Sukses

9 Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan, Dapat Menurunkan Kolesterol

Berbagai manfaat daun suji untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sering memasak, tentu sudah tidak asing lagi dengan daun suji. Daun satu ini memang seringkali digunakan sebagai pewarna makanan alami yang berwarna hijau. Sehingga membuat makanan nampak lebih sedap dipandang mata.

Secara fisik, daun suji ini kerap disandingkan dengan daun pandan. Bahkan ada pula orang yang kesulitan untuk membedakan keduanya. Meskipun sama-sama dapat digunakan sebagai bahan pewarna makanan, namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. 

Ternyata selain digunakan sebagai pewarna makanan, daun suji juga masih memiliki manfaat yang lain. Sejak dahulu, daun suji ternyata banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional. Hal ini lantaran daun suji memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh.

Jika dikonsumsi secara rutin, daun suji dapat meningkatkan produksi asi, meningkatkan nafsu makan, hingga mengatasi masalah kewanitaan. Selain itu, daun suji juga disebut memiliki potensi untuk melawan kanker leukimia.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat daun suji yang jarang diketahui oleh orang, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (16/11/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan

1. Mengandung banyak nutrisi

Dalam daun suji mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya yakni kandungan klorofil dari daun ini yakni sebanyak satu persen. Sehingga banyak digunakan sebagai pewarna makanan alami. Selain itu, klorofil juga memiliki banyak kandungan untuk kesehatan.

Dalam daun suji juga mengandung zat fitokimia yang dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh serta melawan berbagai macam penyakit. Zat fitokimia yang terdapat pada daun suji ini takni alkaloid, tanin, terpenoid, saponon, polifenol, monoterpedoid, sesquiterpenoid, dan glikosida. Tak hanya itu, dalam daun suji juga mengandung zat flavonoid yang dapat berfungsi sebgai antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

2. Meningkatkan Produksi ASI

Bagi anak bayi yang baru saja lahir, Air Susu Ibu (ASI) memiliki peranan yang sangat penting. Maka dari itu, bagi seorang ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi daun suji.

Dengan mengonsumsi daun suji dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Hal ini lantaran daun suji memiliki zat galactagogue yang berfungsi sebagai zat laktasi untuk meningkatkan produksi ASI.

Penelitian tersebut telah didasarkan pada uji coba kepada hewan dan manusia. Sehingga untuk mengatasi gangguan berupa ASI yang tidak lancar, daun suji bisa menjadi salah satu solusinya.

 

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan

3. Mengatasi Keputihan

Bagi wanita, masalah keputihan merupakan salah satu penyakit yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika mengalami keputihan, seorang wanita akan cenderung merasa tidak percaya diri.

Maka dari itu, untuk mengatasi keputihan, Anda dapat menggunakan daun suji. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa daun suji memiliki sifat antibakteri yang dapat meredakan masalah keputihan yang berlebihan. 

Selain itu, dalam daun suji ini juga memiliki kandungan yang dapat berfungsi sebagai antijamur yang efektif. Dengan begitu, Anda bisa mencoba konsumsi daun suji jika memiliki masalah keputihan yang mengganggu. 

4. Mengatasi Disentri

Kandungan dalam daun suji ternyata juga dapat mengatasi masalah disentri. Dalam daun suji terdapat kandungan antibakteri sehingga dapat mengatasi bakteri yang dapat menyebabkan gejala disentri atau radang susu yang umumnya disertai kondisi diare berdarah. Selain itu, sifat antibakteri yang terkandung pada daun suji juga dapat mengatasi beberapa masalah pencernaan lainnya.

 

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Ketika ada banyak orang yang menginginkan badan kurus, ada pula orang yang menginginkan badan yang lebih berisi. Orang-orang yang memiliki keinginan untuk punya badan berisi biasanya adalah orang yang memiliki gangguan dengan nafsu makan rendah.

Memiliki nafsu makan rendah membuat seseorang sulit untuk menaikkan berat badan. Maka dari itu, daun suji dapat menjadi salah satu solusinya. Dengan mengonsumsi rebusan daun suji dipercaya dapat mengatasi kurangnya nafsu makan.

6. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat dari daun suji untuk kesehatan yang tak dapat dilewatkan yakni daun ini dapat menurunkan kolesterol. Daun suji dapat memberikan aktivitas hipokolesterolemik yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kandungan klorofil yang cukup tinggi pada daun suji.

 

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan

7. Asma dan Gangguan Pernapasan

Selain bermanfaat bagi sistem pencernaan, daun suji juga dapat mengatasi masalah pernapasan. Untuk mengatasi asma dan gangguan pernapasan ini, Anda bisa mengonsumsi air perasan daun suji rebus secara teratur, tentu saja setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter.

8. Mengobati Gonore

Gonore merupakan penyakit menular seksual (PMS) yang terjadi ketika seseorang berhubungan seksual tanpa alat pengaman. Daun suji ternyata memiliki kandungan antibakteri yang dapat membantu untuk mengatasi infeksi PMS gonore. Dalam penelitian tersebut, daun suji digabungkan dengan tectaria crenata sejenis tanaman paku. Ternyata hasilnya membuktikan bahwa daun suji dapat mengatasi gonore. Meski demikian masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

9. Mengobati Leukemia

Terakhir, salah satu manfaat dari daun suji yakni daun ini memiliki potensi untuk mengobati leukimia. Daun suji dinilai mempunyai zat antioksidan tinggi yang berguna untuk mengembalikan kondisi jaringan normal.

Hal ini tidak lain didapatkan dari kandungan alkaloid, flavonoid, terpenoid, tanin, saponin, polifenol, dan beberapa antioksidan lainnya. Meskipun begitu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun suji sebagai obat herbal.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini