Sukses

Potret 7 Hewan Tembus Pandang Ini Unik Banget, Terlihat Seperti Kaca

Liputan6.com, Jakarta Setiap hewan tentunya memiliki keunikannya masing-masing. Keunikan yang dimiliki hewan tersebut kerap membuat orang merasa aneh karena jarang melihatnya. Pasalnya, hewan-hewan yang memiliki keunikan ini tak sengaja ditemui atau hanya bisa ditemui di beberapa tempat tertentu.

Salah satu hewan yang unik dan mungkin terlihat aneh adalah hewan tembus pandang dan terlihat terlihat seperti kaca. Jika membayangkan bagaimana hewan tersebut tembus pandang seperti kaca tentunya merupakan suatu hal yang unik sekaligus aneh. Sepertinya hanya beberapa spesies hewan tembus pandang yang bisa ditemui di bumi ini.

Setiap melihat hewan yang unik dan berbeda dari biasanya, seseorang tentunya secara tak sadar ingin mengabadikan hewan aneh tersebut. Pasalnya hewan dengan keunikan yang berbeda ini ditemui dengan tidak sengaja ketika berkunjung ke suatu tempat.

Laut merupakan salah satu tempat yang kerap menyajikan banyak hewan unik sekaligus aneh. Ketika melakukan snorkeling seseorang biasanya akan menemukan hewan unik yang tidak pernah dilihat sebeluumnya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret hewan tembus pandang seperti kaca yang terlihat unik sekaligus aneh, Kamis (19/11/2020).

2 dari 8 halaman

1. Cumi Kaca

Cumi yang biasanya dikenal adalah cumi yang bisa dijadikan lauk sebagai pendamping nasi dengan bumbu yang nikmat. Namun bagaimana dengan cumi tembus pandang seperti kaca? Tentunya terdengar aneh namun unik bukan?

Ada lebih dari 50 spesies berbeda dari orang-orang yang hampir tidak terlihat ini. Cranchiidae, juga dikenal sebagai cumi-cumi kaca, menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan bersantai di lapisan atas laut, mencoba menyamarkan diri.

3 dari 8 halaman

2. Teripang Tembus

Setiap hewan tentunya memiliki keunikannya masing-masing. Namun suatu hal yang berbeda dari biasanya jika mendengar hewan tembus pandang seperti kaca, salah satunya seperti teripang tembus.

Teripang adalah hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran maupun dalam lingkungan terumbu. Teripang merupakan komponen penting dalam rantai makanan di terumbu karang dan ekosistem asosiasinya pada berbagai tingkat struktur pakan (trophic levels). 

4 dari 8 halaman

3. Transparan Amphipod Phronima

Ukuran tubuh udang kecil ini hanya 2 cm. Ukuran tubuhnya yang kecil dan sempurna, membuatnya terlihat seperti ninja di dalam air - pembunuh tak terlihat yang membunuh mangsanya dengan cakar yang tajam.

5 dari 8 halaman

4. Lele Keca

Lele merupakan salah satu hewan yang tak asing dan cukup sering ditemui. Namun tentunya suatu hal unik sekaligus aneh jika mendengar dan melihat lele tembus pandang seperti kaca. Ternyata lele tembus pandang bak kaca atau Glass catfish dapat ditemukan di sepanjang pantai Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

6 dari 8 halaman

5. Katak Kaca

Katak merupakan hewan yang cukup mudah ditemukan, salah satunya bisa ditemukan di sungai misalnya. Katak adalah hewan yang memiliki beberapa jenis, namun rupanya ada katak kaca yang dimana tubuhnya tembus pandang seperti kaca.

Jika ingin melihat katak kaca, kamu harus pergi ke hutan hujan di Amerika Tengah dan Selatan. Uniknya, ketika katak kaca duduk tanpa bergerak, mereka hampir tidak terlihat. Jadi kamu perlu memperhatikannya dengan saksama.

7 dari 8 halaman

6. Udang Kaca

Tentunya hal yang aneh jika mendengar atau bahkan melihat udang yang tembus pandang seperti kaca. Udang bisa ditemukan hampir di seluruh belahan dunia. Rasanya yang nikmat membuat udang kerap diolah menjadi ragam menu makanan. Namun hal yang sulit dipercaya jika harus mengonsumsi udang tembus pandang seperti kaca bukan?

Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan.

8 dari 8 halaman

7. Laba-laba Tembus

Laba-laba yang biasa kita temui adalah laba-laba berwarna hitam. Namun rupanya suatu hal yang aneh jika melihat laba-laba berwarna putih dan tembus pandang. Laba-laba adalah sejenis hewan berbuku-buku (arthropoda) dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap, dan tak memiliki mulut pengunyah. Semua jenis laba-laba digolongkan ke dalam ordo Araneae.

Laba-laba dapat ditemukan di seluruh dunia di setiap benua kecuali di Antartika, dan telah bertahan lama di hampir semua habitat dengan perkecualian kolonisasi udara dan laut.