Sukses

6 Manfaat Susu Skim, Perhatikan Juga Kekurangannya

Liputan6.com, Jakarta Susu merupakan bahan pangan yang dikenal akan beragam manfaatnya. Di dalam segelas susu terdapat berbagai kandungan gizi yang sangat lengkap. Salah satu jenis susu yang cukup populer dikonsumsi yaitu susu skim. Susu ini mengandung lemak yang rendah. Untuk beberapa orang yang sedang diet penurunan berat badan, manfaat susu skim dengan lemak yang rendaj tersebut menjadi pilihan tepat.

Jenis susu skim sangat berbeda dengan susu biasa, seperti whole milk atau full-cream. Melansir Klikdokter sebenarnya susu skim semakin populer di masyarakat saat Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mulai merekomendasikan konsumsi produk susu yang rendah lemak tepatnya di tahun 1985.

Proses pembuatan susu skim, dengan memisahkan lemak dari susu menggunakan alat centrifugal separator. Lemak yang sudah terpisah kemudian akan disingkirkan, hingga dihasilkan susu yang memiliki kandungan lemak 0-0,1 persen. Itulah mengapa susu skim disebut juga sebagai susu rendah lemak.

Selain rendah lemak, ada manfaat susu skim lainnya seperti kandungan protein dengan asam amino yang lebih lengkap dibandingkan susu biasa. Rasio kepadatan protein susu skim adalah 40 persen, sedangkan pada susu biasa hanya 22,7 persen. Di sisi lain, kandungan kalsium pada jenis susu skim jauh lebih tinggi apabila dibandingkan susu biasa.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai beragam manfaat susu skim yang bisa didapatkan oleh tubuh, Rabu (18/11/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

1. Menjaga berat badan

Manfaat susu skim yang pertama tidak lain dari kandungan lemaknya yang rendah. Dengan kadar lemak yang jauh lebih rendah dari susu biasa, susu skim jadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang program penurunan berat badan agar selalu tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Dengan kandungan lemak yang rendah pada susu skim, turut membantu menjaga kesehatan jantung. Bahkan, susu skim juga sangat rendah kolesterol dan bisa menjaga kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.

3 dari 8 halaman

2. Cegah radang sendi

Radang sendi atau yang memiliki nama ilmiah osteoarthritis, merupakan jenis penyakit yang bisa membuat sendi-sendi menjadi bengkak, sakit bahkan kaku. Walau masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, dengan mengonsumsi susu skim jadi pilihan yang sangat tepat sebagai tindak pencegahan radang sendi.

4 dari 8 halaman

3. Membentuk dan menjaga otot

Selanjutnya manfaat susu skim bisa membantu pembentukan dan menjaga kondisi otot. Di dalam susu skim terkandung protein yang cukup tinggi dengan kandungan sembilan asam amino. Asam amino sendiri yang sangat penting dalam membentuk otot tubuh.

Dalam segelas susu skim bisa memberikan 8,5 gram protein. Berdasar penelitian, protein yang ada di dalam susu skim bisa membentuk otot lebih cepat jika dibandingkan dengan protein dalam susu kedelai. Di dalam susu skim juga mengandung casein, yang merupakan protein mudah cerna.

5 dari 8 halaman

4. Cegah asam lambung

Biasanya, penderita asam lambung kurang dianjurkan untuk konsumsi jenis susu sapi biasa (whole-milk). Hal ini tidak lain karena susu sapi biasa memiliki kandungan lemak yang cukup besar dan bisa menyebabkan gejala penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) semakin buruk.

Maka dari itu, ada baiknya bagi penderita asam lambung untuk beralih ke susu skim. Sebab kadar lemak dalam susu skim tergolong rendah dan akan lebih baik untuk dikonsumsi.

6 dari 8 halaman

5. Menjaga asupan kalori

Salah satu manfaat susu skim berasal dari kandungan kalorinya yang rendah. Di dalam satu gelas susu skim hanya terkandung 71 kalori, di mana susu sapi murni mengandung 160 kalori. Sumber kalori pada susu skim berasal dari karbohidrat yang ada di dalamnya.

Dengan konsumsi susu skim yang memiliki kalori rendah, bisa menjauhkan dari kelebihan asupan kalori yang menjadi penyebab kelebihan berat badan. Namun, tentu saja perlu diimbangi dengan jaga pola makan yang sehat agar asupan kalori tidak berlebihan.

7 dari 8 halaman

6. Sumber nutrisi

Di dalam susu skim kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti selenium, potasium, kalsium, magnesium, zinc, serta fosfor. Kandungan kalsium dalam susu skim bisa membentuk gigi serta tulang yang kuat dan juga menjaga kesehatan otot. Sedangkan potasium dalam susu skim akan berperan penting dalam menjaga tekanan darah serta fungsi jantung.

8 dari 8 halaman

Kekurangan Susu Skim

Melansir dari Klikdokter, apabila menjadikan susu skim sebagai menu dalam diet penurunan berat badan, jangan lupa untuk menambahkan asupan vitamin yang berasal dari sumber makanan lainnya. Sebab, saat proses lemak dihilangkan dari susu skim, kandungan vitamin larut lemak yaitu A, D, E, dan K di dalam susu skim juga ikut hilang.

Setelah menyimak manfaat susu skim di atas serta tahu kekurangan yang dimiliki susu skim, Anda tentu harus mengatur pola konsumsi susu skim tersebut yang diimbangi asupan makanan tinggi akan kandungan gizi lainnya. Hal ini agar tubuh tidak kekurangan nutrisi penting yang bisa saja tidak terkandung di dalam susu skim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.