Sukses

Komitmen adalah Keterikatan untuk Melakukan Sesuatu, Berikut Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Komitmen adalah sebuah kata yang mungkin sering kamu dengar saat membicarakan hubungan. Kata komitmen juga tidak jarang terdengar di dunia kerja dan berbagai hal yang berhubungan dengan tanggung jawab.

Menurut KBBI, komitmen adalah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu atau kontrak. Komitmen juga bisa diartikan sebagai tanggung jawab. Tentunya komitmen tidak akan lepas dari kehidupan seseorang, terutama orang dewasa yang sudah mengerti maknanya.

Komitmen adalah tindakan yang dilakukan seseorang tanpa adanya unsur paksaan. Komitmen tidak hanya dilakukan untuk orang lain saja, namun juga untuk diri sendiri. Komitmen sendiri memiliki beberapa contoh yang biasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/11/2020) tentang komitmen adalah.

2 dari 6 halaman

Komitmen adalah

Komitmen adalah sebuah kata yang cukup banyak dibicarakan orang-orang. Namun, tidak semua orang yang mengatakannya memahami makna kata tersebut. Komitmen adalah sebuah kata yang mudah diucapkan namun sulit untuk dipraktikkan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, komitmen adalah suatu keterikatan untuk melakukan sesuatu. Hal ini bisa merupakan keterikatan pada diri sendiri maupun orang lain untuk melakukan sesuatu.

Komitmen adalah kata yang sering kali muncul saat seseorang ingin melangsungkan hubungan yang serius, saat melakukan pekerjaan, hingga komitmen dengan diri sendiri untuk melakukan sesuatu, misalnya olahraga rutin, dan lain-lain.

3 dari 6 halaman

Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli

Seperti Liputan6.com kutip dari Merdeka, berikut pengertian komitmen menurut beberapa ahli:

Menurut Griffin, komitmen adalah suatu sikap yang menunjukkan sejauh mana seseorang mengetahui, mengenal, serta mau terikat terhadap organisasinya.

Sedangkan menurut Sri Kuntjoro, komitmen adalah rasa keterlibatan, loyalitas, dan identifikasi yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasi.

Selain itu, Steers dan Porter mengemukakan pendapatnya bahwa komitmen adalah suatu keadaan di mana seseorang menjadi terikat oleh tindakannya sehingga memunculkan keyakinan yang menunjang aktivitas dan keterlibatannya.

4 dari 6 halaman

Komitmen dalam Kehidupan Sehari-hari

Komitmen pada Diri Sendiri

Salah satu contoh komitmen dalam kehidupan sehari-hari adalah komitmen pada diri sendiri. Hal ini biasanya merupakan komitmen terhadap keinginan pribadi untuk menjadi lebih baik. Misalnya saja, kamu berkomitmen untuk berolahraga secara rutin setiap minggunya agar mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Komitmen pada Keluarga

Komitmen pada keluarga menjadi salah satu contoh komitmen dengan orang lain. Hal ini biasanya didasari untuk saling membantu antara anggota keluarga dan saling peduli. Komitmen pada keluarga adalah perasaan untuk tidak mementingkan diri sendiri dan bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup keluarga.

Komitmen pada Pekerjaan

Komitmen pada pekerjaan mungkin cukup sering kamu dengarkan. Hal ini disebabkan karena setiap pekerjaan tentunya memiliki tanggung jawab. Komitmen dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan apapun itu. Komitmen kerja ini dapat dibagi menjadi affective commitment, continuance commitment, dan normative commitment.

5 dari 6 halaman

Komitmen dalam Hubungan Percintaan

Sekarang ini, komitmen adalah sebuah kata yang sangat sering dikatikan dengan hubungan percintaan. Hal ini terkait dengan hubungan percintaan yang tentunya membutuhkan komitmen. Apalagi, jika akan segera menikah dan akan hidup berdua.

Komitmen bisa dibilang merupakan salah satu kunci sukses sebuah hubungan. Dalam hubungan percintaan, komitmen adalah tanggung jawab diri kepada pasangan yang perlu dijaga bersama-sama. Saat seseorang rela mendedikasikan diri, waktu, dan cinta kepada pasangan dan hubungannya dalam jangka waktu yang lama, misalnya dalam ikatan pernikahan, itulah yang disebut komitmen dalam hubungan percintaan.

Mempertahankan Komitmen dalam Hubungan Percintaan

Kunci utama untuk mempertahankan komitmen dalam hubungan percintaan adalah dengan percaya diri untuk menjadi diri kamu apa adanya. Selain itu, belajar berkompromi juga sangat penting. Dalam suatu hubungan, kamu dan pasangan pasti akan menemukan perbedaan-perbedaan, mulai dari perbedaan pendapat hingga idealisme. Maka dari itu, kamu dan pasangan dituntut untuk bisa berkompromi satu sama lain.

Menyelesaikan konflik dengan baik dan tenang juga harus dibiasakan. Usahakan untuk tidak berteriak dan menuduh satu sama lain, apalagi berkata kasar. Dengan begitu, kamu dan pasangan akan mampu mempertahankan komitmen dalam hubungan.

6 dari 6 halaman

Bentuk Komitmen dalam Hubungan Percintaan

Komitmen dalam hubungan percintaan ini bisa ditunjukkan dengan berbagai macam cara, yaitu

Ingin menjalin hubungan yang serius. Jika atau pasangan ingin menjalani hubungan yang serius, ini bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk komitmen dalam hubungan. Hal ini bisa dilihat dari cara kamu dan pasangan dalam menyelesaikan masalah dan berkompromi.

Membicarakan masa depan. Seseorang yang mau membicarakan rencana-rencana masa depannya dengan pasangannya kemungkinan besar sudah berkomitmen dalam hubungan tersebut. Ditambah lagi jika kamu saling melibatkan satu sama lain dalam rencana masa depan tersebut.

Setia. Kesetiaan juga merupakan sebuah bentuk komitmen dalam suatu hubungan, karena komitmen dalam kata lain adalah keterikatan.

Terbuka. Orang yang sudah berkomitmen dalam satu hubungan juga akan terbuka dengan perasaannya, baik terkait hal-hal yang umum atau yang bersifat pribadi. Hal ini karena hubungan yang berkomitmen dilandasi dengan kepercayaan.

Mau berkorban. Jika seseorang sudah berkomitmen pada suatu hubungan, biasanya ia akan berani berkorban untuk pasangan dan hubungannya. Mereka juga mau mengesampingkan apa yang mereka inginkan demi kebaikan hubungan.