Sukses

7 Manfaat Sabun Pepaya untuk Kulit, Cerahkan dan Menyehatkan

Liputan6.com, Jakarta Sabun pepaya memiliki sejumlah manfaat baik untuk kulit. Enzim aktifnya, papain, digunakan dalam sabun untuk mengelupas sel kulit mati. Sabun pepaya juga dipercaya sebagai pencerah kulit.

Banyak produk sabun pepaya yang bisa ditemukan di pasaran. Sabun pepaya adalah sabun alami dan lembut yang aman digunakan di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah. Pepaya memiliki nutrisi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Sabun pepaya kaya vitamin C. 

Antioksidan dalam pepaya dapat mengurangi penggelapan kulit yang tidak merata dan merangsang produksi kolagen. Pepaya juga mengandung vitamin A, nutrisi penting lainnya untuk kulit. Vitamin ini meningkatkan produksi sel kulit baru, dan dapat membantu mengurangi bintik hitam, noda, dan bekas luka.

Berikut manfaat sabun pepaya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(17/11/2020).

2 dari 9 halaman

Angkat sel kulit mati

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat mengangkat sel kulit mati. Hal ini disebabkan kandungan papain pada sabun pepaya yang mampu mengkatalis pemecahan protein jika digabungkan dengan air.

Ini membuat kulit tampak lebih sehat. Eksfoliasi kulit menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit. Eksfoliasi dengan sabun pepaya secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan halus. Sabun pepaya juga bisa meratakan warna kulit.

3 dari 9 halaman

Atasi jerawat

Sabun pepaya dapat membantu membersihkan noda dan mengurangi munculnya jerawat. Enzim papain dan chymopapain dalam pepaya dapat mengurangi peradangan. \Sebagai enzim pelarut protein, papain secara efektif menghilangkan keratin yang rusak. Keratin adalah protein utama pada kulit, namun penumpukannya dapat menyebabkan pembentukan jerawat kecil.

Kekuatan pengelupasan dari sabun pepaya juga mencegah sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori yang juga dapat mengurangi jerawat. Sifat pengelupasan dari sabun pepaya juga membuatnya menjadi perawatan jerawat yang efektif ketika digunakan di wajah atau pada kulit berjerawat lainnya.

4 dari 9 halaman

Cerahkan kulit

Sabun pepaya dapat membantu meratakan warna kulit. Kulit belang biasanya disebabkan oleh hiperpigmentasi akibat sinar matahari. Hiperpigmentasi adalah penggelapan atau perubahan warna pada kulit. Karena sabun pepaya membantu mengangkat sel kulit mati, sabun secara bertahap dapat mengurangi munculnya bercak hitam, mencerahkan kulit.

Pepaya mengandung vitamin A dan C yang melimpah. Dalam kombinasi dengan papain, mereka membantu mencerahkan kulit yang menggelap. Dipercaya juga bahwa sabun pepaya membantu mengekang produksi melanin yang berlebihan.

5 dari 9 halaman

Atasi kerutan

Pepaya kaya akan antioksidan, seperti likopen, yang dapat melindungi dari tanda-tanda penuaan yang terlihat. Menurut penelitian selanjutnya, antioksidan ini dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat membantu kulit tetap halus dan awet muda.

Pepaya juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Peningkatan elastisitas kulit ini dapat meminimalkan munculnya kerutan. Sabun pepaya bisa membantu menghilangkan kerutan dan bintik-bintik penuaan.

6 dari 9 halaman

Pereda nyeri sengatan serangga

Mengoleskan sabun pepaya pada gigitan serangga atau luka dapat membantu meredakan nyeri, gatal, bengkak, dan kemerahan. Ini karena papain dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Juga, beberapa racun serangga mengandung peptida. Ini merupakan bahan penyusun protein. Papain dapat memecah protein ini, meredakan iritasi kulit. Perawatan ini bekerja dengan cara memecah racun yang menyebabkan nyeri, gatal, dan bengkak.

7 dari 9 halaman

Lembapkan kulit

Pepaya memberikan hidrasi dan nutrisi pada kulit karena kandungan air, karbohidrat, dan lemaknya. Sabun pepaya membantu melembutkan dan melembapkan kulit. Ini sangat cocok digunakan bagi tipe kulit kering.

Pepaya bisa menjadi keuntungan bagi mereka yang memiliki kulit kering. Menggunakan sabun pepaya bisa membuat kulit lembut dan kenyal. Enzim yang ada dalam pepaya dapat membantu merawat kulit kering dan bersisik serta melembapkannya.

8 dari 9 halaman

Cegah peradangan

Enzim proteolitik (pengurai protein) chymopapain dan papain dalam pepaya dapat mempercepat proses penyembuhan serta mencegah timbulnya infeksi lanjutan di area kulit yang terbakar matahari, misalnya setelah berjemur di pantai. Sabun atau losion berbahan pepaya bisa membantu mengatasi peradangan.

Saat menggunakan sabun pepaya untuk mandi, biasanya kulit yang sudah telanjur menggelap akan mengelupas secara bertahap, lalu warnanya kembali seperti semula. Kondisi ini dipicu oleh kombinasi kandungan enzim papain beserta asam alfa hidroksi (AHA). Keduanya bertindak sebagai eksfolian untuk melarutkan protein tak aktif sekaligus membuang sel kulit mati.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, oleskan juga pelembap yang mengandung enzim papain.

9 dari 9 halaman

Manfaat pepaya untuk rambut

Kondisioner rambut

Vitamin A dalam pepaya dapat memberikan efek positif pada rambut dengan membantu kulit kepala memproduksi sebum yang menutrisi, memperkuat, dan melindungi rambut.

Dukung pertumbuhan rambut

Senyawa dalam pepaya, termasuk likopen, menunjukkan aktivitas merangsang pertumbuhan rambut yang baik. Pepaya memiliki asam folat yang membantu meningkatkan sirkulasi ke folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut

Nutrisi dalam pepaya membantu mencegah kebotakan. Makan buah ini setidaknya tiga kali seminggu dapat membantu mengurangi penipisan rambut. Masker rambut yang mengandung pepaya dapat membantu merawat kulit kepala yang kering dan bersisik.