Sukses

14 Tanaman Buah yang Cepat Panen di Pot, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Bercocok tanam berbagai jenis buah,menjadi alternatif terbaik agar terhindar dari risiko pestisida yang bisa saja menempel pada buah yang dijual di pasaran. Selain itu, menanam beraneka macam tanaman buah bisa menjadi solusi dalam mengurangi pengeluaran untuk bahan makanan kaya vitamin.

Namun, mengingat ketersediaan lahan untuk bercocok tanam menjadi salah satu masalah, maka tidak ada salahnya mencari cara lain. Salah satunya dengan menggunakan pot. Ternyata penggunaan pot bisa menjadi solusi praktis dalam menanam aneka jenis buah. Tapi ada beberapa jenis tanaman buah yang cepat panen di pot.

Beberapa jenis tanaman buah yang cepat panen di pot tersebut sebenarnya umum dikonsumsi. Seperti stroberi, kiwi, dan lain sebagainya. Jadi, tanaman buah yang cepat panen di pot tidak terbatas jenisnya.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum apa saja jenis tanaman buah yang cepat panen di pot tersebut dari berbagai sumber, Jumat (20/11/2020).

2 dari 8 halaman

Stroberi dan Jambu Biji

1. Stroberi

Jenis tanaman buah yang cepat panen di pot ini cukup ditanam sekali, namun bisa panen hingga dua kali dalam setahun. Tapi perhatikan pot yang digunakan. Ada baiknya untuk menggunakan pot dengan sistem drainase yang baik selebar kurang lebih 45 cm dengan kedalaman sekitar 10 cm. Maka pot tersebut bisa untuk menanam 10-12 pohon stroberi.

Kemudian pastikan juga pohon terkena sinar matahari langsung. Serta jangan lupa untuk pastikan mahkota stroberi rata dengan permukaan kompos. Terakhir, pastikan pot yang digunakan memiliki lubang pembuangan air supaya tanaman tidak busuk saat di dalam wadah.

 

2. Jambu Biji

Kemudian, tanaman buah tropis ini bisa ditanam dalam pot. Disarankan untuk meletakkan pot berisi tanaman jambu biji di area yang hangat dan terkena sinar matahari langsung. Selain buahnya yang sangat nikmat dikonsumsi, pohon jambu biji memiliki bunga dengan aroma manis.

3 dari 8 halaman

Lemon dan Beach Cherry

3. Lemon

Lemon juga merupakan tanaman buah yang cepat panen di pot. Lebih disarankan untuk menggunakan pot dari tanah liat karena memiliki pori dan mampu mengeluarkan air dari bagian sisi-sisinya. Hal ini menjadi fitur penting, karena tanaman lemon tidak baik apabila terendam air. Kemudian pastikan jika pohon lemon terpapar sinar matahari langsung dan terlindungi dari angin kencang.

 

4. Beach Cherry

Tanaman buah yang cepat panen di pot berikutnya yaitu jenis beach cherry. Beach cherry adalah salah satu jenis buah ceri yang bisa ditemukan di bagian pinggir pantai dan dataran rendah lain.

Beach cherry memang dikenal cepat berbuah di dalam pot, meski tidak dalam perawatan yang rutin. Jenis ceri ini bisa dibilang jenis tanaman yang kuat serta mampu bertahan meski cuaca ekstrem.

4 dari 8 halaman

Delima dan Markisa

5. Delima

Selanjutnya, tanaman buah delima juga salah satu tanaman buah yang cepat panen di pot. Dikarenakan, akar tanaman ini lebih dangkal jika dibanding pohon buah besar lain, serta jenis tanaman yang sangat tahan terhadap dingin.

 

6. Markisa

Pohon markisa salah satu jenis tanaman menahun. Pohon dari markisa membutuhkan pot dengan ukuran sedikit lebih besar, sebab tanaman ini mudah tumbuh dengan cepat. Jangan lupa untuk menaruh pot di tempat yang terkena sinar matahari namun tetap terlindungi.

5 dari 8 halaman

Jambu Air dan Apel

7. Jambu Air

Selain jambu biji, jenis jambu air juga merupakan tanaman buah yang cepat panen di pot. Ketika menanam jambu air di pot, tidak disarankan dari biji. Ada baiknya untuk menggunakan bibit jambu air yang di cangkok.

Kemudian, gunakan cangkokan berasal dari induk yang telah berbuah. Lalu usahakan usia bibitnya kurang lebih 2-3 bulan. Sebab jenis bibit ini lebih mudah berbuah jika ditanam dalam pot.

 

8. Apel

Jenis apel kerdil dapat ditanam dalam pot. Pakai pot dengan ukuran besar, dengan ukuran pot yang disarankan memiliki lebar 45-50 cm. Lalu letakkan di area dengan paparan sinar matahari namun terlindungi.

6 dari 8 halaman

Rock Melon dan Nanas

9. Rock melon

Rock melon perlu pot dengan ukuran sedikit lebih besar. Proses perawatn melon ini sama dengan perawatan melon biasanya. Tapi diperlukan teralis atau batang untuk menyangga buah yang akan menjadi tempat rambatan pohon.

 

10. Nanas

Tanaman nanas memiliki tinggi sekitar 1-2 meter. Akarnya juga dangkal apabila dibandingkan dengan tanaman buah lain. Maka tidak heran jika nanas menjadi salah satu tanaman buah yang cepat panen di pot.

Cara menanam nanas terbilang mudah. Cukup dengan memotong mahkota nanas, rendam di dalam air kurang lebih 1-2 hari, baru kemudian tanam di pot dan tempatkan tepat di bawah sinar matahari.

7 dari 8 halaman

Srikaya dan Tomat

11. Srikaya

Srikaya adalah tanaman perdu dengan tinggi pohon berkisar 2-7 cm. Apabila dilakukan pemangkasan dan perawatan, maka tinggi pohon cocok untuk tanaman tabulampot. Srikaya juga sangat mudah beradaptasi dengan baik dengan aneka kondisi tanah serta iklim.

 

12. Tomat

Tanaman buah yang cepat panen di pot selanjutnya yaitu tomat. Tomat bisa ditanam dengan wadah yang besar, namun perlu penyangga karena buahnya cukup berat.

8 dari 8 halaman

Pisang dan Semangka

13. Pisang

Untuk pisang sendiri, ada baiknya memilih jenis pisang kerdil. Pot yang digunakan ada baiknya pot besar yang memiliki lubang-lubang agar mampu mengeluarkan air supaya pohon pisang tidak terendam air. Jangan lupa meletakkan tanaman pisang di lokasi dengan sinar matahari.

 

14. Semangka

Kemudian, tanaman buah yang cepat panen di pot yaitu semangka. Sebenarnya menanam semangka mirip ketika menanam mentimun. Pohon semangka yang ditanam di dalam pot bisa ditempatkan di luar atau dalam ruangan. Tapi selalu pastikan jika tanaman terkena sinar matahari tiap hari.

Itulah tadi beberapa jenis tanaman buah yang cepat panen di pot yang disarankan dan tentunya memiliki rasa buah yang nikmat. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.