Sukses

8 Cara Membuat Masker Alpukat untuk Rambut, Sehat Menutrisi

Alpukat kaya vitamin dan mineral untuk menutrisi rambut.

Liputan6.com, Jakarta Alpukat punya banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya untuk rambut. Alpukat sangat melembapkan dan menutrisi. Ini karena alpukat merupakan buah istimewa yang mengandung minyak alami dan asam lemak sehat.

Minyak alami ini dapat bermanfaat untuk semua jenis rambut. Namun, alpukat sangat berguna terutama untuk rambut kering dan dehidrasi. Buah ini juga kaya vitamin yang dapat menutrisi kulit kepala dan membantu rambut tampak sehat, berkilau, dan terhidrasi.

Alpukat adalah sumber biotin yang bagus. Ini bisa membantu rambut tumbuh lebih sehat. Selain itu, mineral dalam minyak alpukat, termasuk kalium dan magnesium, dapat menyegel sel kutikula, yang dapat membantu rambut terlihat halus dan berkilau serta mencegahnya patah.

Alpukat bisa dijadikan masker rambut yang sehat. Kamu bisa membuat sendiri masker ini untuk menutrisi rambut. Berikut 8 cara membuat masker alpukat untuk rambut, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (22/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Alpukat dan minyak kelapa

Minyak kelapa telah terbukti mudah menyerap ke rambut dan melindungi untaian rambut dari kerusakan luar. Minyak ini juga mengandung asam lemak esensial yang dapat mengurangi efek kerusakan pada rambut.

Minyak kelapa bekerja dengan alpukat untuk membentuk lapisan pelindung di sekitar batang rambut, meminimalkan hilangnya kelembapan dan kerusakan.

Haluskan satu buah alpukat lalu tambahkan dua sampai tiga sendok makan minyak kelapa. Aduk sampai merata dan aplikasikan campuran ini ke rambut dan kulit kepala. Fokus pada ujung rambut, karena ini adalah bagian yang paling tua dan paling rusak.

Setelah seluruhnya terlapisi dengan rambut, tutupi dengan topi mandi, dan tunggu selama 30 menit. Cuci rambut dengan air dingin dan sampo.

3 dari 9 halaman

Alpukat, madu, dan minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung squalene, yang memiliki sifat pengkondisian dan pelemba yang sangat baik. Minyaknya ringan dan tidak memberatkan rambut. Ini bisa membuat rambut lembut hanya dalam penggunaan pertama. Minyak zaitun juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Madu adalah humektan yang membantu menyegel air di batang rambut, menahan hilangnya kelembapan, dan meningkatkan kilau.

Haluskan satu buah alpukat ukuran sedang yang matang. Tambahkan masing-masing dua sendok makan madu mentah dan minyak zaitun.

Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala. Jangan lupa oleskan masker ke ujung rambut. Tutupi dengan shower cap. Jika punya blow dryer, gunakan selama sekitar 15 menit. Atau, kamu bisa duduk di bawah sinar matahari selama 30-45 menit. Bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

4 dari 9 halaman

Alpukat, minyak zaitun, dan air lemon

Lemon bersifat antijamur dan dapat membantu mengurangi minyak dan ketombe. Sifat emolien minyak zaitun akan membantu melembutkan rambut. Lemon, jika tidak dibilas dengan benar, dapat memutihkan rambut untuk sementara. Jadi pastikan untuk membilas dengan tuntas setelahnya.

Hancurkan satu buah alpukat, dan campur dengan seperempat gelas minyak zaitun dan satu sendok teh air lemon. Oleskan ke rambut basah atau kering dari akar ke ujung. Bilas dengan air dan sampo setelah kurang lebih 30 menit.

5 dari 9 halaman

Alpukat dan lidah buaya

Lidah buaya memiliki khasiat anti inflamasi yang dapat menenangkan kulit kepala. Kandungan vitamin pada lidah buaya dan alpukat akan menyehatkan rambut. Lidah buaya adalah kondisioner rambut alami dan dapat mengurangi kerusakan rambut dan rambut rontok.

Campur satu buah alpukat matang, dua sendok makan gel lidah buaya, dan satu sendok teh minyak kelapa. Tambahkan lebih banyak minyak kelapa jika memiliki rambut yang sangat panjang atau tebal.

Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala sampai merata. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

6 dari 9 halaman

Alpukat dan yogurt

Yogurt memiliki sifat pengkondisian rambut yang bekerja dengan alpukat untuk memperbaiki dan mengkondisikan rambut kering dan rusak.

Campurkan setengah buah alpukat dengan satu cangkir yogurt, dua sendok makan minyak zaitun, dan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala. Tutupi dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit. Bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

Madu dan minyak zaitun bekerja sama untuk menyegel nutrisi dan kelembapan yang diberikan oleh yogurt dan alpukat dalam masker rambut ini.

7 dari 9 halaman

Alpukat dan pisang

Pisang memiliki kandungan silika yang tinggi. Jika digunakan sebagai masker rambut, ia berfungsi menghaluskan rambut dan menambah kilau.

Haluskan satu buah pisang dan setengah buah alpukat. Oleskan pada rambut basah dari akar hingga ujung. Tutupi dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin dan sampo setelahnya.

8 dari 9 halaman

Alpukat dan oatmeal

Oatmeal dapat membantu menenangkan kulit kepala yang kering dan gatal. Oatmeal dapat membantu mencegah rambut rontok. Sifat pengelupasannya juga membuka pori-pori dan memfasilitasi pertumbuhan rambut. Menggunakannya sebagai masker rambut dapat membantu menebalkan rambut.

Masak setengah cangk oatmeal sesuai dengan petunjuk memasaknya. Biarkan dingin hingga mencapai suhu ruangan. Haluskan setengah buah alpukat matang. Campur dengan oatmeal hingga membentuk pasta yang halus. Oleskan ke rambut dari akar ke ujung. Tutupi dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin dan sampo setelahnya.

9 dari 9 halaman

Alpukat dan susu

Kombinasi bahan-bahan ini mampu menjaga kelembapan rambut. Masker alpukat dan susu mampu mengurangi rambut bercabang dan kerusakan. Ia juga mengurangi rambut kering dan kusut.

Campur satu buah alpukat dengan setengah cangkir susu, dan masing-masing satu sendok makan minyak zaitun dan minyak almond. Haluskan bahan-bahan tersebut sampai adonan membentuk konsistensi yang halus.

Oleskan masker dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini