Sukses

22 Cara Memutihkan Wajah secara Alami, Sehatkan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan wajah secara alami bisa membuat kulit nampak bersih dan sehat. Memiliki wajah cerah menjadi dambaan semua orang. Cara memutihkan wajah secara alami akan mengurangi efek buruk dari paparan sinar matahari dan faktor buruk lainnya.

Cara memutihkan wajah secara alami akan mencegah kulit dari kusam dan jerawat. Ada banyak cara memutihkan wajah secara alami yang bisa dilakukan. Menggunakan bahan-bahan alami dan menjaga pola hidup sehat bisa jadi faktor penting dalam cara memutihkan wajah secara alami.

Ada sejumlah perubahan gaya hidup berbeda yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penampilan kulit. Cara memutihkan wajah secara alami ini perlu dilakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Berikut 22 cara memutihkan wajah secara alami yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/11/2020).

2 dari 9 halaman

Cara memutihkan wajah secara alami

Madu

Madu dikemas dengan sifat antioksidan, antiseptik, anti-inflamasi, dan pencerah kulit. Tidak heran industri kosmetik menggunakan bahan alami ini dalam begitu banyak produk mereka.

Campur 1 sdt masing-masing jus lemon dan madu lalu oleskan di wajah dengan lembut, sesuaikan dengan jalur pertumbuhan rambut. Biarkan 10 menit sebelum dibilas dengan air.

Minyak kelapa

Minyak kelapa yang kaya nutrisi dapat menghasilkan selaput yang menjaga kulit tetap terhidrasi. Kulit kering dapat terlihat kusam dan tidak bernyawa. Kamu dapat memijat wajah dengan minyak kelapa hangat setiap hari di wajah dan tubuh agar kulit tetap lembap.

Selain itu kamu dapat menggunakannya sebagai masker. Campurkan 2 sdm. masing-masing minyak kelapa dan madu. Oleskan pada wajah dan cuci setelah 15 menit dengan air hangat.

Timun

Memiliki sifat anti-inflamasi, serta antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C dan asam folat, mentimun membuat bahan alami untuk masker wajah. Mentimun memiliki silika, senyawa yang membantu mencerahkan wajah.

Campur 3 sdm jus mentimun dalam mangkuk dan 1 sdm jus lemon. Oleskan pada wajah dan leher, pijat lembut dengan ujung jari. Biarkan mengering secara alami lalu bilas dengan air biasa.

3 dari 9 halaman

Cara memutihkan wajah secara alami

Lidah buaya

Lidah buaya kaya dengan sifat antioksidan, antiseptik, antibakteri, anti-inflamasi, dan anti-penuaan. Jika kulit kusam karena berminyak, maka masker lidah buaya dapat membantu. Rendam beberapa lidah buaya yang telah dihilangkan durinya dalam air selama 10 menit. Kemudian haluskan hingga menjadi pasta yang lembut.

Campur pasta ini dengan sekitar 2 sdt. madu, oleskan di wajah dan biarkan hingga mengering. Kemudian bilas wajah. Lakukan ini seminggu sekali untuk menncerahkan kulit yang berminyak dan kusam.

Yogurt

Yoghurt dapat dijadikan tabir surya dan pembersih alami. Selain itu yogurt juga dikenal membuat kulit halus dan lembut. Konsumsilah yogurt setiap hari sebagai bagian dari makanan harian. Yogurt juga bisa digunakan sebagai masker dengan menambahkan sekitar 1 sdt yogurt dan madu ke 1/2 pisang halus. Oleskan pada wajah dan bilas setelah 15 menit untuk membersihkan kulit dari paparan sinar matahari.

Susu

Susu dipercaya mampu mencerahkan kulit. Asam laktat yang berasal dari susu termasuk dalam banyak perawatan pencerah kulit dan krim yang mengatasi flek hitam. Susu murni dapat meratakan warna kulit dan membuat kulit bersih dari minyak dan kotoran.

Dalam mangkuk kaca, campur 100 g susu murni dan tambahkan seperempat air lemon. Oleskan ke wajah menggunakan bola kapas. Biarkan di wajah selama 7-10 menit lalu basuh dengan air.

4 dari 9 halaman

Cara memutihkan wajah secara alami

Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan efek pencerahnya.

Campurkan beberapa sendok makan kunyit dalam mangkuk plastik kecil dengan madu, yogurt atau susu. Aduk sampai campuran larut dan oleskan ke kulit yang baru dibersihkan. Biarkan hingga 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Jahe

Jahe dikenal karena sifat afrodisiak, antioksidan dan pengencangannya, yang berkontribusi pada kulit yang bercahaya. Jahe juga mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan dan memutihkan kulit. Ini bekerja untuk membersihkan dan memurnikan, memberi kulit yang cantik, bercahaya, kencang.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan jahe adalah dengan mencampur dua jahe parut dengan dua sendok makan madu dan satu sendok teh air lemon. Dinginkan selama setidaknya 30 menit. Oleskan di wajah dan bilas dengan air dingin setelah 30 menit.

5 dari 9 halaman

Cara memutihkan wajah secara alami

Kencur

Tak cuma hadir sebagai jamu penyegar tubuh, kencur juga dapat mencerahkan wajah. Kencur juga merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Cara memutihkan wajah secara alami dengan kencur adalah membuat masker beras kencur.

Cukup siapkan 2 sendok makan beras, air dan dua ruas kencur. Rendam beras dan haluskan berasama kencur dan air. Saring air beras kencur lalu diamkan beberapa saat sampai mengendap. Setelah mendapatkan endapan ini, buang airnya dan gunakan endapan beras kencur tersebut sebagai masker.

Kayu Manis

ayu manis juga memiliki sifat mencerahkan kulit. Secara bertahap kayu manis dapat memudar bekas jerawat, noda, bintik hitam dan bekas jerawat. Campuran madu dan kayu manis juga sangat efektif untuk menyembuhkan luka dan mengobati masalah kulit yang gatal. Ini juga efektif untuk merawat komedo.

Pala

Pala mengembalikan kelembapan sementara merangsang kulit kusam dan mempromosikan kulit yang cerah dan kencang. Pala bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami. Campurkan ¼ sdt bubuk pala, 1 sdt air lemon dan 1 sdm yogurt kental dalam mangkuk. Oleskan lapisan tebal masker ini ke wajah, hindari mata dan mulut. Bilas setelah 7 menit dengan air dingin lalu oleskan pelembap.

6 dari 9 halaman

Cara memutihkan wajah secara alami

Teh hijau

Cara memutihkan wajah secara alami adalah menggunakan teh hijau. Ini berkat antioksidan yang bermanfaat untuk kulit. Teh hijau membantu menghilangkan racun dari tubuh yang membuat kulit lebih putih dan mengurangi kusam.

Teh hijau bisa dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan khasiat antioksidannya. Teh hijau juga bisa dimasukkan sebagai campuran masker.

Bubuk cokelat

Cokelat hitam kaya akan flavonoid, yang membantu menyaring sinar UV, dan merupakan sumber vitamin A, B1, C, D dan E. Cokelat adalah anti-inflamasi alami dan sangat lembut untuk kulit.

Campurkan masing-masing 4 sendok makan bubuk kakao dan bubuk kopi, 8 sendok makan yogurt, dan 2 sendok makan santan hingga membentuk pasta. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher, biarkan selama 20-30 menit. Bilas dan keringkan setelahnya.

Kopi

Bubuk kopi merupakan bahan pengelupas yang bagus. Ampasnya tidak larut dalam air, sehingga ampuh dalam mengangkat sel kulit mati. Cara memutihkan wajah secara alami dengan kopi adalah mencampurkan setengah cangkir kopi bubuk dan campur dengan beberapa sendok susu agar konsistensinya kental. Gunakan campuran ini sebagai masker wajah selama 10-15 menit dan bersihkan dengan air hangat.

7 dari 9 halaman

Cara memutihkan wajah secara alami

Stroberi

Stroberi kaya serat dan rendah gula. Stroberi juga dikemas dengan vitamin C, antioksidan yang penting untuk menghindari keriput, garis-garis halus dan bintik-bintik gelap di wajah serta menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

Hancurkan strawberi segar dan campur beberapa tetes madu ke dalamnya. Oleskan pada wajah dan bilas dengan air dingin setelah 20 menit.

Pepaya

Pepaya tinggi akan kandungan vitamin A, B, dan C. Enzim proteolitiknya, seperti papain dan chymopapain juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Dalam kombinasi dengan papain, mereka membantu menutihkan kulit yang menggelap. Dipercaya juga bahwa pepaya membantu mengekang produksi melanin yang berlebihan.

Hancurkan 3-4 potong pepaya matang dan campur dengan susu hingga membentuk pasta. Oleskan pasta secara merata ke wajah dan leher, hindari area mata. Biarkan mengering selama 15-20 menit dan kemudian bilas sampai bersih.

Tomat

Cara memutihkan wajah secara alami selanjutnya adalah menggunakan tomat. Buah ini dapat mengatasi peradangan, mengangkat sel kulit mati, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Potong tomat menjadi dua dan gosokkan ke seluruh kulit, biarkan jus meresap ke dalam pori-pori. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan.

 

8 dari 9 halaman

Cara memutihkan wajah secara alami

Tepung beras

Tepung beras adalah bahan pencerah kulit yang efektif. Tepung beras membantu membersihkan warna kulit yang tidak rata. Selain itu, beras adalah sumber vitamin B yang sangat baik yang membantu dalam produksi sel-sel baru.

Campur 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh oat, 1 sendok teh susu dan 1 sendok teh madu. leskan masker tersebut ke seluruh wajah dan biarkan selama sekitar 8-10 menit. Setelah selesai, bilas dengan air dingin.

Oatmeal

Sifat antioksidan dan antiradangnya membantu merawat kulit kering dan mengangkat sel kulit mati. Oat juga mengandung senyawa yang disebut saponin, yang merupakan pembersih alami. oatmeal bisa digunakan langsung untuk scrub wajah tiap dua minggu sekali.

Kentang

Kentang memiliki sifat pemutih ringan yang membantu mengurangi produksi melanin, mengurangi hiperpigmentasi, dan mencerahkan warna kulit. Kentang memiliki Vitamin C yang meningkatkan produksi kolagen dan membantu menjaga elastisitas kulit.

Campurkan 1 sendok makan jus kentang dengan 1 sendok teh kunyit. Oleskan campuran ini di wajah selama 15 menit dan bersihkan.

9 dari 9 halaman

Cara memutihkan wajah secara alami

Minum cukup air

Air minum menghidrasi tubuh dari dalam ke luar. Menerapkan pelembap membantu menenangkan kulit, mengatasi kekeringan dan kemerahan. Pilih pelembab nonkomedogenik untuk mencegah iritasi kulit dan pori-pori tersumbat. Kulit yang terhidrasi akan tampak cerah dan putih.

Gunakan tabir surya

Cara memutihkan wajah secara alami yang paling penting adalah menggunakan tabir surya. Gunakan tabir surya secara teratur untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari pada kulit. Hal ini tidak hanya akan mencegah kemerahan dan pengelupasan langsung akibat sengatan matahari, tetapi juga mencegah pembentukan bintik-bintik penuaan.