Sukses

8 Cara Atasi Kecanduan Main Game pada Orang Dewasa, Simak Gejalanya

Liputan6.com, Jakarta Kecanduan bermain game, merupakan salah satu masalah sosial. Masalah ini makin berkembang seiring mudahnya akses gawai serta internet. Bahkan, untuk orang-orang yang memiliki kecenderungan mengalami kecanduan game, diperlukan terapi khusus terkait cara untuk menyembuhkannya. Sebab kecanduan game sendiri sudah digolongkan sebagai gangguan mental oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

Masalah kecanduan bermain game, sebenarnya tidak hanya identik dengan anak-anak yang baru menginjak usia remaja. Sebab orang dewasa juga sangat rentan kecanduan bermain game. Bahkan perlu dilakukan cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa yang tepat. Di mana jika sudah parah perlu dilakukan terapi khusus.

Sebenarnya kecanduan bermain game sama bahayanya dengan zat adiktif lainnya. Melansir Klikdokter, beberapa pakar atau ahli menyatakan, kecanduan main game punya kadar yang sama seperti ketika kecanduan alkohol atau judi. Bedanya, kecanduan alkohol dan judi terlihat dengan adanya gejala fisik, namun kecanduan game online justru gejalanya sering kali kurang jelas.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, jika memang Anda, sanak saudara, maupun orang terdekat yang mengalami kecanduan bermain game. Bisa mengikuti beberapa cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa yang umum dilakukan.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum bagaimana cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa yang tepat dan efektif untuk dilakukan, Rabu (25/11/2020).

2 dari 6 halaman

Cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa

1. Bulatkan niat

Cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa yang pertama diawali dari niat. Niat ini bisa dari Anda sendiri, jika memang merasa kecanduan main game. Namun, jika kecanduan main game dialami orang lain, maka tetap diperlukan niat dari orang yang ingin menyembuhkannya.

Sebab, meski tidak dialami sendiri, niat untuk menjadikan kualitas hidup pecandu game lebih baik menjadi sangat penting. Jika tidak, proses mengatasi kecanduan game tersebut tidak akan berjalan lancar. Mungkin bisa saja gugur ditengah jalan dan menyerah begitu saja.

 

2. Atur durasi main game

Kemudian, cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa dengan mengatur durasi bermain. Pada awalnya memang sulit, namun bukan tidak mungkin dilakukan. Apabila Anda atau orang sekitar Anda bermain game hingga seharian penuh, maka coba untuk mengatur durasi main game dengan menggunakan alarm maupun dengan membuat jadwal kegiatan khusus agar bisa segera menghentikan main game.

3 dari 6 halaman

Cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa

3. Batasi judul game yang dimainkan

Bagi Anda yang memiliki konsol, biasanya cukup banyak memiliki koleksi judul game yang tentu tidak sedikit. Hal ini bisa menjadi penyebab mengapa durasi bermain game menjadi terlalu lama. Dengan beragamnya judul game yang dimainkan, membuat semakin panjang pula waktu untuk menyelesaikan tiap misi dalam masing-masing judul game. Maka dari itu, batasi judul game yang akan dimainkan. Jika terasa sulit, Anda bisa menyimpan koleksi game tersebut di tempat yang jaraknya cukup jauh, sehingga Anda malas untuk menjangkaunya.

 

4. Stop pengeluaran untuk beli game

Menghentikan atau setidaknya mengurangi intensitas pengeluaran Anda untuk membeli game baru tiap bulan, bisa menjadi salah satu cara yang efektif. Sebab, ketika koleksi game baru tidak segera dimiliki, maka rasa jenuh bisa saja muncul karena memainkan game lama terus-menerus. Rasa jenuh tersebut sangat baik agar mulai melihat aktivitas lainnya yang lebih baik.

4 dari 6 halaman

Cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa

5. Gunakan tempat dan perangkat yang tidak nyaman

Mengapa tempat maupun perangkat yang tidak nyaman menjadi cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa yang efektif? Sebab, hal ini akan membuat Anda tidak betah ketika berlama-lama untuk bermain game. Bahkan otot bisa saja terasa sakit ketika tempat maupun perangkat yang digunakan kurang ergonomis. Selain itu, tempat dan perangkat yang tidak nyaman, bisa membuat konsentrasi Anda saat bermain jadi berkurang.

 

6. Perbanyak kegiatan

Mungkin awal mula Anda atau orang sekitar bermain game sebagai salah satu cara untuk mengisi waktu luang. Namun sayang, ternyata hal tersebt justru jadi berlebihan. Maka, dengan mencari kegiatan lain yang mungkin sangat menyibukkan, bisa mengalihkan keinginan bermain game. Biasanya cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa ini cukup efektif. Namun perlu dilakukan dengan intensitas tinggi dan benar-benar ketat dalam jangka waktu panjang.

5 dari 6 halaman

Cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa

7. Jauhkan berbagai hal yang berhubungan dengan game

Menyingkirkan atau bahkan membuang berbagai hal yang berhubungan dengan game, mungkin cukup berat. Terutama jika Anda maupun kerabat memiliki koleksi baik poster, action figure, dan lain sebagainya, yang mungkin sulit didapatkan. Namun, cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa ini sebenarnya sangat efektif dan bisa dilakukan apabila cara-cara sebelumnya tidak berhasil dilakukan.

 

8. Terapi khusus

Melansir dari Klikdokter, ada banyak ahli yang merekomendasikan terapi perilaku kognitif sebagai pengobatan ideal bagi seseorang yang kecanduan game online maupun offline. Menjalankan terapi ini mamu membuat pecandu untuk mengalihkan pikiran mereka, dengan mengubah perilaku kompulsif melalui pola berpikir yang lebih sehat.

Para terapis juga menganggap, kecanduan merupakan cara berpikir yang mengarah pada perilaku irasional serta sering tidak sehat. Terapis akan memulai perawatan dengan mengidentifikasi dan berfokus pada pikiran yang memicu rantai kecanduan. Mulai dari sini, para pecandu akhirnya bisa memulai transisi mereka.

6 dari 6 halaman

Gejala kecanduan main game

Apabila terlalu sering bermain game, memang bisa jadi sebuah indikasi seseorang mulai kecanduan. Namun, ada beberapa gejala lain yang perlu diwaspadai seperti berikut ini:

- Bermain game terlalu lama.

- Melewatkan waktu mandi dan makan hanya untuk main game.

- Kinerja baik di kantor maupun sekolah jadi buruk.

- Bohong pada orang lain untuk menyembunyikan aktivitas game.

- Munculnya tanda-tanda iritasi bingung, cemas, mudah marah, dan lain sebagainya, saat dipaksa berhenti main game.

Maka dari itu, penting untuk melakukan beragam cara atasi kecanduan main game pada orang dewasa di atas, agar tidak semakin buruk dampaknya.