengonsumsi bayam ia boleh makan kentang, maka hal ini akan menyebabkan ia lebih tertarik makanan kentang daripada bayam. Hal ini membuatnya akan terus memilih bayam di kemudian hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.