Sukses

12 Kuliner Bogor Legendaris, Lezat Tak Boleh Terlewat

Liputan6.com, Jakarta Kuliner Bogor punya ragam keunikan cita rasa. Bogor merupakan sebuah kota dan kabupaten di Jawa Barat yang tak jauh dari Jakarta. Bogor yang dikenal sebagai Kota Hujan menjadi destinasi warga ibu kota untuk berlibur akhir pekan.

Destinasi seperti Puncak dan Kebun Raya tak pernah sepi pada akhir pekan dan hari libur. Selain tempat wisata, kuliner Bogor bisa jadi salah satu keistimewaan Kota Hujan ini. Ada beragam jenis kuliner Bogor yang siap memanjakan lidah.

Kuliner Bogor punya popularitas tinggi di mulut pencinta kuliner. Beragam kuliner Bogor bisa dengan mudah didapatkan di tiap sudut kota. Kuliner Bogor ini juga harus masuk dalam agendamu saat berada di kota ini.

Berikut kuliner Bogor yang begitu legendaris, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (23/11/2020).

2 dari 7 halaman

Kuliner Bogor Legendaris

Soto Bogor

Bogor juga punya olahan sotonya sendiri. Kuliner Bogor satu ini wajib dicoba bagi para pencinta soto. Soto Bogor memiliki ciri khas kuahnya yang kuning. Soto Bogor biasanya berisi daging sapi dengan rasa yang khas.

Ada banyak tempat untuk menikmati kuliner Bogor satu ini. Namun, ada dua tempat Soto Bogor yang sangat legendaris. Ini adalah Soto Kuning Pak Yusuf di Jl. Surya Kencana No.244, Bogor dan Soto Bogor Pak Salam di Jl. Siliwangi 298, Bogor.

Soto Mie Legendaris

Selain soto kuning, Bogor juga dikenal dengan olahan soto mienya. Soto Mie berisi mie telur kuning yang disajikan bersama kuah soto. Bahan utama soto mie Bogor adalah urat kaki sapi, babat, dan mi, ditambahi irisan risoles sederhana berisi sayur dan bihun, tomat, kol, kentang, dan seledri.

Ada berbagai jenis dan variasi resep soto mie, yang dapat dibuat dari bahan ayam, daging sapi, atau jeroan sapi.

3 dari 7 halaman

Kuliner Bogor Legendaris

Asinan Bogor

Kuliner Bogor yang tak kalah terkenal adalah asinan Bogor. Asinan Bogor bisa berisi sayur, buah, atau keduanya. Buah yang biasa digunakan untuk asinan Bogor adalah bengkuang, salak, jambu, dan nanas. Sementara untuk sayuran biasanya berisi taoge, kol, dan mentimun. Kuah dari asinan Bogor terbuat dari sari pati cabai merah. Ini memberikannya rasa pedas sekaligus segar.

Asinan Bogor sangat mudah ditemukan. Salah satu toko asinan Bogor yang legendaris adalah Toko Asinan “Asli Bogor” di Jl. H. Juanda No. 90 Bogor.

Asinan Jagung Bakar

Selain asinan sayur dan buah, di Bogor kamu juga akan menemukan asinan jagung bakar. Asinan jagung bakar berisi jagung bakar pipil yang dicampur dengan kacang tanah goreng dan potongan mentimun. Ini kemudian disiram dengan kuah cuka yang pedas.

Salah satu penjual asinan jagung bakar yang terkenal adalah Asinan Jagung Bakar Pak Sabur yang berada di Jl. Surya Kencana, Gang Aut, Bogor.

4 dari 7 halaman

Kuliner Bogor Legendaris

Laksa Bogor

Laksa merupakan kuliner perpaduan antara Melayu dan Tionghoa. Laksa biasanya berisi ketupat, bihun, tauge, dan kuah kental kaya rempah. Laksa Bogor menambahkan oncom merah pada campurannya. Laksa Bogor juga bisa disajikan dengan potongan telur rebus.

Laksa Bogor bisa ditemukan dengan mudah di Bogor. Warung laksa legendaris di Bogor bisa ditemukan di Warung Laksa Pak Inin di Jl. Raya Cihideung, Desa Palasari, Cijeruk Bogor.

Bapatong

Bapatong merupakan singkatan dari bakso, ketupat, gentong. Bapatong disajikan dengan potongan dadu ketupat dan juga potongan dadu daging iga sapi di dalamnya. Bapatong juga berisi kaldu sapi, bihun, mi kuning, dan pangsit. Sajian ini paling pas dinikmati di saat dingin atau kala hujan.

5 dari 7 halaman

Kuliner Bogor Legendaris

Tauge Goreng

Tauge Goreng merupakan kuliner Bogor yang sangat legendaris. Salah satu tempat legendaris untuk menikmati tauge goreng adalah Tauge goreng Hj Omah yang sudah ada sejak tahun 70-an. Kuliner khas Bogor ini berisi tauge yang dicampur mie dan kuah yang terbuat dari oncom merah, tauco dan kecap manis.

Cungkring

Cungkring termasuk kuliner Bogor yang langka saat ini. Dalam bahasa Sunda, cungkring berarti kikil sapi. Makanan ini terdiri dari kikil sapi yang dimasak dengan bumbu kuing. Cungkring disajikan bersama ontong, tempe goreng dan rempeyek lalu disiram bumbu kacang.

Cungkring legendaris bisa ditemukan di Cungkring Pak Jumat di Jl Suryakencana No.285, Bogor.

6 dari 7 halaman

Kuliner Bogor Legendaris

Doclang

Sama seperti cungkring, doclang juga termasuk kuliner Bogor yang langka. Doclang merupakan makanan yang mirip dengan ketoprak dan kupat tahu. Kuliner Bogor satu ini berisi potongan ketupat, tahu, kentang, dan tambahan telur yang diberi siraman sambal kacang. Ketupat yang digunakan dalam sajian doclang dibungkus dan dimasak dengan menggunakan daun patat.

Es Pala

Es Pala merupakan minuman khas Bogor yang sangat populer. Es Pala terbuat dari bahan sederhana seperti irisan buah pala, gula pasir, dan garam. Selain memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, es pala ini juga memiliki aroma harum yang khas dari buah pala.

7 dari 7 halaman

Kuliner Bogor Legendaris

Roti Unyil

Roti Unyil biasa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Bogor. Dinamakan roti unyil karena roti ini memiliki ukuran yang mini. Roti ini dapat dinikmati hanya dalam sekali lahap. Roti unyil bisa didapat dengan mudah di outlet-outlet Venus Bakery yang menjualnya.

Lapis Bogor

Selain roti unyil, kuliner Bogor yang sering dijadikan oleh-oleh adalah lapis bogor. Lapis Bogor adalah sejenis cake yang terbuat dari umbi talas. Lapis Bogor biasanya disajikan dalam berabagai jenis topping dan rasa mulai dari cokelat, keju, dan stroberi. Lapis talas yang paling terkenal di Bogor adalah Lapis talas Bogor Sangkuriang.