Sukses

10 Manfaat Masker Madu untuk Wajah, Cantik Alami

Liputan6.com, Jakarta Ada segudang manfaat masker madu untuk wajah yang perlu diketahui. Cairan kental manis ini memiliki tekstur lembut dan mendinginkan. Membuatnya begitu menenangkan ketika diterapkan di kulit wajah.

Manfaat masker madu untuk wajah bisa diandalkan untuk mengatasi masalah jerawat, penuaan, luka, sensitif, pigmentasi, dan masih banyak lagi. Manfaat ini berasal dari kandungan dan senyawa alami yang dimilikinya.

Kandungan dan senyawa ini meliputi gula, antiseptik, antioksidan, antiinflamasi, enzim, vitamin, dan mineral. Tak heran jika manfaat masker madu untuk wajah patut diandalkan. Terutama untuk mengatasi peradangan dan hiperpigmentasi kulit.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat masker madu untuk wajah dari berbagai sumber, Jumat (20/11/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat Masker Madu untuk Wajah

Penangkal Penuaan Dini

Madu bisa berperan sebagai anti-aging. Hal ini dikarenakan madu mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan lebih banyak dibandingkan dengan krim anti-aging.

Tak heran jika kemudian manfaat masker madu untuk wajah bisa tangkal masalah penuaan dini. Tak sekadar penuaan, tetapi juga melembapkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit secara alami.

Gunakan madu untuk masker, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan kebiasaan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menyembuhkan Luka

Menurut penelitian, ada susunan kimiawi pada madu terutama gula yang memiliki osmolalitas tinggi. Osmolalitas ini bisa membuat mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, dan ragi) tidak bisa berkembang.

Hal inilah yang membuat manfaat masker madu untuk wajah bisa menyembuhkan luka. Tak hanya luka bekas jerawat tetapi terbakar, sinar UV, dan masih banyak lagi.

Zat pemanis pada madu juga dapat memproduksi hydrogen peroksida ketika bersentuhan dengan cairan dari luka atau borok. Hal inilah yang memberikan manfaat antibakteri ke area ulserasi sehingga mempercepat penyembuhan.

3 dari 7 halaman

Manfaat Masker Madu untuk Wajah

Menghilangkan Bekas Jerawat

Tak hanya menyembuhkan jerawat. Manfaat masker madu untuk wajah juga ampuh menghilangkan bekasnya. Manfaat ini berasal dari sifat antiseptik dan antioksidan yang dimiliki madu. Tidak hanya memperbaiki kulit yang rusak tetapi juga mempercepat proses penyembuhan bekas luka dari jerawat.

Menggunakan tabir surya yang cukup selama musim panas atau ketika bermain di pantai tropis tidak menjamin terbebas dari sunburn. Sinar UV yang keras dapat menyebabkan masalah kulit seperti kulit terbakar, tanda-tanda awal penuaan, peradangan dan bintik-bintik gelap. Gunakan masker madu untuk mengatasinya.

Eksfoliasi

Masker madu bisa digunakan untuk eksfoliasi. Manfaat masker madu untuk wajah ini terbilang ampuh mengangkat sel kulit mati. Apalagi madu memiliki tekstur yang lembut, nyaman diterapkan di wajah.

Manfaat ini berasal dari kandungan enzim di dalamnya. Untuk hasil yang maksimal, bisa buat scrub madu atau mencampurkannya dengan bahan lain.

Pemilik kulit kering untuk mencampurkan madu dengan oat untuk masker dan scrub wajah. Sementara pemilik kulit berminyak, bisa mencampurkan madu dan tepung.

Aplikasikan campuran tersebut sambil memijat halus wajah selama 3-5 menit. Setelah itu diamkan masker madu selama 5 menit di wajah, baru kemudian bilas dengan air.

4 dari 7 halaman

Manfaat Masker Madu untuk Wajah

Melembapkan Kulit Wajah

Kelembapan kulit tetap terjaga karena manfaat masker madu untuk wajah. Hal ini dipengaruhi kandungan senyawa humektan dalam madu yang mampu merawat kulit kering.

Selain kulit kering, sebenarnya kulit berminyak tetap bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah karena zat pemanisnya. Zat pemanis dalam madu dapat membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit.

Mencerahkan Kulit Wajah

Madu bisa membuat kulit nampak cerah berseri secara alami. Kecerahan alami ini bisa didapat dari manfaat masker madu untuk wajah. Khasiat antibakterinya membantu menenangkan peradangan dan melindungi kulit dari kuman.

Masker madu akan bertindak sebagai agen pembersih. Membuka sumbat pori-pori dan ampuh menghilangkan komedo. Sifat pemutihnya membantu menghilangkan bekas luka dan pigmentasi, membuat wajah memiliki warna kulit yang merata.

5 dari 7 halaman

Manfaat Masker Madu untuk Wajah

Menyembuhkan Jerawat

Madu dikenal sebagai zat antiinflamasi dan antibakteri. Mampu meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Hal inilah yang menjadikan manfaat masker madu untuk wajah berjerawat patut diandalkan.

Menggunakan madu sebagai masker bisa memberikan manfaat meredakan peradangannya dalam waktu satu malam saja. Hanya perlu mencampurkan madu murni dan bubuk kunyit secukupnya.

Aplikasikan campuran tersebut pada jerawat yang meradang sebelum tidur. Bilas wajah di pagi hari dan rasakan perbedaannya. Untuk hasil lebih maksimal, terapkan lebih rutin.

Melindungi dari Kerusakan

Kerusakan kulit wajah bisa ditepis dengan penggunaan masker madu. Manfaat masker madu untuk wajah ini berasal dari sifat antioksidannya. Antioksidan dalam madu dapat melindungi organ internal dari jenis kerusakan yang disebut stress oksidatif.

Kondisi ini disebut juga keadaan ketika jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Selain itu, madu juga efektif sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

6 dari 7 halaman

Manfaat Masker Madu untuk Wajah

Mengatasi Bibir Kering

Area wajah yang perlu dirawat selain kulit adalah bibir. Perawatan bibir yang alami dan mudah bisa mengandalkan masker madu. Manfaat masker madu untuk bibir ini bisa memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar UV sehari-hari.

Selain sinar UV, sebenarnya penggunaan lipstik secara terus menerus dapat membuat bibir pecah-pecah dan dehidrasi. Mengoleskannya secara teratur bisa dijadikan solusi, menghaluskan dan melembutkan secara alami.

Oleskan madu ke bibir setiap malam sebelum tidur. Obat alami untuk bibir pecah-pecah ini dapat meningkatkan kesehatan bibir. Sekaligus membuatnya nampak lebih merona secara alami.

Menenangkan Kulit Sensitif

Kulit sensitif memang memerlukan perawatan ekstra. Perawatan ini bisa mengandalkan manfaat masker madu untuk wajah. Mulai dari menangkal alergi atau iritasi dari bahan atau produk perawatan kecantikan.

Pemiliki kulit sensitif patut mencoba masker madu ini. Masker madu dapat menenangkan kulit sensitif karena sifat antiinflamasi. Hingga membuatnya cocok untuk merawat dan menjaga kulit kulit sensitif.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Masker Madu

Madu dan Susu

Bahan:

- 1 sendok makan madu organik

- 1 sendok teh susu bubuk full cream

Langkah:

1. Aduk rata sesendok makan madu dan sesemndok teh susu bubuk full cream. Gunakan wadah dan sendok yang steril agar masker tidak terkontaminasi bakteri.

2. Oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan secara seksama. Diamkan masker selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

3. Keringkan wajah dengan ditepuk-tepuk handuk bersih. Setelah itu lanjutkan dengan memakai toner, disusul serum atau pelembap wajah.

Madu dan Jeruk

Bahan:

- 1 sendok teh air perasan jeruk nipis segar

- 1 1/2 sendok makan madu organik

Langkah:

1. Campur air perasan jeruk nipis dan madu hingga menjadi pasta dengan kekentalan pas.

2. Oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit.

3. Setelah itu bilas kembali wajah dengan air bersih.

Madu dan Kunyit

Bahan:

- 4 sendok teh kunyit bubuk

- 2 sendok teh susu cair

- 4 sendok teh madu organik

Langkah:

1. Campur kunyit bubuk dengan susu cair dan madu organik. Aduk hingga tercampur rata dan masker pun siap digunakan.

2. Usapkan campuran masker pada wajah, diamkan selama 10 sampai 15 menit, dan bilas dengan air dingin hingga bersih.