Sukses

7 Gambar Kambing Lucu dari Berbagai Jenis, Salah Satunya Cocok Jadi Peliharaan

Liputan6.com, Jakarta Kambing bisa dijadikan salah satu hewan peliharaan yang tidak kalah menggemaskan. Selain itu, memelihara kambing juga bisa memberi keuntungan yang cukup menggiurkan. Maka tidak heran banyak yang menyukai memelihara kambing.

Sebenarnya, memelihara kambing sudah dilakukan sejak 8.000 hingga 9.000 tahun yang lalu. Di alam aslinya, kambing biasa hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Ketika proses mencari makanan, kelompok kambing justru dipimpin oleh kambing betina yang paling tua, sementara kambing-kambing jantan memiliki peran untuk menjaga keamanan kelompok.

Namun jangan kira kambing hanya ada beberapa jenis saja. Sebab, kambing sangat banyak jenisnya dan beberapa jenis kambing tersebut tidak kalah lucu dan menggemaskan dari kucing maupun anjing.

Tentunya Anda penasaran seperti apa gambar kambing lucu dari berbagai jenis tersebut. Mungkin saja, setelah melihat kumpulan gambar kambing lucu serta penjelasan jenisnya, Anda makin berminat memelihara kambing.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, kumpulan gambar kambing lucu dari beragam jenis yang cocok dijadikan hewan peliharaan atau mungkin sebagai komoditi perdagangan untuk mendapat keuntungan, Selasa (24/11/2020).

2 dari 8 halaman

1. Kambing Gaddi

Keindahan kambing Gaddi tidak lepas dari bulu yang dimilikinya. Jenis kambing pegunungan yang ada di India Utara dan Pakistan ini bisa menghasilkan 0,5-1 kg bulu tiap ekornnya. Bahkan panjang rambut kambing jenis ini dapat mencapai 17-25 cm. Penampilan kambing Gaddi semakin terihat gagah dengan tanduk menyamping.

3 dari 8 halaman

2. Kambing Angora

Kambing Angora memiliki tubuh yang pendek dan bulu putih tebal serta tanduk melingkar yang indah. Kambing dari jenis Angora ini adalah salah satu kambing yang dikenal sebagai penghasil daging terbaik, karena pada tiap ekornya bisa menghasilkan 35-80 kg daging.

Kambing ini berasal dari Asia Tengah dan bisa hidup di daerah tropis yang kering. Selain daging, bisa dilihat dari gambar kambing lucu jenis Angora memiliki bulu yang halus. Kambing Angora juga sangat menarik jika difoto.

Hadirnya bulu putih indah tersebut itu menjadikan kambing Angora sayang apabila dijadikan kambing potong.

4 dari 8 halaman

3. Kambing Kashmir

Gambar kambing lucu selanjutnya adalah jenis Kashmir. Kambing ini dikenal sebagai kambing dengan penampian indah. Kambing Kashmir semakin cantik dengan tampilan matanya serta bentuk wajah yang berbulu pendek putih. Tanduk pada kambing ini juga tidak terlalu panjang, bahkan cenderung hampir sama panjangnya dengan telinga.

Kambing Kashmir sendiri memiliki habitat di pegunungan Asia Tengah seperti Tibet, Mongolia, Iran, Turki serta sekeliling Rusia. Kamabing ini memiliki berat sebesar 40 kg hingga 60 kg. Selain dimanfaatkan dagingnya, bulu kambing Kashmir yang berwarna putih juga sering dimanfaatkan. bahkan kambing ini bisa menghasilkan bulu 100 gram per ekor.

5 dari 8 halaman

4. Kambing Creole

Creole sendiri bukan jenis kambing yang punya bulu lebat. Justru kambing Creole memiliki bulu tipis dan pendek. Warna kulitnya cenderung kombinasi hitam, cokelat dan putih.

Beda dengan kambing lainnya. Kambing Creole punya telinga yang tidak terlalu panjang. Tanduk kambing Creole juga melengkung serta terlihat indah. Kambing Creole ini merupakan salah satu jenis kambing idaman di Amerika Latin dan Amerika Tengah, sebab menjadi penghasil daging yang baik.

Bahkan tiap ekor kambing Creole mampu hasilkan 40-60 kg daging. Hal tersebut tidak lain dari bentuk badannya yang gempal.

6 dari 8 halaman

5. Kambing Pygmy

Mungkin setelah melihat gambar kambing lucu dari jenis Pygmy ini, semakin tertarik untuk memelihara hewan berkaki empat tersebut. Kambing Pygmy ini berasal dari lembah Kamerun. Bobot kambing ini mencapai bobot maksimal hanya 30 kg saja.

Kambing Pygmy memang jadi kambing yang sangat sayang apabila dipotong. Sebab kambing ini memiliki ukuran yang kecil dan sangat menggemaskan.

Dengan ukurannya yang kecil dan beberapa mungkin punya motif yang lucu, membuat kambing ini lebih cocok untuk dipelihara dirumah sebagai hewan peliharaan, layaknya kucing atau anjing.

7 dari 8 halaman

6. Kambing Alpine

Kemudian, jenis kambing Alpine memiliki habitat di pegunungan. Kambing Alpine umumnya memiliki tinggi antara 70 cm hingga 80 cm.

Kambing ini punya bulu pendek, dengan tanduk panjang yang sangat bagus. Corak kulit kambing ini juga sangat bagus yaitu dengan kombinasi putih dan cokelat.

8 dari 8 halaman

7. Kambing Saanen

Kambing ini berasal dari Saanen, salah satu daerah di Swiss Barat. Kambing Saanen sebenarnya cukup sulit berkembang di wilayah tropis seperti Indonesia, karena cukup sensitive dengan sinar matahari. Kambing ini dikenal sebagai kambing penghasil susu. Susu yang dihasilkan dari kambing ini bisa mencapai 3,8 liter tiap harinya.

 

Itu tadi gambar kambing lucu dan beberapa di antaranya memang sangat menggemaskan. Mungkin setelah menyimak jenis-jenisnya di atas, Anda berminat untuk menjadikan kambing sebagai hewan peliharaan. Terutama jika Anda memiliki alergi terhadap jenis hewan peliharaan tertentu, seperti kucing.