Sukses

Terungkap! Ini Alasan Mengapa Kucing Takut Mentimun

Selain itu, jika seekor kucing melihat sesuatu merayap di tanah dan langsung melompat beberapa kaki ke udara, itu adalah perilaku yang mencegahnya digigit ular.

Liputan6.com, Jakarta Di sosial media viral video yang memperlihatkan kucing melarikan diri dan langsung melompat ke udara ketika melihat mentimun. 

Reaksi kucing itu pasti memunculkan pertanyaan besar, mengapa mentimun sangat menakutkan bagi kucing? Ini jadi misteri besar bagi semua yang merawat kucing. 

Menurut Con Slobodchikoff sebagai ahli perilaku hewan yang juga penulis buku Chasing Doctor Dolittle: Learning the Language of Animals menjawab misteri ini. 

"Kucing secara genetik terprogram nalurinya untuk menghindari ular," ujar Slobodchikoff seperti dikutip di laman ABC News. 

Ketakutan naluriah terhadap ular, lanjut Slobodchikoff, dapat menyebabkan kucing menjadi panik. Bentuk mentimun dengan sisi melengkung, kata Slobodchikoff, dibandingkan bonggol jagung atau terong, akan menghasilkan respon lebih besar untuk kucing. 

Selain itu, jika seekor kucing melihat sesuatu merayap di tanah dan langsung melompat beberapa kaki ke udara, itu adalah perilaku yang mencegahnya digigit ular. 

Dan sebenarnya, bukan hanya mentimun yang dapat menyebabkan histeria semacam itu pada kucing. 

"Apapun yang terlihat seperti ular, akan menghasilkan respon ketakutan naluriah yang sama," jelasnya. 

Oleh karena itu, jangan coba mengerjai kucing kamu ya dengan mentimun dan bentuk lain. Menakut-nakuti kucing dapat berdampak jangka panjang pada kesehatan mentalnya lho! 

"Setiap kali kamu menakut-nakuti hewan, berisiko menimbulkan kerusakan psikologis, sehingga mereka tak hanya takut pada mentimun saja, tapi juga hal lainnya," tegas Slobodchikoff. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kesehatan Kucing

Nah sekarang sudah tahu kan dampak yang ditimbulkan ketika kamu menakut-nakuti kucing kesayanganmu? Oh ya, untuk mengimbangi kesehatannya, jangan lupa berikan asupan makanan bernutrisi tinggi protein. 

Kamu bisa memberikan Muezza, makanan untuk kucing dewasa yang dapat memperkuat tulang dan gigi saja tapi juga menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega6. 

 

Selain itu Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera juga sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin.

Selain keunggulan itu, Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Jadi aman banget pastinya dikonsumsi untuk si kucing kesayangan. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di  Shopee dan Tokopedia. 

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.