Sukses

10 Cara Merawat Sepatu di Musim Hujan Sesuai Bahannya

Cara merawat sepatu saat musim hujan juga harus memperhatikan penyimpanannya.

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat sepatu saat musim hujan perlu disesuaikan dengan bahannya. Hal ini disebabkan karena beda jenis bahan sepatu, beda pula jenis perawatan yang harus kamu lakukan. Bahan sepatu ini tentunya juga memengaruhi cara kamu dalam membersihkannya.

Pada musim hujan, sepatu mungkin sering kali basah atau terkena cipratan air, hal ini tentunya tidak terhindarkan. Namun, kamu tidak boleh membiarkannya saja. Jika tidak segera dibersihkan atau dirawat, sepatu akan cepat rusak.

Cara merawat sepatu saat musim hujan juga harus memperhatikan penyimpanannya, terutama di musim hujan ini. Tentunya kamu harus memperhatikan bagaimana cara membersihkan sepatu dan menyimpannya dengan baik agar tidak cepat rusak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/11/2020) tentang cara merawat sepatu saat musim hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Sepatu saat Musim Hujan Sesuai Bahannya

Bahan Kulit

Cara merawat sepatu bahan kulit saat musim hujan yang pertama adalah membersihkan cipratan air hujan dengan handuk microfiber atau tisu kering sampai air benar-benar menghilang dari sepatu.

Jangan pernah merendam sepatu kulit di dalam air karena dapat merusak bahan kulit itu sendiri, membuatnya menjadi mengerut. Selain itu, jangan pernah mengeringkan sepatu di bawah sinar matahari.

Keringkan menggunakan kipas angin, kemudian gunakan sabun pembersih dan balsem khusus untuk sepatu kulit. Paparan sinar matahari bisa membuat sepatu jenis apapun cepat rusak dan lem pada sol lebih mudah terlepas.

Bahan Canvas

Membersihkan sepatu berbahan canvas bisa dengan sikat bertekstur medium atau sikat gigi. Sikat sepatu menggunakan cleaner dan air bersih pada seluruh bagian sepatu, namun jangan terlalu ditekan.

Lakukan cara ini beberapa kali sampai noda menghilang, lalu keringkan menggunakan kipas angin. Kamu tidak boleh menggunakan deterjen untuk sepatu berbahan apapun, karena dapat merusak dan mengubah warna sepatu.

Sepatu Olahraga

Ketika basah, sepatu olahraga harus cepat dibersihkan agar tidak meninggalkan bau tak sedap. Air hujan bisa meresap ke dalam sepatu olahraga dengan mudah. Untuk membersihkannya, kamu memerlukan sikat dengan tekstur medium, aplikasikan mulai dari outsole hingga permukaan sepatu. Gunakan air secukupnya dan cleaner khusus untuk mengembalikan penampilan sepatu.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Sepatu saat Musim Hujan Sesuai Bahannya

Bahan Suede

Hal pertama yang harus dilakukan ketika sepatu berbahan suede terkena cipratan air hujan adalah mengeringkannya dengan kipas angin, jangan langsung dibersihkan saat masih basah. Baru setelah kering, bersihkan noda menggunakan sikat yang lembut dengan gerakan satu arah.

Hal ini disebabkan karena suede adalah bahan yang lembut, sehingga kamu tidak boleh membuat sepatu ini terlalu basah, karena bisa menjadi kaku dan keras.

Mesh

Sekilas, bahan sepatu ini mirip dengan sepatu olahraga. Untuk membersihkan bahan sepatu mesh dari air hujan, gunakan handuk atau tisu kering untuk mengeringkan di bagian permukaan sampai ke dalam sepatu.

Setelah itu, gunakan sikat gigi dan cleaner secara perlahan. Membersihkan sepatu berbahan mesh tidak boleh dilakukan terlalu kuat, karena bisa merusak jaringnya.

Nubuck

Bahan nubuck secara sekilas mirip dengan sepatu suede, namun jika diperhatikan lagi, bahan nubuck memiliki tekstur yang lebih halus. Untuk membersihkan bahan nubuck, lakukan menggunakan sikat bertekstur lembut dengan gerakan satu arah, lalu keringkan dengan handuk microfiber atau kain khusus untuk bahan nubuck.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Sepatu saat Musim Hujan Secara Umum

Masukkan dalam Kotak Sepatu

Jika membeli sepatu, simpanlah kardus bawaan yang digunakan sebagai wadahnya. Jika selama ini kamu beranggapan itu hanya untuk pengemasan saja, ternyata tidak demikian. Kardus sepatu bisa digunakan untuk menyimpan sepatu yang jarang dikenakan. Dengan adanya kertas atau busa di dalamnya, hal tersebut bisa membantu menjaga sepatu dari jamur. Perhatikan pula penyimpanan kardusnya, jauhkan kardus dari area yang lembap.

Simpan dalam Rak Kering

Saat kardus sepatu sudah tidak ada, kamu bisa menyimpannya di rak sepatu. Perhatikan lokasi penyimpanan rak dengan cermat. Hindari menaruh rak di tempat yang lembap bahkan basah. Sebaiknya, pilihlah area yang kering dan memiliki suhu yang stabil. Susun sepatu dengan rapi dan jangan lupa semprotkan obat pengusir serangga agar area tersebut terhindar dari jamur atau kecoa.

Pastikan Selalu Kering

Saat sepatu basah akibat terkena hujan, segeralah jemur atau letakkan di tempat yang bisa membuat sepatu kembali kering. Kondisi sepatu yang basah bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, pastikan kaki kamu kering sebelum menggunakan sepatu agar nyaman mengenakannya dan sepatu pun tidak mudah mengalami kerusakan.

Pisahkan Kaus Kaki dari Sepatu

Jika kamu terbiasa mengenakan kaus kaki saat pakai sepatu, jangan lupa untuk mengeluarkannya saat tidak dipakai. Hal ini bertujuan agar bagian dalam sepatu tidak tercemar bakteri dan bau dari kaus kaki yang kamu pakai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.