Sukses

14 Cara Menghilangkan Cegukan yang Mudah dan Efektif Dilakukan

Untuk menghilangkan cegukan sangat mudah, simak beragam caranya.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan cegukan baiknya wajib diketahui. Pada beberapa orang, cegukan bisa membuat kepercayaan diri menurun. Tidak lain karena rasa malu ketika suara cegukan muncul dengan kerasnya.

Namun tidak perlu panik, sebenarnya cara menghilangkan cegukan sangat mudah. Meski dibutuhkan kesabaran yang lebih, karena proses menghilangnya cegukan tidak bisa dengan sekejap saja.

Akan tetapi sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghilangkan cegukan, sebenarnya apa cegukan itu? Cegukan atau bisa disebut dengan hiccup dalam bahasa inggris, muncul ketika tertutupnya pita suara dengan tiba-tiba akibat kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi ‘hik’.

Diafragma adalah membran otot yang memisahkan rongga dada dan perut serta berfungsi penting dalam sistem pernapasan. Cegukan bisa dialami mulai dari bayi hingga lanjut usia. Durasi cegukan juga sangat bermacam-macam, bisa dalam hitungan menit, bahkan ada yang sampai berhari-hari.

Supaya tidak bingung bagaimana cara menghilangkan cegukan yang sebenarnya efektif, perlu Anda pahami berbagai cara menghilangkan cegukan yang telah Liputan6.com rangkum di bawah ini, Selasa (17/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara menghilangkan cegukan yang mudah

1. Minum air hangat

Mengonsumsi air hangat bisa melancarkan peredaran darah dan oksigen, sehingga oksigen yang dibutuhkan tubuh cepat terpenuhi. Anda cukup meminum air hangat, lalu tahan napas dengan posisi tubuh sedikit membungkuk selama yang Anda bisa.

Kemudian kembalikan posisi tubuh ke posisi tegap, tapi masih dengan menahan napas. Lalu telan air dan Anda bisa mulai bernapas seperti biasa.

 

2. Tahan napas

Cara menghilangkan cegukan selanjutnya dengan menahan napas selama beberapa saat atau sekuat yang Anda bisa. Cara ini salah satu cara yang paling umum dan sudah banyak diketahui. Menahan napas dipercaya sebagai cara menghilangkan cegukan paling efektif. Sebab, saat menahan napas kadar karbondioksida dalam tubuh akan bertambah.

3 dari 8 halaman

Cara menghilangkan cegukan tanpa minum

3. Tahan napas dengan melipat kedua lutut

Cara menghilangkan cegukan ini juga dipercaya efektif. Caranya, posisikan badan dengan bersimpuh, lalu angkat kedua kaki hingga lutut tertekuk.

 

4. Bernapas dengan kantong plastik

Cara menghilangkan cegukan dengan kantong plastik juga tidak kalah efektif. Sesungguhnya tujuannya sama dengan menahan napas, agar kadar karbondioksida meningkat. Sebab, ketika bernapas dengan kantong plastik atau kertas, sebenarnya Anda sedang menghirup lagi karbondioksida yang dikeluarkan. Caranya cukup mudah, dengan bernapas saja seperti biasa namun menggunakan kantong plastik atau kertas.

4 dari 8 halaman

Cara menghilangkan cegukan yang efektif

5. Atur pernapasan

Selanjutnya bisa mencoba cara menghilangkan cegukan ini, yaitu bernapas dengan teratur dan benar. Tujuannya agar oksigen dan karbondioksida bisa bergantian masuk dalam tubuh dengan kadar yang tepat.

 

6. Headstand

Cara menghilangkan cegukan ini cukup sulit dilakukan. Tapi, jika berhasil melakukannya, maka cegukan akan dengan cepat menghilang. Tujuan dilakukannya salah satu gerakan yoga ini, yaitu membuat aliran darah menuju otak bisa lebih cepat, kemudian oksigen akan mengalir ke seluruh tubuh karena gaya gravitasi yang mengalirkan darah.

5 dari 8 halaman

Cara menghilangkan cegukan yang cepat

7. Jeruk nipis

Kemudian, Anda bisa menggunakan bantuan jeruk nipis. Dkarenakan jeruk nipis selain punya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, bisa juga meredakan cegukan.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu meminum langsung air perasan jeruk nipis. Adanya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis yang tinggi berfungsi menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

 

8. Menjulurkan lidah

Selain cara menghilangkan cegukan di atas, menjulurkan lidah juga sangat dipercaya bisa merangsang nasofaring dan saraf vagus. Kedua jenis saraf ini sangat berpengaruh pada otot-otot mulut dan tenggorokan. Selain itu, saraf tersebut bisa mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

6 dari 8 halaman

Cara menghilangkan cegukan selanjutnya

9. Makan permen

Mengonsumsi permen juga bisa menjadi cara menghilangkan cegukan. Dengan mengonsumsi permen bisa meningkatkan kerja otot di area mulut dan akan merangsang otot diafragma. Anda cukup mengulum permen selama hingga cegukan hilang.

 

10. Es batu

Mengulum es batu bisa membantu manipulasi otot-otot di area leher supaya lebih rileks dan turut berpengaruh pada otot diafragma. Saat seluruh otot rileks, maka cegukan berangsur-angsur menghilang.

7 dari 8 halaman

Cara menghilangkan cegukan yang bisa dicoba

11. Oleskan minyak kayu putih

Ketika cegukan, Anda bisa mengoles minyak kayu putih ke bagian leher serta perut. Dengan mengoleskan minyak kayu putih bisa memberikan sensasi hangat dan berdampak pada otot leher semakin rileks. Selain itu, aliran darah bisa lebih lancar.

 

12. Gula batu

Mengulum gula batu atau sesendok gula pasir efektif digunakan sebagai cara menghilangkan cegukan. Sebab, gula akan merangsang otot diafragma. Anda cukup mengulum gula selama 5 menit atau hingga cegukan menghilang.

8 dari 8 halaman

Cara menghilangkan cegukan yang terakhir

13. Tekan hidung sambil menelan

Cara menghilangkan cegukan ini juga bisa dicoba. Anda bisa melakukan gerakan menelan sambil menekan bagian hidung. Cara ini akan membantu otot diafragma untuk relaksasi.

 

14. Beri pijatan di area ulu hati

Jika beragam cara menghilangkan cegukan di atas belum berhasil, Anda bisa menocba dengan memijat area ulu hati. Sebab, otot-otot diafragma letaknya persis di bawah ulu hati yang berada di atas perut. Anda bisa memijat pelan dan sedikit diberi tekanan lembut di area tersebut dengan ujung jari kurang lebih 30 detik hingga 1 menit.

Meski ada beragam cara menghilangkan cegukan di atas, namun hasilnya bisa berbeda bagi tiap orang. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini