Sukses

Terapkan Protokol Kesehatan, Ini Cara Beli Tiket Gembira Loka Zoo Selama Pandemi

Gembira Loka terapkan reservasi online selama pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Kebun Binatang Gembira Loka menjadi salah satu destinasi favorit di Kota Yogyakarta. Menghadapi fase new normal selama pandemi, kebun binatang ini menerapkan sejumlah aturan bagi para pengunjungnya.

Sejak awal Agustus 2020, Kebun Binatang Gembira Loka mengharuskan pengunjungnya untuk melakukan reservasi sebelum masuk. Reservasi ini diperlukan untuk mendata pengunjung yang masuk. Pendataan ini penting jika sewaktu-waktu muncul kasus COVID-19, pihak Gembira Loka akan dengan mudah melakukan pelacakan.

Selain reservasi, ada sejumlah perubahan yang dilakukan Gembira Loka selama masa pandemi. Bagi Anda yang beragenda untuk berlibur ke Gembira Loka, simak cara reservasi, harga tiket, dan syarat-syarat yang harus dipenuhi, dirangkum Liputan6.com, Kamis(20/11/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara reservasi

Pihak Gembira Loka mewajibkan seluruh pengunjungnya melakukan reservasi sebelum masuk. Reservasi bisa dilakukan secara online melalui WhatsApp. Reservasi juga bisa dilakukan langsung di loket Gembira Loka saat hari-H.

Plt Kepala Bagian Promosi Gembira Loka, M. Fahmi Ramadhan, menjelaskan meski reservasi bisa dilakukan secara offline, reservasi secara on the spot sangat tidak disarankan. Reservasi secara online, sebaliknya lebih dianjurkan untuk meminimalisir kontak langsung saat tiba di Gembira Loka.

Berikut cara reservasi online untuk masuk ke Kebun Binatang Gembira Loka:

1. Buka aplikasi WhatsApp, tekan ikon kamera yang ada pada tampilan utama WhatsApp. Anda juga bisa mengunjungi tautan rsv.glzoo.com

2. Scan barcode yang sudah disediakan, lalu tunggu hingga WhatsApp mengubungkan ke akun reservasi Gembira Loka.

3. Setelah terhubung, pada papan ketik otomatis tertulis “ Saya mau Reservasi “ - kirim - baca syarat berkunjung - ketik “ OK “

4. Isi data sesuai format“ Daftar(spasi)Nama/TanggalBulan Kunjungan/JumlahOrang “ (maksimal 10 orang)

5. Pilih pembayaran Virtual atau Loket

6. Saat kunjungan, tunjukkan bukti Anda sudah reservasi ke petugas.

3 dari 5 halaman

Harga tiket masuk Gembira Loka

Gembira Loka buka mulai dari jam 9 pagi sampai 3 sore dari hari Senin-Kamis (jam 9 pagi , Sabtu dan Minggu. Harga tiket masuk Gembira Loka saat ini adalah Rp 60.000 pada hari Senin sampai Kamis, dan Rp 75.000 untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Tiket ini sudah termasuk tiket terusan untuk kereta dan kapal.

Sebelumnya, harga tiket masuk Gembira Loka dipatok sebesar Rp 30.000 pada hari biasa dan Rp 35.000 pada akhir pekan. Perubahan harga tiket masuk ini bukan tanpa alasan. Ada sejumlah pertimbangan terkait kenaikan harga tiket masuk ini.

"Pertimbangannya adalah dengan memaketkan tiket kapal dan kereta pengunjung tidak usah ribet lagi. Karena biasanya kan di dalam nanti beli sendiri dan otomatis ada proses transaksi, nah itu yang kita minimalkan sekarang." ujar Fahmi.

Adanya kereta juga mempermudah pengunjung untuk berkeliling kebun binatang seluas kurang lebih 20 hekatare ini. Selain itu, dengan harga sekian, otomatis juga akan membatasi pengunjung.

"Karena kalau kami bayangkan kalau tiket itu normal, itu pasti akan membludak pengunjungnya dan berisiko untuk Gembira Loka sendiri terutama untuk karyawan dan pengunjung." tambah Fahmi saat ditemui di Gembira Loka.Syarat masuk kebun binatang Gembira Loka.

4 dari 5 halaman

Syarat masuk

Selain reservasi dan tiket masuk, ada sejumlah persyaratan khusus yang harus dipenuhi pengunjung yang ingin main ke Gembira Loka. Syarat ini termasuk salah satu penerapan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19. Berikut syarat-syarat untuk bisa masuk Gembira Loka:

- Melakukan reservasi online

- Wajib menggunakan masker dan mengikuti protokol kesehatan 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan).

- Bukan berasal dari kota/kabupaten zona merah.

- Ibu hamil, batita, dan lansia diperbolehkan berkunjung dengan syarat tertentu.

- Sehat jiwa dan raga serta bukan sebagai OTG, ODP, dan PDP serta memiliki suhu tubuh <37 derajat celcius.

5 dari 5 halaman

Jalur masuk

Saat ini Gembira Loka hanya membuka pintu masuk bagian barat yang berada di Jl. Veteran No.11, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Selain itu, kini Gembira Loka juga telah menerapkan sistem satu jalur di areanya. Jalur searah diterapkan agar meminimalkan pengunjung untuk berpapasan. Jalur searah ini kemungkinan besar masih akan diterapkan hingga libur akhir tahun nanti.

Hingga kini Gembira Loka hanya menerima pengunjung perorangan dan keluarga. Sementara untuk pengunjung rombongan seperti bus belum bisa diterima. Hal ini juga untuk menghindari kerumunan besar yang ada di area Gembira Loka.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini