Sukses

9 Cara Menghilangkan Borok di Kepala, Bisa dengan Bahan Alami

Selain tidak nyaman, timbulnya borok di kepala juga membuat penampilan terganggu.

Liputan6.com, Jakarta Gangguan kesehatan di kulit kepala tidak hanya ketombe saja, namun kulit kepala bisa mengalami borok. Borok yang muncul di kepala bisa saja disebabkan karena berbagai hal, mulai dari ketombe, infeksi, bahkan menjadi indikator adanya gangguan imun seperti dermatitis.

Timbulnya borok tersebut di kulit kepala memang sulit untuk bisa dicegah. Terutama saat kondisi borok tersebut dipicu adanya penyakit seperti dermatitis. Kendati demikian, ada beberapa cara menghilangkan borok di kepala yang bisa dicoba dan mungkin salah satunya memberi hasil yang baik bagi kulit kepala Anda.

Sebenarnya cara menghilangkan borok di kepala tidak jauh berbeda dari borok di area kulit lain. Bahan-bahan yang bisa membantu efektifitas cara menghilangkan borok di kepala tersebut bisa berupa bahan alami atau bahkan dari obat yang dibeli di apotek.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja cara menghilangkan borok di kepala yang bisa Anda coba sendiri di rumah dan tentunya mudah serta efektif, Selasa (24/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Borok di Kepala

1. Minyak kelapa

Cara menghilangkan borok di kepala yang pertama bisa menggunakan minyak kelapa. Penggunaan minyak kelapa tersebut bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk menyembuhkan borok di kulit kepala. Pasalnya, minyak kelapa merupakan anti-bakteri dan anti-inflamasi yang mampu menyembuhkan borok di kulit kepala.

Anda cukup menggosokkan minyak kelapa ke area borok yang ada di kulit kepala dengan tangan yang sudah bersih atau bisa gunakan bantuan cotton bud maupun kapas. Agar hasilnya semakin optimal, gunakan 2-3 kali sehari.

 

2. Tea tree oil

Selain minyak kelapa, cara menghilangkan borok di kepala bisa menggunakan tea tree oil. Penggunaan minyak ini juga tidak kalah efektif untuk mengatasi borok yang ada di kulit kepala.

Cara penggunaannya mirip dengan penggunaan minyak kelapa, yaitu dioleskan ke bagian kulit kepala yang mengalami borok. Tapi, ada sebagian orang yang mungkin alergi, maka bisa mencoba oles sedikit tea tree oil untuk mengetahui reaksinya terhadap kulit Anda.

 

3. Lidah buaya

Penggunaan gel yang ada di dalam lidah buaya jadi salah satu cara menghilangkan borok di kepala, terutama yang disebabkan psoriasis. Psoriasis sendiri merupakan kondisi di mana kulit kepala jadi merah, gatal, kering, bersisik, hingga mengelupas karena adanya gangguan imun.

Cara penggunaan lidah buaya ini cukup mudah, yaitu dengan mengoles gel lidah buaya ke area kulit kepala yang mengalami borok perlahan. Lalu diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Borok di Kepala

4. Cuka apel

Cuka apel mengandung anti-inflamasi yang sangat ampuh membunuh jamur serta bakteri pada kulit kepala. Cuka apel juga bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kulit kepala dengan sifat asamnya. Penggunaan cuka apel sendiri akan efektif menghilangkan gatal yang bisa menyebabkan kulit kepala luka akibat digaruk dan menyebabkan borok. Dengan penggunaan rutin, maka borok berangsur bisa pulih.

 

5. Sampo anti ketombe

Mengapa perlu menggunakan sampo anti ketombe? Sebab munculnya ketombe menjadi salah satu faktor yang bisa memicu kulit kepala kering, mengelupas, serta gatal. Memang ketombe tersebut tidak secara langsung menimbulkan borok, tapi rasa gatal tersebut akan membuat Anda sering menggaruk kepala sampai terluka dan hal ini yang menyebabkan munculnya borok.

Tapi pastikan jika pembilasan sampo dilakukan sampai bersih. Sebab, sisa-sisa dari sampo tersebut bisa saja menyebabkan ketombe justru bertambah parah.

 

6. Konsumsi obat antijamur

Jika cara menghilangkan borok di kepala di atas tidak optimal, maka Anda ada baiknya mengonsumsi obat antijamur griseofulvin atau terbinafine. Infeksi ringworm yang menyerang kulit kepala dapat timbul akibat jamur yang menular. Apabila tidak segera diobati, bisa menyebabkan peradangan pada kulit kepala, borok, bahkan membuat rambut rontok permanen.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Borok di Kepala

7. Penggunaan antibiotik

Borok yang ada di kepala bisa dikarenakan infeksi bakteri impetigo, folikulitis, maupun jerawat. Kondisi tersebut sebenarnya dapat sembuh sendiri. Tapi, jika kondisi tersebut tidak kunjung sembuh, biasanya dokter akan memberi obat antibiotik yang berbentuk krim, gel, atau tablet.

 

8. Hindari pemicu borok

Apabila timbulnya borok di kepala akibat adanya kondisi dermatitis kontak. Maka cara menghilangkan borok di kepala yang paling efektif justru dengan menghindari barang atau berbagai bahan yang bisa menjadi pemicu timbulnya borok tersebut. Seperti dengan mengganti sampo yang dirasa memang tidak cocok dengan kulit kepala.

 

9. Penggunaan steroid

Sedangkan cara menghilangkan borok di kepala yang terakhir ini, dilakukan apabila kondisi borok sudah terlanjur parah. Pada kondisi borok yang sudah sangat parah, biasanya dokter akan memberi resep gel atau krim yang di dalamnya terdapat obat kortikosteroid, atau bahkan bisa dengan langkah penyuntikkan langsung obat tersebut ke kulit kepala.

Maka dari itu, jika dirasa Anda mengalami borok di kulit kepala, maka bisa mencoba beberapa cara menghilangkan borok di kepala dengan alami. Tapi jika sudah terlanjur sangat parah, segera pergi ke dokter untuk dilakukan tindakan medis yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.