Sukses

10 Cara Mengobati Cantengan yang Ringan sampai Bernanah, Mudah Dilakukan

Cara mengobati cantengan ini menggunakan bahan alami dan medis sederhana.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui berbagai macam cara mengobati cantengan penting sekali. Agar saat mengalami, infeksi dan pembengkakan akibat cantengan bisa segera dipulihkan. Cantengan biasanya terjadi karena kuku bagian tepi tumbuh terlalu dalam di kulit.

Ketika mengalami, penderita cantengan bisa merasakan nyeri yang sangat hebat. Gejala ringannya, bengkak dan nyeri. Saat sudah parah, bisa sampai infeksi dan menyebabkan keluarnya nanah. Oleh karena itu cara mengobati cantengan perlu untuk disimak.

Cara mengobati cantengan ini menggunakan bahan alami dan medis sederhana. Bahan alami bisa untuk mengobati cantengan karena sifat antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasinya. Mampu menghambat peradangan dan infeksi parah.

Sementara bahan medis sederhananya pakai perban, kapas, dan benang. Bahan ini bisa membantu memisahkan kuku dan kulit yang mengalami pembengkakan. Pemisahan ini akan sangat memudahkan pemotongan kuku yang tumbuh terlalu dalam. Hingga kemudian, nanah bisa dengan mudah dikeluarkan.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengobati cantengan dari berbagai sumber, Selasa (17/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengobati Cantengan

Cuka Apel

Cuka apel bisa dijadikan sebagai antiseptik alami karena mengandung antimikroba dan antibakteri. Antiseptik inilah yang mampu membasmi bakteri penyebab cantengan. Bahkan beberapa peneliti juga merekomendasikan penggunaannya untuk cantengan.

Cara mengobati cantengan dengan cuka apel sangat simpel. Hanya perlu menyiapkan kapas dan cuka apel secukupnya. Celupkan kapas pada cuka apel dan aplikasikan ke daerah kuku yang terinfeksi atau mengalami cantengan.

Baking Soda

Baking soda bisa mengurangi pertumbuhan bakteri dan meringankan gejala cantengan. Pertumbuhan bakteri ini dihambat dengan memengaruhi pH asam lingkungan tumbuh kembang bakteri.

Cara mengobati cantengan dengan baking soda terbilang cukup gampang karena bahan ini mudah ditemukan. Campurkan baking soda 1 sdt dan beberapa tetes air.

Oleskan pada kuku yang terinfeksi dan mengalami cantengan. Untuk hasil lebih maksimal, lakukan dua hingga tiga kali sehari.

3 dari 6 halaman

Cara Mengobati Cantengan

Garam

Garam bisa digunakan untuk mengobati cantengan. Utamanya garam inggris atau epsom. Penerapannya juga mudah, aman, dan ampuh.

Siapkan ember berisi air untuk merendam cantengan. Tambahkan garam epsom secukupnya ke dalam ember dan tunggu sampai larut.

Rendam bagian kuku yang terkena cantengan. Bila merasakan perih, tahan dulu karen itu bagian dari reaksi pemusnahan bakteri. Bagi yang tidak memiliki epsom bisa menggantinya dengan garam biasa.

Tea Tree Oil

Tea tree oil dikenal memiliki kandungan flavonoid tinggi. Flavonoid ini bisa berperan sebagai antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri. Tak heran jika minyak ini cocok untuk mengobati cantengan.

Penerapan cara mengobati cantengan sangat simpel dan mudah. Siapkan wadah berisi air 1 sdm dan tambahkan beberapa tetes tea tree oil. Campur dan oleskan pada sela kuku yang mengalami cantengan.

 

4 dari 6 halaman

Cara Mengobati Cantengan

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Kali ini bisa dipakai untuk mengobati cantengan. Manfaat ini berasal dari sifat antiseptik dan antibakteri yang dimilikinya.

Penggunaan lidah buaya bisa membantu mengurangi inflamasi akibat cantengan. Penerapan cara mengobati cantengan dengan lidah buaya mudah sekali.

Siapkan lidah buaya yang sudah dikupas sebagian kulitnya. Bersihkan dengan air mengalir sampai kotorannya hilang. Oleskan pada bagian cantengan dan tutup dengan perban. Hasilnya akan nampak setelah 24 jam kemudian.

Perban

Perban bisa dipakai untuk mengobati cantengan. Menghambat infeksi yang bisa membuat kulit iritasi sampai bernanah. Cara mengobati cantengan dengan perban sangat simpel.

Siapkan perban secukupnya untuk cantengan. Balutkan pada kuku yang mengalami cantengan. Bisa juga digunakan untuk memisahkan kuku dari kulit agar mudah dipotong dan tidak memperparah masalah cantengan.

5 dari 6 halaman

Cara Mengobati Cantengan

Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang bisa digunakan untuk mengobati cantengan. Manfaat ini berasal dari sifat antiinflamasi yang dimilikinya. Sifat ini bisa meredakan peradangan dan nyeri yang disebabkan cantengan.

cara mengobati cantengan dengan kunyit memang akan meninggalkan bekas warna kuning. Meski begitu, kunyit ini sangat ampuh dan aman. Hanya perlu menyiapkan kunyit secukupnya.

Parut kunyit yang sudah disiapkan. Panaskan dengan api, lalu oleskan pada bagian yang mengalami cantengan. Pastikan bagian yang akan diolesi sudah dibersihkan.

Lakukan paling tidak dua kali sehari. Cara ini bisa mengempiskan bagian cantengan yang membengkak dan mengelurkan nanah dari dalam kulit kuku.

Benang

Benang bisa bekerja persis seperti perban. Benang akan mengobati cantengan dengan menghambat perkembangan bakteri penyebabnya. Benang juga bisa memisahkan kuku dengan kulitnya untuk memudahkan pemotongan bagian cantengan.

Cara mengobati cantengan dengan benang sangat mudah. Pastikan memakai benang gigi yang tidak memiliki rasa. Lalu terapkan pada kuku dan kulit untuk memotong bagian kuku penyebabnya. Perlahan nanah akan mudah dikeluarkan.

6 dari 6 halaman

Cara Mengobati Cantengan

Kapas

Menempatkan kapas kecil di sela kuku dan kulit cantengan bsia dijadikan upaya pengobatan. Biasanya dokter yang melakukan praktik ini. Kali ini bisa dicoba sendiri dengan hati-hati.

Cara mengobati cantengan dengan kapas akan membantu kuku dan kulit berjarak. Tentu hal ini bisa menghambat infeksi dan peradangan yang semakin parah. Jika perlu, tambahkan cairan antiseptik untuk diselipkan agar lebih maksimal.

Selingi juga dengan perendaman air garam. Tujuannya agar cantengan tidak mengalami pembengkakan parah. Begitu juga nyeri dan nyut-nyutan yang terjadi, bisa diringankan dengan perendaman ini.

Merendam

Lakukan perendaman cantengan sebagai pengobatan. Merendam cantengan bisa membantu menghambat infeksi dan peradangan. Perendaman dilakukan dengan air sabun yang hangat akan lebih menenangkan.

Sabun memiliki sifat antibakteri yang baik untuk menghambat infeksi akibat cantengan. Agar hasilnya bisa maksimal, lakukan perendaman 2-3 kali sehari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.