Sukses

14 Makanan Pencegah Penyumbatan Arteri, Sehatkan Jantung

Penyumbatan arteri merupakan penyebab penyakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Penyumbatan arteri merupaken penyebab penyakit jantung, khususnya aterosklerosis. Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Arteri yang tersumbat terjadi akibat penumpukan zat yang disebut plak di dinding bagian dalam arteri.

Plak arteri dapat mengurangi aliran darah. Dalam beberapa kasus, penyumbatan arteri dapat memblokir total aliran darah. Penyumbatan arteri berkembang ketika kolesterol menempel di dinding arteri.

Aterosklerosis dianggap sebagai penyebab utama penyakit jantung, termasuk penyakit arteri koroner. Penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat seperti kolesterol tinggi, merokok, dan obesitas. Pola makan termasuk salah satu faktor penyebab penyumbatan arteri.

Mengikuti pola makan yang kaya akan makanan tertentu seperti sayuran, buah-buahan, dan ikan telah terbukti mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit jantung. Berikut 15 makanan yang dapat mencegah penyumbatan arteri, dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Rabu(18/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Makanan Pencegah Penyumbatan Arteri

Buah beri

Buah beri termasuk blueberry, stroberi, cranberry, raspberry, dan blackberry dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Buah-buahan ini dikenal dengan kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Buah beri dikemas dengan serat, vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan. Ini termasuk antioksidan flavonoid, yang diketahui membantu meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan buah beri secara signifikan mengurangi faktor risiko aterosklerosis, termasuk kolesterol jahat, tekanan darah, dan kadar gula darah.

Ikan

Ikan sarat dengan nutrisi penting, termasuk lemak omega-3. Makan ikan yang kaya omega-3 dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis. Studi menunjukkan bahwa omega-3 membantu mengurangi ekspresi molekul adhesi seluler. Ini merupakan memungkinkan sel untuk menempel satu sama lain dan lingkungannya.

Tubuh melepaskan molekul adhesi seluler sebagai respons terhadap peradangan, dan mereka adalah kekuatan pendorong di belakang arteri yang tersumbat.

3 dari 8 halaman

Makanan Pencegah Penyumbatan Arteri

Biji-bijian

Biji-bijian adalah sumber protein, serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang sangat baik. Terlebih lagi, makanan kecil dan serbaguna ini dapat membantu mencegah penyumbatan arteri. Biji-bijian dapat mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan tekanan darah dan dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Penelitian juga menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan dan biji-bijian mengurangi kadar gula darah dan dapat membantu melindungi dari diabetes, faktor risiko yang diketahui untuk aterosklerosis.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan serat dan terkenal dengan manfaat kesehatan jantungnya. Makan makanan kaya serat seperti kacang-kacangan sangat penting untuk mencegah aterosklerosis. Makan kacang-kacangan adalah cara terbaik untuk menjaga kadar kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyumbatan arteri. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan secara signifikan dapat mengurangi kadar kolesterol LDL (jahat).

Penelitian juga menunjukkan bahwa diet kaya kacang dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi arteri, dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

4 dari 8 halaman

Makanan Pencegah Penyumbatan Arteri

Tomat

Tomat mengandung likopen pigmen karotenoid,yang memiliki manfaat kesehatan. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi produk tomat yang kaya likopen dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kolesterol HDL (baik), dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menariknya, menggabungkan tomat yang dimasak dengan minyak zaitun dapat memberikan perlindungan terbesar terhadap penyumbatan arteri.

Bawang merah

Bawang merah dan bawang bombay adalah bagian dari genus Allium dan dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang dapat melindungi arteri.

Bawang mengandung senyawa belerang yang menurut para ilmuwan dapat membantu mencegah peradangan pembuluh darah, menghambat penggumpalan trombosit dalam darah, dan meningkatkan ketersediaan oksida nitrat. Semua efek ini dapat membantu melindungi dari aterosklerosis dan meningkatkan kesehatan arteri.

5 dari 8 halaman

Makanan Pencegah Penyumbatan Arteri

Buah-buahan jeruk

Buah-buahan jeruk menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan, termasuk flavonoid. Flavonoid jeruk dapat mengurangi peradangan dan membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh mengoksidasi kolesterol LDL (jahat).

Inilah sebabnya mengapa konsumsi jeruk dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke. Dua kondisi sangat terkait dengan aterosklerosis.

Rempah-rempah

Rempah-rempah, termasuk jahe, lada, cabai, dan kayu manis dapat membantu melindungi dari penyumbatan arteri. Rempah-rempah ini dan lainnya memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengais radikal bebas, meningkatkan kadar lipid darah, dan mengurangi penggumpalan trombosit dalam darah.

6 dari 8 halaman

Makanan Pencegah Penyumbatan Arteri

Sayuran silangan

BitMenambahkan sayuran silangan seperti brokoli, kubis, dan kembang kol ke dalam makanan dapat membantu mengurangi kemungkinan tersumbatnya arteri. Penelitian juga mengaitkan asupan sayuran silangan dengan pengurangan kalsifikasi arteri dan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit terkait aterosklerosis.

Bit

Bit adalah sumber nitrat yang kaya. Ini diubah tubuh menjadi oksida nitrat, molekul pemberi sinyal yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh. Peradangan pada pembuluh darah menyebabkan penurunan produksi oksida nitrat.

Makan makanan seperti bit yang kaya nitrat makanan dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Ini dapat membantu mencegah aterosklerosis.

7 dari 8 halaman

Makanan Pencegah Penyumbatan Arteri

Oat

Oat adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang menderita aterosklerosis atau sedang mencoba mencegah penyumbatan arteri. gandum dapat membantu mengurangi faktor risiko aterosklerosis secara signifikan, termasuk kadar kolesterol total.

Oat juga mengandung antioksidan yang disebut avenanthramides, yang dapat membantu menghambat protein inflamasi yang disebut sitokin, serta molekul adhesi. Ini dapat membantu mencegah aterosklerosis.

Sayuran hijau

Sayuran hijau, termasuk selada, kangkung, kale, sawi, dan bayam, menawarkan banyak nutrisi yang dapat membantu melindungi dari aterosklerosis. Sayuran berdaun hijau adalah sumber nitrat makanan yang baik. Ini dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

Mereka juga dikemas dengan kalium. Mineral ini membantu mencegah kalsifikasi vaskular, suatu proses yang berkontribusi pada aterosklerosis. Ditambah, makan sayuran berdaun hijau adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

8 dari 8 halaman

Makanan Pencegah Penyumbatan Arteri

Cokelat hitam

Produk kakao dan cokelat hitam tidak hanya enak tetapi juga dapat membantu menangkal aterosklerosis. Makan cokelat dikaitkan dengan lebih sedikit plak aterosklerotik di arteri koroner. makan cokelat dikaitkan dengan lebih sedikit plak aterosklerotik di arteri koroner.

Minyak zaitun

Minyak zaitun telah lama dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung. Minyak zaitun dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis. Sebuah tinjauan tahun 2018 juga menyimpulkan bahwa konsumsi minyak zaitun dikaitkan dengan penurunan penanda inflamasi terkait aterosklerosis dan penurunan risiko penyakit jantung dan komplikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.