Sukses

12 Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Buah kelapa mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Manfaatnya bagi kesehatan manusia ternyata tidak hanya berasal dari dagingnya saja, namun ada beragam manfaat air kelapa yang tidak kalah baik untuk kesehatan tubuh.

Air kelapa sendiri terkenal dengan rasanya yang segar dan cocok dikonsumsi kala cuaca panas. Air kelapa tersebut juga sering dijadikan olahan berbagai jenis minuman segar pelepas dahaga. Selain itu, salah satu manfaat air kelapa juga dikenal bisa mengembalikan elektrolit tubuh.

Tapi, apa saja sebenarnya manfaat air kelapa lainnya? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai apa saja manfaat air kelapa yang baik untuk kesehatan tubuh, Jumat (20/11/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat Air Kelapa

1. Hilangkan dehidrasi

Manfaat air kelapa yang pertama bisa menghilangkan dehidrasi. Air kelapa memiliki banyak kemiripan dengan cairan yang ada di dalam tubuh. Lalu, air kelapa juga kaya akan kandungan elektrolit dan bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika aktivitas.

Selain itu, air kelapa juga sangat mudah diserap oleh tubuh. Itulah alasan air kelapa sangat baik untuk dikonsumsi saat tubuh mulai dehidrasi.

 

2. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat air kelapa selanjutnya mampu mengatasi beragam keluhan penyakit yang menyerang pencernaan. Air kelapa diyakini ampuh sebagai obat semua penyakit, terutama yang berhubungan dengan pencernaan.

Ketika terserang diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, maupun gangguan ginjal, sangat disarankan konsumsi air kelapa. Sebab ketika diare tubuh akan kehilangan banyak cairan. Dengan konsumsi air kelapa, bisa menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Sebab di dalam air kelapa juga mengandung asam amino, enzim, mineral, serta asam lemak yang membuat air kelapa memiliki osmolaritas tinggi.

Kemudian, air kelapa juga memiliki kandungan natrium serta klorida yang sangat rendah, namun tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang untuk mencegah dehidrasi. Lalu air kelapa juga mengandung enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, serta berbagai enzim lain. Adanya kandungan enzim dalam air kelapa tersebut bisa menjaga sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

3 dari 7 halaman

Manfaat Air Kelapa

3. Kontrol tekanan darah

Kemudian, manfaat air kelapa yaitu mampu mengontrol tekanan darah. Adanya kandungan kalium tinggi dan natrium rendah dalam air kelapa bisa membantu penurunan tekanan darah tinggi.

Berdasar hasil penelitian yang diterbitkan West Indian Medical Journal mendapatkan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi yang mengonsumsi air kelapa dengan rutin. Dari hasil observasi bisa disimpulkan, jika tekanan darah tinggi objek penelitian secara rata-rata menurun.

Kemudian, yang tidak kalah penting adalah air kelapa bisa membantu peningkatan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, serta meningkatkan sensitivitas insulin.

 

4. Turunkan berat badan

Manfaat air kelapa yang juga bisa membantu penurunan berat badan. Sebab air kelapa memiliki kandungan lemak, kadar gula, serta kalori yang cukup rendah rendah. Selain itu, air kelapa juga tidak memiliki efek samping saat dijadikan bahan konsumsi untuk diet penurunan berat badan.

4 dari 7 halaman

Manfaat Air Kelapa

5. Menghidrasi kulit

Masalah kulit kering merupakan gangguan yang diakibatkan kulit tubuh kekurangan cairan. Dengan konsumsi air kelapa, maka bisa membantu proses hidrasi kulit agar kulit tetap lembap. Air kelapa juga mengandung vitamin C dan mampu menyehatkan kulit.

 

6. Lindungi dan jaga elastisitas kulit

Manfaat air kelapa bisa menjaga elastisitas kulit. Sebab, air kelapa mengandung banyak vitamin C. Di mana vitamin C dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar mampu menangkal radikal bebas.

Konsumsi satu gelas air kelapa dalam sehari, bisa memenuhi hampir 40 persen kebutuhan vitamin C harian. Air kelapa juga bisa menjadi alternatif dalam mencukupi kebutuhan vitamin C terutama jika Anda tidak terlalu suka dengan rasa asam jenis buah mengandung vitamin C, seperti jeruk atau kiwi.

5 dari 7 halaman

Manfaat Air Kelapa

7. Menjaga gula darah

Air kelapa juga membantu menjaga kadar gula darah. Manfaat ini berasal dari kandungan magnesium, potasium, mangan, vitamin C dalam air kelapa yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan berdampak pada penurunan kadar gula darah yang terlalu tinggi.

 

8. Netralisir racun

Air kelapa bisa menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Kandungan tanin serta antidotum atau anti racun yang ada dalam buah kelapa sangat tinggi. Selain itu, air kelapa juga mengandung enzim pengurai sifat racun dalam tubuh.

6 dari 7 halaman

Manfaat Air Kelapa

9. Stabilkan suhu tubuh

Sudah dibahas pada awal artikel, jika mengonsumsi air kelapa membantu mengatasi dehidrasi. Kondisi dehidrasi sendiri bisa menyebabkan beberapa gejala yang timbul, seperti peningkatan suhu tubuh, kulit kering, dan badan lemas.

Dengan minum air kelapa, maka akan menstabilkan suhu tubuh yang meningkat tersebut, karena tubuh sudah terhidrasi dengan baik, sekaligus membuat kulit semakin lembap.

 

10. Menjadi masker rambut

Air kelapa bisa dijadikan masker rambut untuk mengembalikan kilau serta kekuatan rambut. Cara aplikasinya sangat mudah, yaitu dengan mengoles rata air kelapa. Lalu, setelah digunakan selama 15 menit, segera bilas sampai bersih.

7 dari 7 halaman

Manfaat Air Kelapa

11. Sumber antioksidan

Lalu, manfaat air kelapa sebagai sumber antioksidan bagi tubuh. Antioksidan yang terdapat dalam air kelapa dipercaya bisa membantu menetralkan stres oksidatif serta melawan radikal bebas. Apabila tubuh terlalu banyak terpapar radikal bebas, maka akan menyebabkan sel tubuh jadi rusak dan risiko timbulnya penyakit semakin tinggi.

 

12. Cegah penuaan dini

Selanjutnya, manfaat air kelapa bisa mencegah penuaan dini. Air kelapa akan membuat kulit lebih halus dan terlihat muda. Adanya kandungan sitokinin yang merupakan salah satu hormone pertumbuhan dalam air kelapa, berfungsi menjaga pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Selain itu sitokinin pada air kelapa memiliki manfaat untuk mencegah penuaan, anti karsinogenik, dan anti trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin sendiri juga bisa menyeimbangkan pH dalam tubuh, perkuat dan menghidrasi jaringan ikat, kemudian bisa juga mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.