Sukses

6 Manfaat Memasak Bersama Anak, Meningkatkan Percaya Diri dan Daya Imajinasi

Manfaat memasak bersama anak tentunya harus kamu lakukan dengan betul-betul menjaga dan memperhatikan keamanannya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat memasak bersama anak ternyata tidak hanya menyenangkan, namun juga baik untuk tumbuh kembangnya. Memasak bersama anak pada akhir pekan tentunya bisa kamu lakukan, karena hal ini sangat baik untuk perkembangannya.

Kamu bisa mengajak anak untuk memasak bersama untuk meningkatkan percaya diri dan daya imajinasinya. Bahkan, hal ini juga dapat membuatnya belajar tentang tanggung jawab, mengasah keterampilan berhitung, dan tentunya mempererat hubungan orang tua dan anak. 

Manfaat memasak bersama anak tentunya harus kamu lakukan dengan betul-betul menjaga dan memperhatikan keamanannya. Jangan sampai anak terluka atau kesakitan karena kamu tidak menjaga keamanan saat memasak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter, Jumat (20/11/2020) tentang manfaat memasak bersama anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Memasak Bersama Anak

Meningkatkan Percayaan Diri

Manfaat memasak bersama anak yang pertama adalah untuk membangun kepercayaan dirinya. Hal ini berkaitan dengan kegiatan memasak saat kamu melibatkan anak dalam menyiapkan alat, bahan, dan ikut serta dalam proses pembuatannya.

Melibatkan anak dalam proses memasak, berarti kamu menunjukkan kerja sama di dalam tim. Kamu bisa menunjukkan bahwa usaha yang dilakukan bersama-sama bisa membuahkan hasil terbaik. Setelah memasak, kamu bisa memuji anak sebagai tanda bahwa kamu menghargai usahanya. Dengan begitu, ia akan lebih percaya diri.

Mengajarkan Tanggung Jawab

Selain meningkatkan percaya diri, manfaat memasak bersama anak juga sebagai pelajaran untuk bertanggung jawab. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan ia tugas yang kamu rasa mampu dikerjakannya. Misalnya saat memasak, kamu bisa minta tolong anak untuk mencuci sayur.

Biarkan ia melakukan tugasnya sendiri sembari kamu awasi, bantu jika memang ada kesulitan. Dengan memberikannya tugas satu per satu, secara tidak langsung kamu mengajarkan tanggung jawab kepada anak untuk menyelesaikan suatu hal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Memasak Bersama Anak

Mengasah Kemampuan Berhitung

Manfaat memasak bersama anak juga dapat mengasah kemampuan berhitung dan sains anak. Hal ini disebabkan karena memasak diyakini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengukur, mengamati, menghitung, dan memprediksi suatu hal. Ketika dilatih sejak dini dengan kegiatan kreatif seperti memasak, anak bukan tidak mungkin bisa berhasil menciptakan sebuah inovasi teknologi di kemudian hari.

Meningkatkan Daya Imajinasi

Kamu juga bisa menuntun anak untuk menuangkan imajinasinya ke dalam sebuah masakan.  Contohnya, biarkan ia memberi ide untuk menggunakan metode memasaknya di luar resep, biarkan ia menambahkan bahan makanan lain, atau berikan anak kebebasan saat menghias sajian makanan. Meskipun hasil masakan tidak enak atau bentuknya tidak menggugah selera, yang penting ia sudah menggunakan imajinasinya. Anak juga sudah berani untuk berkreasi dengan suatu hal, yaitu memasak.

4 dari 4 halaman

Manfaat Memasak Bersama Anak

Memberikan Pengalaman Sensorik

Anak-anak dikenal punya rasa ingin tahu yang tinggi, terlebih ketika bertemu hal baru. Hal ini tentunya membuat kamu bisa menggunakan masak bersama anak untuk melatih kemampuan sensoriknya, terutama indra-indra di tubuhnya agar lebih peka.

Misalnya, dari indera pendengaran (mendengar suara makanan yang diolah), indera penciuman (mencium aroma makanan yang sedang dimasak), dan indera penglihatan (membaca resep). Tak hanya itu, indera peraba (memotong, mengaduk, atau bahkan menguleni), dan indera perasa (mencicipi hasilnya) pun juga akan bekerja saat anak memasak.

Memasak juga dapat membuat anak jadi lebih fokus ke beberapa indranya, baik secara kolektif maupun individual. Hal ini akan membuatnya dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus dan menyelesaikan tugas secara on time di kemudian hari.

Mempererat Hubungan Antar Orang Tua dan Anak

Manfaat memasak bersama anak yang terakhir adalah mempererat hubungan antar orang tua dan anak. Secara tidak langsung, kamu juga bisa mengajarkan tradisi keluarga yang diturunkan. Misalnya, mengajarkan anak memasak makanan tradisional turun temurun dari tradisi keluarga.

Masak bersama juga membuat anak-anak jadi semakin kompak dan membangun ikatan yang kuat dengan saudaranya yang lain. Memasak bersama tentunya akan memberikan pengalaman yang berkesan bagi anak hingga dewasa nanti.

Itulah beberapa manfaat memasak bersama anak yang bisa kamu dapatkan. Ingatlah untuk selalu menjaga keamanan dan tetap perhatikan anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.