Sukses

Tradisi Pernikahan di 6 Negara Ini Unik Banget, Punya Makna Mendalam

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentunya akan mempersiapkan konsep acara yang berkesan ketika melangsungkan pernikahan. Setiap daerah di Indonesia, ataupun di berbagai negara tentunya mempunyai tradisi pernikahan yang unik namun ada makna mendalam di balik tradisi tersebut.

Terkadang tradisi pernikahan di setiap daerah atau bahkan negara lain terbilang aneh, namun tradisi tersebut merupakan tradisi turun temurun yang sudah ada sejak lama. Ketika melangsungkan pernikahan dengan tradisi tentunya memiliki kebanggaan tersendiri karena bisa menjalankan tradisi tersebut di hari bahagia.

Seiring dengan perkembangan zaman, tradisi akan ikut tergerus oleh waktu jika tidak dilestarikan. Oleh sebab itu menerapkan tradisi di hari pernikahan tentunya hal yang unik dan tentunya dapat diambil pelajaran. Tak hanya di Indonesia, tradisi unik pernikahan juga kerap dijumpai di beberapa negara di dunia.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang tradisi pernikahan di beberapa negara ini unik dan punya makna mendalam, Rabu (25/11/2020).

2 dari 7 halaman

1. Jerman

Negara pertama yang memiliki tradisi unik saat pernikahan adalah Jerman. Masyarakat di Jerman memiliki tradisi yang unik saat pernikahan. Tradisi tersebut dikenal dengan nama Polterabend. Polterabend adalah tradisi yang dilakukan sebelum pernikahan. Tradisi tersebut adalah tradisi memecahkan piring sebelum pernikahan.

Polterabend merupakan ritual pernikahan di mana pihak calon mempelai pria akan memecahkan piring atau barang pecah belah yang ada di rumah calon mempelai wanita.

Setelah semua barang sudah pecah, pihak calon mempelai pria maupun wanita akan meninggalkan pasangan yang ingin menikah tersebut. Keduanya akan bersama-sama membersihkan pecahan barang. Makna dari tradisi ini adalah sebagai simbol pasangan akan selalu bersama-sama dalam melewati masa-masa sulit.

3 dari 7 halaman

2. Italia

Negara selanjutnya yang memiliki tradisi unik saat pernikahan adalah negara Italia. Italia merupakan negara yang memiliki budaya yang unik, salah satunya adalah tradisi saat pernikahan. Salah satu tradisi pernikahan di negara ini yakni adalah melangsungkan pernikahan dengan gaun berwarna hitam. Selama ini, tentunya gaun putih selalu digunakan ketika menikah adalah gaun putih, namun tidak di Italia.

Selain itu, tamu pernikahan dilarang memakai pakaian putih. Bahkan jika pengantin tidak memakai gaun putih sekalipun, tamu tetap dilarang hadir ke pernikahan dengan baju putih. Dilansir dari Brainberries, seiring dengan perkembangan zaman, tradisi menggunakan gaun hitam ini mulai hilang dan lenyap.

4 dari 7 halaman

3. China

Negara yang selanjutnya yang mempunyai tradisi unik saat pernikahan adalah China. China juga merupakan salah satu negara yang memiliki banyak tradisi unik salah satunya tradisi unik saat pernikahan. Ada banyak simbolisme timur yang dalam tradisi pernikahan di China. Selain itu, akan banyak citra naga dan burung phoenix dalam emas yang melambangkan kekuatan pria dan wanita.

Tradisi lainnya yakni adalah sebelum pengantin pria menikahi pengantin wanita, pengantin pria harus menyakinkan orang tua pengantin wanita dengan amplop yang sudah terisi uang.

Prosedur pernikahan tradisi China akan melewati pertimbangan orang tua dari dua kondisi kedua keluarga termasuk kekayaan dan status harus sederajat dan cocok. Hal penting dalam tradisi pernikahan di cina dikenal dengan istilah three letters and six etiquettes.

5 dari 7 halaman

4. India

Negara berikut yang kental dengan tradisi unik saat pernikahana adalah India. Salah satu hal yang paling unik dari tradisi pernikahan di India adalah dikenal dengan upacara mahendi. Adat yang digunakan dalam pernikahan India, biasanya juga kombinasi antara tradisi agama yang mereka yakini, yaitu antara lain, Hindu, Islam, Sikhs, Jains dan tradisi keluarga. Acara pernikahan pun bisa berlangsung selama 3-4 hari.

Ritual atau upacara mahendi ini calon mempelai wanita akan dipakaikan mehndi. Proses ini bertujuan untuk menghias tangan dan kaki mempelai wanita. Upacara ini diadakan di rumah mempelai wanita.

Calon mempelai wanita biasanya ditemani dengan teman-teman terdekat dan saudara sepupu yang belum menikah.

6 dari 7 halaman

5. Jamaika

Negara berikut yang memiliki tradisi unik saat pernikahan adalah Jamaika. Pernikahan di Jamaika merupakan acara yang bisa mempertemukan semua masyarakat. Menurut tradisi, masyarakat akan berkumpul di jalan untuk melihat pasangan yang menikah dan berharap yang terbaik.

Jika masyarakat tidak puas melihat mempelai wanitanya, mereka akan membawanya ke dalam rumah untuk memperbaiki penampilannya. 

7 dari 7 halaman

6. Meksiko

Negara berikutnya yang memiliki tradisi pernikahan unik adalah Meksiko. Pernikahan di Meksiko salah satunya sangat dipengaruhi oleh agama yang kuat. Mempelai pria akan memberikan 13 koin emas kepada pasangannya sebagai lambang dari Yesus Kristus dan 12 rasulnya.

Selain itu, konsep pernikahan di Meksiko adalah banyak warna, Saat pernikahan tentunya banyak orang yang memilih konsep dan suasana pernikahan dengan serba putih. Namun berbeda di Meksiko.

Pernikahan di Meksiko tidak hanya dipenuhi oleh warna putih, namun juga kuning, biru, dan merah untuk memberkati pernikahan dengan makanan, uang, dan gairah. Mempelai pria biasanya akan mengenakan kemeja longgar berwarna terang.