Sukses

Mengenang Gli, Kucing Penghuni Hagia Sophia Selama 12 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2020 ini nampaknya merupakan tahun yang cukup memberikan bekas luka bagi sebagian orang, selain dikarenakan adanya pandemi Corona Covid-19, banyak tokoh-tokoh penting yang meninggal dunia di tahun ini. 

Salah satunya adalah Gli, kucing kesayangan pelancong yang datang ke Hagia Sophia, Turki. Gli merupakan kucing berjenis European Shorthair yang telah menjadi penghuni Hagia Sophia selama kurang lebih 12 tahun belakangan ini.

Gli dikabarkan telah mati pada Sabtu (6/11/2020) setelah menjalani perawatan di klinik hewan di Levent. Kabar matinya Gli ini diketahui pertama kali dari cuitan Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya di Twitter. "Saya berduka kehilangan Gli. Kucing Hagia Sophia, Gli, yang dirawat di sebuah klinik hewan swasta di Levent sejak 24 September, dengan menyesal telah mati karena usia tua. Kami tidak akan melupakanmu, Gli," tulis Ali Yerlikaya dilansir dari Daily Sabah.

Berikut merupakan kisah selengkapnya tentang Gli yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (18/11/2020).

2 dari 3 halaman

Gli menjadi selebgram

Gli merupakan kucing yang lahir di Hagia Sophia, ia memiliki dua saudara yakni Pati dan Kizim. Nama Gli memiliki arti "penyatuan cinta", maka tak heran jika banyak pelancong yang jatuh cinta pada kucing berjenis kelamin betina ini.

Gli merupakan satu dari sekian banyak kucing yang menjadi penghuni Hagia Sophia. Namun, Gli memiliki keistimewaan tersendiri, yakni ia sangat ramah terhadap para pelancong yang datang dan senang berpose di depan kamera. Bahkan ia memiliki akun Instagram sendiri yang diikuti oleh ratusan ribu orang dari berbagai penjuru dunia.

Dikutip dari Bored Panda, akun Instagram Gli tersebut dikelola oleh Umut Bahceci, seorang pemandu wisata di Hagia Sophia. Awalnya, Bahceci mengaku menaruh perhatian pada Gli ketika ia berfoto bersama Obama dan Erdogan di tahun 2009. Kemudian, ia pun semakin hari semakin jatuh cinta dengan Gli dan berinisiatif untuk membuatkan akun Instagram untuk kucing satu ini.

"Aku membuat akun Instagram untuk Gli agar bisa mengumpulkan dan menyimpan foto-fotonya di satu tempat. Akhirnya, perlahan orang mulai mengirimiku foto-foto Gli yang mereka ambil," ungkap Bahceci.

3 dari 3 halaman

menjadi penghuni Hagia Sophia selama 12 tahun

Banyak sekali para pengunjung dari seluruh penjuru dunia datang ke Hagia Sophia dan berfoto bersama Gli. Meskipun ramah dengan pengunjung, namun jika Hagia Sophia terlalu penuh, maka ia akan bersembunyi di tempat yang dirasa aman.

Pada September 2020 silam, melalui akun Instagram @hagiasophiacat, dikabarkan bahwa Gli jatuh sakit. Kondisinya terus menurun hingga harus di bawa ke klinik hewan di Levent. Dalam akun Instagram tersebut diunggah pula kondisi Gli yang terlihat sudah terkulai lemas.

Akhirnya, setelah menjadi penghuni Hagia Sophia selama 12 tahun, Gli pun menghembuskan nafas terakhirnya. Dalam postingan yang mengabarkan kematiannya mendapatkan ratusan ribu respon dari para pengguna Instagram di seluruh dunia. Orang-orang mengucapkan rasa duka citanya dan rasa kehilangannya.

Kabarnya, kini Gli dikuburkan di taman sekitar Hagia Sophia. Selamat jalan, Gli!