Sukses

14 Cara agar Cepat Hamil yang Efektif dan Penting Dipahami

Ingin segera mendapatkan momongan? Coba cara agar cepat hamil berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Hadirnya buah hati di tengah-tengah keluarga jadi hal yang sangat dinanti. Bagaimana tidak? Anak sebagai sebuah titipan dari Tuhan dan menjadi pelanjut garis keturunan. Sudah selayaknya sebagai pasangan yang terikat di dalam janji suci untuk berupaya sekuat tenaga mencari cara agar cepat hamil.

Tidak sedikit pasangan yang ingin mengetahui informasi bagaimana cara agar cepat hamil. Sebab mendapatkan kehamilan saat ini menjadi hal yang semakin ditunggu, mengingat gaya hidup masyarakat yang berangsur berubah dan turut menjadi penyebab sulit hamil.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana sebenarnya cara agar cepat hamil yang dirangkum dari berbagai sumber. Simak dengan seksama, Kamis (19/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara Agar Cepat Hamil

1. Lakukan hubungan seks saat masa subur

Cara agar cepat hamil yang pertama dengan melakukan hubungan seks ketika masuk masa subur. Melansir Klikdokter, untuk mengetahui masa subur bisa dengan menghitung rata-rata siklus haid yang terjadi secara teratur selama tiga bulan terakhir. Wajarnya masa subur terjadi sekitar 14 hari sebelum haid berikutnya. Maka dengan siklus haid rata-rata 28 hari, wanita umumnya akan mengalami masa subur pada sekitar hari ke-14.

 

2. Tingkatkan frekuensi hubungan seks

Selain memperhatikan perihal masa subur, meningkatkan frekuensi berhubungan seks menjadi salah satu cara agar cepat hamil yang efektif. Pastikan saat berhubungan seks tidak menggunakan alat kontrasepsi agar kemungkinan hamil meningkat. Tapi jangan melakukannya berlebihan, serta hindari hubungan seks ketika menstruasi.

Sperma sendiri bisa diproduksi tiap tiga hari sekali. Maka dari itu hubungan seks untuk segera mendapatkan anak sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Kemudian, supaya kemungkinan hamil bisa meningkat, wanita dianjurkan untuk langsung berbaring di tempat tidur selama 10 hingga 15 menit setelah selesai berhubungan seks.

3 dari 8 halaman

Cara Agar Cepat Hamil

3. Periksa ke dokter

Cara agar cepat hamil selanjutnya dengan lakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini penting terutama sebelum menjalankan program kehamilan. Bagian organ reproduksi istri dan suami perlu diperiksa terlebih dahulu, agar mengetahui apakah organ reproduksi dari keduanya dalam kondisi normal atau tidak.

Hal ini sangat berdasar, karena organ reproduksi yang normal akan menghasilkan sperma serta sel telur yang baik. Dengan organ reproduksi yang baik, maka sangat berperan dalam peningkatan peluang terjadinya kehamilan.

 

4. Ubah pola makan

Mengonsumsi makanan yang tepat dengan kandungan nutrisi lengkap, akan membantu mempercepat proses kehamilan. Jenis makanan dengan nutrisi yang baik bisa berasal dari asupan sayur dan buah. Kedua jenis makanan ini banyak mengandung vitamin maupun mineral agar kesuburan lebih optimal.

Vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tersebut seperti vitamin E, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, zinc, omega-3, beta karoten, arginin, dan l-carnitine.

4 dari 8 halaman

Cara Agar Cepat Hamil

5. Cukupi kebutuhan asam folat

Selain beragam vitamin dan mineral di atas, Anda juga perlu mengonsumsi banyak kandungan asam folat. Asam folat sangat baik untuk membantu rahim lebih siap dalam menyambut bayi serta bantu meningkatkan perkembangan janin yang dikandung.

Kandungan asam folat tinggi bisa berasal dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sereal, kacang hijau, serta lain sebagainya. Jumlah konsumsi yang disarankan sekitar 400 mcg (mikrogram) asam folat tiap harinya.

 

6. Lepas alat kontrasepsi

Cara agar cepat hamil ini bisa dibilang sangat dasar, sebab alat kontrasepsi berfungsi sebagai penghalang pertemuan antara sel telur dan sperma sehingga kehamilan tidak dapat terjadi.

5 dari 8 halaman

Cara Agar Cepat Hamil

7. Hindari berendam dengan air panas

Mengapa tidak disarankan berendam dengan air panas? Sebab suhu panas bisa merusak kualitas sperma. Maka menjadi sangat penting terutama bagi para pria, untuk menghindari berendam di dalam air panas selama program hamil.

 

8. Hindari pemakaian pelumas

Salah satu hal yang bisa menghambat kehamilan bisa karena pemakaian alat bantu pelicin yang mengandung komponen-komponen kimia, di mana komponen kimia tersebut yang bisa merusak kualitas sperma dan jadi kurang dianjurkan untuk pasangan yang ingin segera memiliki momongan.

6 dari 8 halaman

Cara Agar Cepat Hamil

9. Kelola stres

Mengelola stres atau kondisi psikologis bisa berdampak besar pada keadaan tubuh secara keseluruhan, termasuk tingkat kesuburan. Itulah mengapa, untuk pasangan yang sedang menjalani program hamil, ada baiknya untuk berusaha mengelola stres dengan baik. Beberapa cara untuk menurunkan tingkat stres bisa dengan meditasi, liburan, maupun olahraga.

 

10. Jaga berat badan

Kondisi berat badan yang terlalu kurus atau underweight, bisa mempersulit proses kehamilan. Sedangkan kondisi berat badan berlebih atau obesitas, bisa berdampak negatif pada peningkatan risiko tekanan darah tinggi serta penyakit diabetes gestasional ketika hamil.

Itulah mengapa, wajib untuk menjaga berat badan supaya tetap ideal, baik sebelum, saat, maupun setelah kehamilan.

7 dari 8 halaman

Cara Agar Cepat Hamil

11. Olahraga

Oalahraga bisa membantu mempercepat proses kehamilan. Namun, pastikan jangan berlebihan dalam melakukannya. Sebab olahraga berlebihan juga kurang baik untuk kesuburan. Cukup dengan olahraga ringan tiga kali seminggu selama 30 menit. Jenis olaharaga yang dilakukan bisa seperti jalan pagi, lari, dan lain sebagainya.

 

12. Istirahat cukup

Selain olahraga, istirahat dengan cukup bisa menjadi cara agar cepat hamil yang efektif. Pastikan Anda dan pasangan mendapat tidur berkualitas selama 8 jam tiap malam. Sebab tidur malam berguna untuk mengoptimalkan hormon-hormon yang berfungsi dalam reproduksi.

8 dari 8 halaman

Cara Agar Cepat Hamil

13. Hindari konsumsi alkohol

Berdasar penelitian berjudul Alcohol and Infertility yang diterbitkan Journal of Human Reproductive Sciences bisa disimpulkan, bahwa kebiasaan yang harus dihindari sebagai salah satu cara agar cepat hamil yaitu minum alkohol.

Sebab, konsumsi minuman dengan kandungan alkohol tiap hari bisa menurunkan kadar testosteron serta jumlah sperma. Bahkan alkohol akan meningkatkan jumlah sperma abnormal.

 

14. Stop merokok

Cara agar cepat hamil yang terakhir, dengan menghentikan kebiasaan merokok. Kebiasaan ini bisa menurunkan kinerja dan kualitas sperma yang sehat, terutama ketika menjalani program hamil. Itulah mengapa, salah satu cara agar cepat hamil dengan berusaha menghentikan kebiasaan merokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini