Sukses

8 Bahan Alami untuk Haluskan Tumit, Simak Cara Pakainya

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tumit yang kasar bahkan cenderung pecah-pecah, jadi salah satu masalah yang biasa terjadi di semua orang. Sebab, kulit tumit seringkali kehilangan kelembapan. Tapi selain masalah kelembapan, ada juga faktor lingkungan, penggunaan sabun yang tidak cocok, hingga terkena panas matahari terus menerus dalam jangka waktu lama.

Sebenarnya yang cukup ditakutkan ketika tumit kasar dan mengering, yaitu tumit bisa mengering pecah-pecah hingga mengeluarkan darah. Namun tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa bahan alami untuk haluskan tumit yang bisa Anda coba.

Penggunaan bahan alami untuk haluskan tumit, selain aman dari risiko alergi obat, juga lebih murah dibandingkan harus membeli obat oles yang dijual di pasaran. Bahan alami untuk haluskan tumit ini umumnya berasal dari jenis buah-buahan. Sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

Tapi, penggunaan bahan alami untuk haluskan tumit ini tidak bisa langsung terlihat hasilnya. Diperlukan proses pemakaian beberapa kali agar hasilnya bisa terlihat.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja bahan alami untuk haluskan tumit yang dimaksud. Simak dengan seksama, Jumat (20/11/2020).

2 dari 5 halaman

Minyak Kelapa dan Air Lemon

1. Minyak kelapa

Bahan alami untuk haluskan tumit bisa dengan penggunaan minyak kelapa. Minyak ini bisa membantu dalam membunuh bakteri serta kuman sekaligus bermanfaat dalam melembutkan kulit tumit.

Dengan sifat antimikroba dan antijamur yang ada di dalam minyak kelapa, turut mencegah tumit yang sudah terlanjur pecah dan terluka terhindar dari infeksi. Anda cukup merendam tumit ke dalam dalam air hangat yang sudah ditambahkan beberapa tetes minyak kelapa kurang lebih selama 10 menit sembari digosok lembut.

 

2. Air lemon

Selanjutnya, bahan alami untuk haluskan tumit bisa menggunakan air perasan lemon. Air perasan lemon tersebut akan membuat kaki jadi lebih lembut serta mencegah dari masalah tumit kering maupun pecah-pecah. Anda cukup merendam kaki dalam air lemon selama 10-15 menit.

Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa melakukan perawatan dengan air lemon minimal sekali dalam sehari. Selain itu, adanya sifat antibakteri serta antivirus yang ada di dalam lemon, bisa membantu untuk membunuh bakteri dan juga melembutkan tumit.

3 dari 5 halaman

Gandum dan Garam Epsom

3. Gandum

Ternyata, gandum bisa membantu untuk menghaluskan kulit tumit. Gandum juga akan menjaga sel-sel kulit kering serta membuat kulit tetap segar. Anda cukup menggunakan satu sendok gandum dan tambahkan dengan beberapa tetes minyak jojoba. Selanjutnya aduk rata dan gosokkan ke tumit yang kasar. Cukup diamkan selama 30 menit lalu bisa dibilas.

Selain dengan campuran minyak jojoba, Anda juga bisa menggunakan air gandum yang sudah dicampur dengan pelembap kulit.

 

4. Garam epsom

Garam epsom menjadi salah satu jenis bahan alami untuk haluskan tumit. Anda bisa memulai penggunaan garam ini dengan menyiapkan satu ember penuh air hangat. Kemudian, tambahkan dengan beberapa sendok garam epsom. Selanjutnya, Anda bisa segera merendam kaki kurang lebih 10 menit.

Dengan melakukannya secara teratur bisa membantu Anda mendapatkan tumit yang lembut. Tapi, jika penggunaan garam Epsom membuat kulit kaki kering serta dehidrasi, ada baiknya untuk berhenti menggunakannya.

4 dari 5 halaman

Cuka Apel dan Pisang

5. Cuka apel

Cuka apel selain membantu untuk menghaluskan tumit, juga bisa membuat tumit tetap lembap. Kemampuan cuka apel untuk menghaluskan tumit tersebut tidak lain dari kandungan asam asetat yang ada didalamnya, sehingga dapat membantu proses pengelupasan kulit mati dengan alami.

Cara penggunaannya dengan mencampurkan setengah cangkir cuka apel ke dalam bak penuh air hangat. Kemudian, Anda bisa merendam kaki lalu tunggu untuk beberapa waktu.

 

6. Pisang

Selanjutnya, pisang adalah bahan alami untuk haluskan tumit. Pisang juga menjadi bahan alami yang tepat untuk membantu melembapkan tumit kaki serta mencegah kaki kering bahkan pecah-pecah. Sebab, pisang memiliki kemampuan hidrasi yang baik untuk tumit.

Anda bisa mencoba untuk ambil satu buah pisang lalu campurkan dengan satu sendok makan madu. Kemudian, perlahan aduk hingga berbentuk pasta. Setelah adonan jadi, Anda bisa mengaplikasikannya ke tumit yang kasar sembari digosok perlahan. Agar hasilnya efektif, Anda bisa melakukan perawatan ini kurang lebih dua kali seminggu.

5 dari 5 halaman

Madu dan Lidah Buaya

7. Madu

Selanjutnya, madu merupakan jenis bahan alami yang bisa menjadi pelembap dan juga memiliki sifat antivirus serta antibakteri. Dengan begitu, tidak heran jika madu dapat membantu menghaluskan tumit. Itulah mengapa, jika mengalami tumit kasar bisa mencoba gunakan madu yang dioles ke kulit sembari dipijat lembut.

Anda bisa melakukan perawatan ini dengan teratur selama 10-15 menit agar mendapatkan tumit yang lembut serta terhindar dari risiko pecah-pecah.

 

8. Lidah buaya

Tanaman ini dikenal karena berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya. Kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang ada pada lidah buaya sangat tepat untuk mengobati infeksi kulit serta membantu hidrasi kulit, terutama pada kulit kaki.

Anda cukup mencampur dua sendok makan gel lidah buaya dengan minyak seperti zaitun atau minyak dengan kandungan vitamin E tinggi lainnya. Lalu oles campuran tersebut ke tumit kaki yang kasar dan biarkan sampai mengering. Selanjutnya jangan lupa bilas.

Agar hasilnaya lebih maksimal gunakan gel lidah buaya tersebut sebelum tidur, lalu biarkan semalaman. Barulah cuci bersih ketika pagi hari. Serta ulangi penggunaan campuran lidah buaya tersebut minimal 2-3 kali dalam seminggu dengan teratur.