Sukses

5 Cara Menghilangkan Noda Minyak pada Celana Jeans

Cara menghilangkan noda minyak pada celana jeans tentunya tidak bisa dilakukan seperti mencuci biasa saja.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan noda minyak pada celana jeans tentunya tidak bisa dilakukan seperti mencuci biasa saja. Tumpahan minyak pada celana jeans biasanya memang susah hilang, bahkan menimbulkan bekas yang mengganggu. Hal ini bisa membuat kamu tidak bisa dan tidak nyaman menggunakan celana jeans kesayanganmu lagi.

Noda minyak pada celana jeans menjadi salah satu hal yang sangat menjengkelkan. Bukan hanya mengurangi keindahan, tetapi juga sulit untuk dihilangkan saat dicuci. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan beberapa bahan khusus untuk menghilangkan noda minyak pada celana jeans ini.

Cara menghilangkan noda minyak pada celana jeans bisa menggunakan beberapa bahan atau mencucinya segera. Beberapa bahan seperti alkohol, soda, hingga tepung jangung dapat berguna dalam menghilangkan noda minyak ini. Selain itu, jika kamu langsung mencuci celana saat terkena tumpahan noda tersebut, hal ini juga lebih memudahkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/11/2020) tentang cara menghilangkan noda minyak pada celana jeans.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Segera Cuci

Cara menghilangkan noda minyak pada celana jeans yang pertama adalah dengan segera mencucinya. Jangan menunggu hingga noda minyak menjadi kering. Jika kamu tidak segera mencucinya, maka kamu harus memutar otak lagi untuk menerapkan cara lainnya. Jadi, jangan menunggu terlalu lama dalam membersihkan noda tersebut.

Jika jeans tertumpah minyak atau oli, segera basahi bagian yang terkena dan sikat dengan sabun atau deterjen. Setelah itu, ambil tisu atau kain lap untuk menyerap sisa busa pada bagian yang terkena. Kemudian bilas dengan air panas. Ulangi jika masih ada minyak tersisa atau sabun tersisa, ulangi sampai benar-benar bersih.

 

3 dari 6 halaman

Tepung Jagung

Tepung jagung juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda minyak pada celana jeans. Jika tumpahan minyak masih baru, kamu bisa segera menuang tepung jagung pada noda tersebut dan meratakannya.

Biarkan kurang lebih 1 jam. Setelah selesai, sikat tepung kanji dari jeans dan bersihkan sisa kanji dengan spons basah atau cuci saja dengan deterjen.

4 dari 6 halaman

Gunakan Alkohol

Cara menghilangkan noda minyak pada celana jeans selanjutnya adalah dengan menggunakan alkohol. Jika kamu mempunyai alkohol pembersih luka, kamu dapat menggunakannya untuk membersihkan jeans dari noda minyak.  

Caranya mudah, basahi jeans dengan alkohol dan hapus dengan tisu setelahnya. Dilanjutkan dengan merendamnya di air dan langsung dicuci dengan deterjen.

5 dari 6 halaman

Gunakan Hair Spray

Cara menghilangkan noda minyak pada celana jeans bisa juga dengan hair spray jika tidak ada alkohol. Cara menerapkannya juga mudah saja, cukup semprotkan untuk menghilangkan minyak dan cuci setelahnya.

Selain itu, saat mencucinya kamu juga harus memperhatikan bahwa jangan digosok dengan terlalu kasar. Tidak disarankan untuk menggosoknya secara berlebihan, apalagi dengan cara yang kasar. Penggosokan secara kasar justru akan merusak kualitas dari celana jeans. Bukannya bersih dari minyak, juatru celana malah menjadi rusak.

6 dari 6 halaman

Gunakan Minuman Soda

Menggunakan minuman soda juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan noda minyak pada celana jeans. Caranya dengan gunakan sebotol minuman soda dan rendam jeans yang terkena minyak, agar minyak larut. Jangan rendam terlalu lama, cukup 1-2 jam saja maksimal. Jika jeans berwarna putih, beli soda yang bening. Setelah itu, cuci dengan deterjen seperti biasa.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda minyak pada celana jeans yang bisa kamu terapkan di rumah. Jangan sampai celana jeans kesayanganmu rusak dan tidak nyaman dipakai hanya karena cara mencuci yang salah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini