Sukses

11 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan, Jaga Saluran Pencernaan hingga Pernapasan

Manfaat daun mint untuk kesehatan berasal dari senyawa mentol, sifat antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, serat, kalori, dan vitamin yang dimilikinya.

Liputan6.com, Jakarta Daun mint merupakan tanaman obat yang sudah diakui khasiatnya sejak lama. Konon katanya, manfaat daun mint untuk kesehatan yang paling ampuh adalah meredakan sakit kepala dan sakit perut. Meski sebenarnya, ada banyak sekali khasiat daun mint yang tak terduga.

Manfaat daun mint untuk kesehatan bisa menjaga saluran pencernaan hingga pernapasan. Termasuk menjaga kesehatan kulit, mulut, dan fungsi otak manusia. Khasiat ini bisa didapat dengan mengonsumsinya secara langsung, menjadikan teh, minyak esensial, atau obat oles lain.

Daun mint dikenal memiliki kandungan yang cukup fenomenal, yakni senyawa mentol. Selain mentol, manfaat daun mint untuk kesehatan juga berasal dari sifat antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, serat, kalori, dan berbagai macam vitamin lainnya. Kandungan-kandungan inilah yang menjadikan daun mint sedap dihirup dan dikonsumsi.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat daun mint untuk kesehatan dari berbagai sumber, Rabu (25/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Pencernaan

Daun mint bisa diekstrak menjadi minyak dan bermanfaat untuk pencernaan. Manfaat daun mint untuk kesehatan ini bisa didapat dari kandungan mentol yang dimilikinya.

Mentol memberikan efek relaksasi otot pencernaan ketika digunakan. Hal ini membuat masalah kembung, sakit perut, dan susah buang air besar diringkankan.

Manfaat ini didukung oleh beberapa penelitian. Pasien IBS bisa diringankan gejalanya setelah mengonsumsi kapsul daun mint. Efeknya bisa dirasakan setelah 4 minggu, perbaikan sistem pencernaan akan dirasakan.

Asma

Masalah sesak napas seperti asma bisa diringankan dengan daun mint. Manfaat daun mint untuk kesehatan ini berasal pula dari kandungan mentolnya. Mentol akan bekerja membuka saluran pernapasan penderita asma.

Hal ini disebabkan karena mentol bisa berperan sebagai antiinflamasi alami. Lalu terdapat antibakteri yang bisa mengobati infeksi akibat bakteri di saluran pernapasan. Sesak napas, berbagai gejala asma, dan flu bisa diredakan olehnya.

3 dari 7 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Otak

Menjaga fungsi otak bisa dengan daun mint. Menakjubkan sekali bukan? Menurut beberapa penelitian, manfaat daun mint untuk kesehatan bisa meningkatkan fungsi otak. Manfaat ini bisa dirasakan ketika menghirupnya.

Peningkatan fungsi otak ini berdampak sekali pada memori. Itu artinya daya ingat bisa dikuatkan dengan minyak esensial dari daun mint ini. Selain daya ingat, aromanya bisa membuat rasa lelah dan efek menyegarkan muncul di pikiran. Menurunkan perasaan cemas, frustasi, dan kelelahan.

Kaya Antioksidan

Daun mint memiliki kandungan antioksida yang tinggi. Antioksidan ini membuat manfaat daun mint untuk kesehatan dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif. Stres karena kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Daun mint pun mengandung alkohol perillyl yang dianggap mampu menghentikan pembentukan atau penyebaran kanker. Antoksidan lain, seperti asam rosmarinic yang ada di daun mint mampu membantu mencegah dan mengobati alergi tertentu.

4 dari 7 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Bau Mulut

Mint memiliki sifat antibakteri sehingga manfaat daun mint untuk kesehatan mulut dapat diandalkan. Daun mint bisa menyingkirkan bau mulut ketika dikonsumsi. Konsumsi daun mint bisa menjadikannya teh hangat atau mengunyahnya secara langsung.

Daun mint sangat membantu kesehatan mulut secara keseluruhan. Mengunyah daun mint menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut, dan membersihkan endapan plak pada gigi. Napas yang segar membuat siapa saja lebih percaya diri.

Nyeri Menyusui

Bagi ibu yang sedang menyusui, mengalami nyeri sudah menjadi risiko yang pasti terjadi. Nyeri ini biasanya disebabkan karena puting susu yang pecah atau terluka.

Untuk bisa mengatasinya, manfaat daun mint untuk kesehatan bisa dijadikan solusi. Daun mint bisa digunakan sebagai obat oles agar bisa meredakan nyeri di area puting susu.

Bahkan mengoleskan minyak daun mint lebih efektif meredakan nyeri daripada mengoleskan ASI. Pengolesan ini bisa dilakukan untuk menyembuhkan dan pencegahan. Bisa dilakukan setelah menyusui.

5 dari 7 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Kulit

Daun mint selain bersifat dingin, ia juga mampu melembabkan kulit. Jika digunakan dengan kombinasi bahan pelembab alami lainnya seperti susu atau yogurt mint mampu mengunci kelembaban di kulit dengan mengencangkan pori-pori.

Daun mint juga mengandung vitamin A yang mengontrol sekresi minyak pada orang yang memiliki kulit berminyak dan rawan jerawat. Kandungan asam salisilat daun mint membantu pergantian sel yang halus. Ini melonggarkan sel-sel kulit mati dan mendukung pertumbuhan sel baru yang sehat.

Mint adalah zat ringan yang dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Masker atau scrub daun mint menghilangkan kotoran dari pori-pori kulit. Hasilnya kulit jadi lebih halus, lembut, dan terhidrasi dengan baik. Mint adalah pembersih dan astringen yang sangat baik. Kandungan asam salisilatnya mengontrol sel kulit mati.

6 dari 7 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Diet

Daun mint memiliki kandungan kadar kalori yang rendah dan kaya serat. Kandungan serat yang ada di daun mint dapat membantu merancang enzim pencernaan. Hal inilah yang menjadikan manfaat daun mint untuk kesehatan pencernaan patut dijadikan andalan.

Kandungan-kandungan ini akan sangat berdampak pada sistem kerja sistem pencernaan dan memengaruhi penurunan berat badan. Hal ini berguna sebagai pelarut lemak dan dapat menyediakan nutrisi secukupnya bagi tubuh. Agar program diet lebih lancar, minum olahan teh mint sehari dua kali, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya dipicu oleh otot-otot kepala yang tegang. Ketika mengalami masalah seperti ini, manfaat daun mint untuk kesehatan bisa dijadikan pilihan. Daun mint akan merilekskan otot yang tegang dan neuron yang tertarik.

Manfaat ini bsia didapat dengan menghirup aroma dan obat oles mentolnya. Tak hanya rasa sakit tak tertahankan yang bisa diredakan. Melainkan pikiran stres dan letih bisa dirilekskan karenannya.

7 dari 7 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Legakan Pernapasan

Manfaat daun mint untuk kesehatan pernapasan tidak hanya baik mengatasi masalah asma. Daun mint juga cocok untuk melegakan pernapasan. Manfaat ini lagi-lagi karena kandungan senyawa mentol yang dimilikinya.

Mentol untuk pelega pernapasan biasanya berasal dari daun mint yang sudah dijadikan obat mirip dekongestan. Efektif menghilangkan hidung tersumbat dengan mengeluarkan lendir. Lalu meningkatkan aliran udara di saluran pernapasan.

Alergi

Daun mint dikenal memiliki efek anti-alergi. Tanaman mint mengandung antioksidan dan zat antiinflamasi yang disebut asam rosmarinic. Daun ini pun memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Tak heran jika manfaat daun mint untuk kesehatan kulit bisa redakan masalah alergi. Terutama yang menyebabkan rasa gatal, bengkak, dan ruam di kulit. Selain alergi, masalah psikologi akibat alergi juga bisa diredakan. Mulai dari kecemasan sampai kelelahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini