Sukses

15 Makanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia, Enak dan Unik

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Jepang yang terkenal di Indonesia mungkin sudah bisa kamu cicipi dimana-mana. Di setiap kota besar, berbagai makanan khas Jepang seperti sushi, ramen, takoyaki, hingga mochi bisa kamu temukan dengan mudah.

Makanan khas Jepang ini terkenal di Indonesia karena berbagai pengaruh, salah satunya karena faktor budaya yang kental. Tidak hanya di Indonesia, makanan dari Negeri Sakura bahkan cukup terkenal di seluruh dunia dengan rasanya yang khas.

Makanan khas Jepang yang terkenal di Indonesia memiliki cita rasa yang menggugah selera. Tidak heran kedai makan atau restoran Jepang cukup diminati, karena rasanya yang juga cocok di lidah orang Indonesia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/11/2020) tentang makanan khas Jepang yang terkenal di indonesia.

2 dari 6 halaman

Sushi, Ramen, dan Mochi

Sushi

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang sangat terkenal. Berbahan dasar nasi, sushi merupakanan makanan yang cukup sederhana. Kamu hanya memerlukan nasi, telur, sayuran seperti mentimun, belut ataupun daging salmon.

Bahan tersebut kemudian digulung dengan nori atau rumput laut panggang di atas anyaman bambu persegi panjang. Setelah berbentuk gulungan, potong sushi dengan ukuran yang bisa langsung dimakan. Jenis sushi pun bermacam-macam, bukan hanya sushi yang digulung dengan nori saja yang terkenal.

Ramen

Ramen juga termasuk makanan khas Jepang yang sangat populer di Indonesia. Mie ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu serta berisi daging, ikan dan juga irisan daun bawang. Kaldu pada ramen sendiri ada 4 varian, yaitu shoyu atau kecap, shio atau garam, miso berupa pasta kacang yang telah difermentasi serta tonkotsu atau kuah daging babi. Jika ramen yang halal menggunakam daging sapi.

Mie ramen sendiri sangat populer bagi para wisatawan yang mengunjungi Jepang. Hal ini dikarenakan ramen termasuk makanan khas Jepang yang memiliki harga cukup terjangkau. Selain rasanya yang khas, saat ini pun banyak ramen yang dijual secara instan di minimarket setempat.

Mochi

Makanan khas Jepang selanjutnya adalah mochi. Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk bulat lonjong dan kaya akan warna seperti warna hijau, kuning, merah dan putih. Sensasi yang kamu rasakan ketika memakan mochi adalah pada saat pertama masuk kedalam mulut, tekstur lembut dan lama kelamaan akan berubah menjadi agak lengket.

3 dari 6 halaman

Takoyaki, Onigiri, dan Dorayaki

Takoyaki

Takoyaki sendiri tergolong dalam jajanan khas Jepang. Di Indonesia kamu pun bisa menemui makanan dengan bentuk bulat ini di mana saja. Takoyaki merupakan makanan dengan bahan dasar tepung yang memiliki isian potongan cumi-cumi atau gurita.

Makanan khas Jepang ini cukup populer dan digemari karena rasanya yang lembut namun bisa memanjakan lidah. Bila sedang berkunjung ke Jepang, kamu bisa menemui makanan ini di pinggir jalan, festival ataupun pasar malam.

Onigiri

Makanan khas Jepang selanjutnya ialah onigiri atau nasi kepal. Onigiri ini merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan bekal. Hal ini karena cara makan onigiri dirasa cukup praktis dan bisa langsung dimakan.

Seperti namanya nasi kepal, onigiri memang dibuat dengan cara dikepal dengan isian sesuai selera. Kamu bisa mengisi onigiri dengan isian salmon, ayam, telur ikan, tuna mayo. Setelah dikepal onigiri ini dibungkus dengan nori atau rumput laut kering.

Dorayaki

Makanan khas Jepang satu ini mungkin kamu kenal dari kartun Doraemon. Dorayaki sendiri memiliki bentuk bulat dan adonannya mirip seperti pancake. Namun, keunikannya terletak pada isi dorayaki, yang khas adalah kacang merah. Namun, di Indonesia sudah mulai dimodifikasi menjadi dorayaki keju atau cokelat.

4 dari 6 halaman

Yakiniku, Tempura, dan Edamame

Yakiniku

Makanan khas Jepang satu ini berbahan dasar daging yang dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang saja. Biasanya menggunakan daging sapi, daging domba, barbeque dan jeroan. Yakiniku biasanya dibentuk atau dipotong segi empat dan ditusuk kemudian dipanggang atau dibakar.

Makanan ini berbeda dengan sate yang merupakan makanan khas Indonesia, bedanya adalah yakiniku dagingnya di tusuk besar-besar. Jika kamu enggak terampil saat memanggang, kamu akan menemukan banyak asap dan api dari atas panggangan.

Tempura

Tempura merupakan makanan yang sangat terkenal baik di Jepang ataupun Indonesia. Tempura meruapakan makanan dari aneka seafood yang kemudian dibaluri dengan adonan yang terbuat dari campuran tepung, air dan juga telur. Setelah dibaluri dengan adonan, kamu bisa langsung memasukannya ke dalam minyak panas. Meskipun begitu kamu sebaiknya memasaknya menggunakan api sedang.

Edamame

Edamame umumnya di Indonesia dikenal dengan kedelai dari Jepang yang dikukus atau direbus dan diberi sejumput garam untuk menambah resa. Di Jepang, negara asal kedelai ini, edamame termasuk tanaman tropis dan dijadikan sebagai sayuran serta camilan kesehatan. Kedelai sayuran ini baru bisa dijumpai di restoran Jepang atau restoran berkelas lainnya untuk disantap sebagai camilan sehat yang rasanya gurih dan lezat atau dimasak menjadi sup.

5 dari 6 halaman

Udon, Soba, dan Okonomiyaki

Udon

Udon sebenarnya bukan makanan khas Jepang. Makanan ini merupakan makanan yang berasal dari Tiongkok. Udon sendiri memiliki penyajian yang mirip dengan ramen, tetapi yang membedakan ialah ukuran mie. Jika mie ramen berukuran kecil dan tipis, mie udon memiliki ukuran yang lebih besar dari biasanya dan juga tekstur yang lebih kenyal.

Soba

Soba juga merupakan makanan khas Jepang yang berjenis mie dan berbahan dasar tepung gandum. Biasanya mie soba ini di campur dengan kakesoba atau kuah soba. Uniknya saat kamu makan soba sampai mengeluarkan suara ketika menyeruput mie, hal ini di anggap sebagai pujian kepada orang yang memasaknya.

Okonomiyaki

Okonomiyaki merupakan makanan khas Jepang yang berbahan dasar tepung terigu, yang kemudian untuk proses pengolahannya diencerkan dengan menggunakan air dan dicampur dengan daging, telur, kol dan kemudian di goreng.

Daging yang dipakai untuk okonomiyaki adalah daging babi dan daging cumi. Biasanya okonomiyaki di makan dengan kote atau sendok datar yang juga berfungsi untuk membolak-balikkan okonomiyaki saat di penggorengan. Restoran okonomiyaki kebanyakan akan membiarkan pelanggan memasak sendiri okonomiyaki pesanan di pangganggan meja.

6 dari 6 halaman

Sashimi, Sup Miso, dan Karaage

Sashimi

Sashimi merupakan makanan khas Jepang yang mudah ditemui. Makanan ini merupakan hidangan dari ikan segar yang diiris tipis. Meskipun di Indonesia sendiri memakan ikan segar bukan hal yang wajar, akan tetapi beberapa restoran Jepang yang ada di Indonesia pun memiliki menu sashimi.

Orang Jepang sangat menyukai hidangan ikan segar karena mengandung Omega 3 yang cukup tinggi. Jenis ikan yang sering digunakan untuk hidangan ini ialah tuna dan juga Salmon. Meski begitu, beberapa ikan lainnya pun bisa disajikan sebagai bahan membuat sashimi.

Sup Miso

Di Jepang, sup miso adalah salah satu hidangan pembuka atau hidangan pendamping yang umum disajikan. Sup miso dianggap penting masyarakat Negara Sakura untuk sarapan sama halnya dengan kopi. Miso sup merupakan sup hangat yang mencakup dashi (bumbu yang biasa digunakan untuk membuat kaldu ikan), miso dan tahu. Miso sendiri merupakan produk bumbu khas Jepang yang dibuat dari kacang kedelai yang telah difermentasikan.

Karaage

Karaage adalah teknik memasak ala Jepang di mana berbagai jenis bahan makanan terutama ayam, juga daging, atau ikan digoreng dalam rendaman minyak. Potongan daging ini dibumbui dengan mirin atau saus rendaman asin yang dibuat dari campuran kecap asin, bawang putih, dan jahe, kemudian dilapisi tepung terigu atau tepung kentang, lalu digoreng dalam minyak goreng yang banyak mirip dengan cara memasak tempura.