Sukses

15 Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami, Efektif dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui berbagai cara membersihkan paru-paru secara alami ini penting sekali. Paru-paru memang bisa membersihkan dirinya sendiri, tetapi tidak seefektif jika pemiliknya ikut berupaya. Pada jangka tertentu, paru-paru manusia akan mengalami penumpukan limbah, zat kimia, jamur, bakteri, dan virus.

Penumpukan zat berbahaya di paru-paru ini ditandai dengan saluran pernapasan yang mengeluarkan dahak berlebihan. Tanda paru-paru kotor yang lain, muncul ketombe, kulit kering, pori-pori membesar, bau badan, perut kembung, dan mengalami infeksi sampai penyakit paru. Di sinilah pentingnya mempraktikkan cara membersihkan paru-paru secara alami.

Kumpulan cara membersihkan paru-paru secara alami ini berupaya mengeluarkan dahak, racun, zat karsinogenik, dan mencegah peradangan. Praktiknya tak hanya dengan menerapkan kebiasaan sehat seperti berolahraga. Melainkan dengan konsumsi makanan dan minuman yang kaya antioksidan, flavonoid, bersifat antivirus, antibakteri, dan antiseptik.

Berikut Liputan6.com ulas cara membersihkan paru-paru secara alami dari berbagai sumber, Sabtu (21/11/2020).

2 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Teh Hijau

Teh hijau bisa diterapkan sebagai cara membersihkan paru-paru secara alami. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari penghirupan asap.

Teh hijau mengandung quercetin, antioksidan yang bertindak sebagai antihistamin alami. Antihistamin membantu memperlambat pelepasan histamin dan bahan kimia inflamasi lainnya dalam tubuh yang dapat menyebabkan gejala alergi pernapasan.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum. Air panas juga baik untuk menenangkan tenggorokan dan melindungi paru-paru dari iritasi dengan mengeluarkan selaput lendir.

Buah Beri

Buah beri seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry tak hanya lezat dikonsumsi. Buah-buahan ini cocok digunakan untuk membersihkan paru-paru secara alami. Aman pula dikonsumsi setiap saat.

Manfaat ini datang dari kandungan antioksidan, flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang melimpah. Mengonsumsinya secara rutin bisa bantu mengeluarkan zat karsinogen dari paru-paru, mencegah kanker, dan meringankan infeksi paru-paru.

3 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Jahe

Jahe bisa untuk menjaga kesehatan paru-paru sekaligus membersihkannya. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu membersihkan jalan napas dan detoksifikasi tubuh.

Ini membantu membuang racun dari saluran pernapasan. Selain itu, jahe juga mengandung kurkumin yang bisa meringankan radang pada paru-paru. Bisa dikonsumsi dengan menjadikannya ramuan hangat seperti wedang jahe.

Salmon

Salmon merupakan makanan super yang dapat mencegah paru-paru tidak terganggu. Salmon pun bisa digunakan sebagai upaya membersihkan paru-paru. Cara membersihkan paru-paru secara alami dengan konsumsi salmon juga mudah diterapkan.

Manfaat pembersihan ini berasal dari kandungan asam lemak omega-3 yang dikaitkan dengan anti-inflamasi seluruh tubuh. Termasuk pula untuk paru-paru yang dapat mengurangi risiko asma.

Mengonsumsi salmon secara rutin dipercaya dapat membantu meredakan gejala asma seperti sesak napas, demam, dan sakit kepala. Tak hanya salmon, makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3 adalah tuna, kacang-kacangan, dan biji rami.

 

4 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Madu

Madu memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Tidak heran jika madu juga kerap diandalkan untuk mengeluarkan dahak di paru-paru dan membersihkannya secara alami.

Sebuah studi pada tahun 2007 menguji efek madu soba pada infeksi saluran pernapasan atas yang menyerang anak-anak. Dilaporkan bahwa anak yang secara konsisten mengonsumsi madu mengalami perbaikan gejala yang signifikan.

Cobalah mengonsumsi 1 sendok makan madu setiap 3 atau 4 jam sekali. Lakukan hingga lendir di dada atau paru-paru terasa mereda. Hindari memberikan madu untuk anak di bawah 1 tahun karena bisa membahayakannya.

Selain itu bisa juga konsumsi madu dengan campuran lemon. Campur keduanya dengan air hangat. Iritasi dan penumpukan dahak di tenggorokan bisa diatasi dengan mengonsumsinya. Saat meminumnya juga akan membuat saluran pernapasan menjadi lebih nyaman.

Apel

Apel kaya akan sumber antioksidan dan fitokimia (seperti katekin, asam klorogenik, dan phloridzin). Kandungan-kandungan ini membuat cara membersihkan paru-paru secara alami dengan konsumsi apel bisa dilakoni.

Dampaknya mengurangi risiko asma, kanker, peradangan, dan penyakit kardiovaskular. Apel dikemas dengan asam fenolik dan flavonoid yang dikenal untuk mengurangi peradangan di saluran udara, penyebab umum dari asma dan mengi.

Apel sarat dengan nutrisi, energi tinggi, serat tinggi, makanan rendah kalori. Flavonoid dan beragam vitamin, serta antioksidan, khususnya vitamin C, membantu tubuh mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan sistem pernapasan yang sehat. Ketika fungsi pernapasan sehat, tubuh dapat melawan penyakit paru-paru dan mencegahnya secara alami.

Air Hangat

Tak hanya menjaga hidrasi tubuh, cairan hangat juga mampu mengatasi penumpukan lendir atau dahak yang ada di paru-paru. Pembersihan paru-paru ini bekerja dengan membantu dahak keluar melalui tenggorokan bersama batuk.

Di samping memanfaatkan air putih hangat biasa, manfaat cairan hangat untuk mengatasi lendir di dada juga bisa dirasakan dengan mengonsumsi kuah kaldu, teh hitam atau hijau tanpa kafein, dan teh herbal. Meski begitu, mengonsumsinya berlebihan juga tidak boleh dilakukan, secukupnya saja.

5 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Kacang

Kacang termasuk makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan paru-paru. Kacang memiliki kandungan folat yang rendah dan mampu membuat paru-paru selalu sehat.

Kacang kaya akan folat ini dapat mengurangi risiko berbagai gangguan yang berhubungan dengan paru-paru juga. Aneka kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi adalah kacang polong, almond, dan lain sebagainya.

Olahraga dan Menepuk Dada

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan, olahraga yang sifatnya aerobik dapat membuat jantung berdetak lebih cepat. Tak hanya jantung, tetapi juga menolong paru-paru berfungsi lebih baik dan membersihkannya secara alami.

Para pakar menyarankan olahraga dilakukan setidaknya 30 menit sehari selama lima hari dalam seminggu. Pilih olahraga intensitas sedang, seperti jalan, lari, sepeda, atau berenang. Olahraga ini pun cukup berguna bagi perokok.

Terutama bagi yang sudah mengalami penumpukan lendir (mukus) atau yang memiliki penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) akibat rokok. Caranya adalah dengan menepuk pelan dada dan punggung sambil berbaring miring untuk membantu mengeluarkan dahak atau lendir.

6 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Bawang Putih

Bawang putih bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan membersihkan paru-paru. Cara membersihkan paru-paru secara alami dengan konsumsi bawang putih berasal dari kandungan flavonoidnya. Bawang putih pun bisa merangsang produksi enzim yang meningkatkan efisiensi tubuh dan paru-paru untuk menyingkirkan racun dan karsinogen.

Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung zat yang bernama allicin. Zat ini bermanfaat untuk mencegah asma, membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru. Sementara sifat antioksidannya, mampu menghancurkan radikal bebas yang menempel di paru-paru.

Uap Panas

Uap bisa diandalkan untuk membersihkan paru-paru dengan mengeluarkan dahak. Udara uap yang lembap sangat ampuh mengecerkan dahak.

Untuk air biasa, siapkan baskom atau wadah, handuk, dan air mendidih. Tutupkan handuk di atas kepala, dekatkan wajahmu ke permukaan air panas tersebut, dan hirup uap airnya.

Selain air biasa, bisa coba konsumsi sayur sup hangat atau teh herbal yang memiliki aroma seperti aromaterapi yang bisa melegakan.

7 dari 7 halaman

Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Rempah

Cara membersihkan paru-paru secara alami bisa dilakukan dengan konsumsi rempah. Hal ini disebabkan karena rempah ampuh mengeluarkan dahak yang ada di paru-paru. Rempah ini adalah bawang putih, jahe, lemon, dan cabai rawit.

Cara mengeluarkan dahak di paru-paru dengan rempah memang aman, tetapi tetap konsultasikan dengan dokter, ya. Rempah yang kerap digunakan adalah jahe. Jahe disebut sebagai dekongestan natural.

Sementara mencampur jahe dengan kunyit akan membuat ramuan ini memiliki bersifat antiseptik. Jadi, bakteri jahat penyebab peradangan bisa segera disingkirkan. Coba tambahkan jahe dan kunyit dalam teh hangat, jika perlu tambahkan juga madu agar rasanya lebih nikmat.

Hindari Rokok dan Polusi

Membersihkan paru-paru juga harus dimulai dengan menghindari rokok atau berhenti merokok. Menghindari dan berhenti akan membuat paru-paru tidak mengalami kerusakan lebih lanjut.

Bagi perokok pasif, tegaskan pada anggota keluarga serumah atau rekan kerja untuk berhenti merokok. Kalaupun mereka harus merokok, persilakan di luar ruangan dan segera berganti baju ketika masuk ke dalam rumah.

Selain rokok, menghindari polusi udara juga bagian dari pembersihan paru-paru. Cara membersihkan paru-paru secara alami ini memang terdengar mudah, tetapi praktiknya butuh komitmen ekstra.

Polusi udara dapat menimbulkan sejumlah dampak buruk pada tubuh manusia, termasuk paru-paru. Sebisa mungkin, hindari berlama-lama di tempat yang padat kendaraan, seperti tempat parkir, gunakan masker saat ke luar ruangan terutama di jalan raya, dan sedapat mungkin gunakan kendaraan umum.