Sukses

Pencinta Kucing Masuk! Cek Kepribadian Hewan Peliharaanmu di Sini

Dengan memahami kepribadian mereka, kamu dapat membuat penyesuaian agar kucing bisa hidup lebih bahagia dan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya manusia, ternyata kucing juga memiliki kepribadian lho. Ya, kucing memiliki sesuatu yang membuat diri mereka menjadi lebih unik dibandingkan kucing lainnya. 

Ketika memiliki lebih dari satu jenis kucing di rumah dan mereka cenderung nggak akur, artinya kamu harus memahami kepribadian hewan peliharaanmu. Dengan memahami kepribadian mereka, kamu dapat membuat penyesuaian agar kucing bisa hidup lebih bahagia dan sehat. 

Dikutip laman Meowingtons, berikut kepribadian kucing yang wajib kamu ketahui: 

1. Neuroticism (Si Khawatiran)

Kucing dengan tipe neurotik adalah kucing yang mudah gelisah dan tegang. Kucing dengan sifat ini cenderung merasa nggak aman, cemas, dan takut pada orang. Dia juga mudah curiga dan cenderung pemalu. 

Nah biasanya kucing ini akan berlari dan mencari tempat berlindung saat ada orang baru masuk ke dalam rumah. Ya, kucing ini lebih suka bersembunyi dibandingkan menghadapi apa yang nggak mereka ketahui. 

Jika kamu punya tipe kucing seperti ini, sediakan ruang khusus di rumah seperti terowongan kucing, pohon kucing atau kardus untuk tempatnya bersembunyi. Meski demikian, kucing dengan tipe kepribadian ini, akan tahu dengan sendirinya, mana situasi dan kondisi yang aman untuk mereka, dan perlahan akan lebih percaya diri. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Extraversion (Si Supel)

Kucing yang selalu ingin tahu, masuk dalam kategori ekstrovert. Mereka cenderung lebih usil dalam perilakunya. Oleh karena itu, kucing ini membutuhkan lebih banyak aktivitas dan stimulasi mental, agar mereka nggak mudah bosan. Lantaran aktif banget dan nggak bisa diam, kucing ini butuh permainan yang dapat melampiaskan energinya yang terpendam.

3 dari 5 halaman

3. Dominan (Si Mendominasi)

Nah bagi kamu yang memiliki lebih dari satu kucing di rumah, mungkin pernah melihat perilaku dominan si  hewan peliharaan. Biasanya kucing dengan kepribadian dominan suka mengambil barang milik kucing lain, seperti tempat makan, mainan, dan bahkan kotak kotoran. 

Ketika kondisi ini terjadi, dipastikan kucing lain akan mengalami stres. Oleh karena itu, mulailah memberikan kotak makan, mainan, dan kotak kotoran masing-masing. Paling penting, letakkan barang-barang itu menjauh dari si kucing dominan. 

4 dari 5 halaman

4. Impulsiveness (Si Impulsif)

Pengertian impulsif di sini berbeda dengan yang dirasakan manusia ya. Kalau kucing dengan tipe impulsif, cenderung bereaksi terhadap sesuatu yang membuatnya stres di lingkungan atau tempat tinggalnya. 

Oleh karena itu ketika kamu memiliki kucing baru dan belum tahu kepribadiannya, ada baiknya menghindari teriakan. Itu karena si kucing masih meraba tempat tinggal barunya dan berhadapan dengan hal yang menurutnya nggak pasti. Kondisi ini terjadi karena tingginya kegelisahan. 

5 dari 5 halaman

5. Agreeableness (Si Ramah)

Ini adalah tipe kucing ideal dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Kepribadian yang menyenangkan dari tipe kucing ini, terjadi karena kebiasaannya tersosialisasi dengan banyak anak kucing. Biasanya kucing ini akan mengeluarkan suara yang cenderung ramah dan sering menunjukkan bahasa tubuh yang selalu senang. 

Nah itu adalah lima tipe kepribadian kucing. Sekarang coba cek, kucingmu masuk kepribadian yang mana? Oh ya, selain kepribadian, sebelum kamu memelihara kucing, pastikan sudah tahu cara merawatnya ya, terutama terkait pemberian makanan.  

Untuk kucing dewasa, kamu bisa memberikan Muezza, makanan kucing (dry food) yang tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Jadi aman banget dikonsumsi dan juga mengandung protein tinggi berkualitas.

Oh ya, ada beberapa pilihan rasa yang lezat dan penuh nutrisi dari Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia. 

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.